13 tanda-tanda seseorang sedang berbohong

Sahabat kemah pernah ga ngerasa dibohongin? Sebel kan rasanya. Daripada sahabat kemah kesel-kesel sendiri dan terus-terusan dibohongin, mending cari tahu yuk tanda-tanda orang berbohong tuh seperti apa sih?

  1. Consistency

Saat seseorang berbohong, biasanya mereka make sure semua yang mereka ucapkan itu harus detail. Kalau ga detail, mereka merasa apa yang mereka katakan itu tidak konsisten. Contohnya nih, saat seseorang menceritakan sesuatu sama sahabat kemah tentang apa yang terjadi sama dirinya, tapi kemudian mereka menceritakan kembali sesuatu tersebut dan cerita tersebut terlihat sedikit berbeda. Kalau detail dari cerita tersebut tidak sesuai, kemungkinan besar dia sedang berbohong. Selain itu, kalau perilaku mereka terlihat tidak konsisten dengan apa yang mereka ucapkan, mungkin saja mereka berbohong.

  1. Motivation

Kalau sahabat kemah mencurigai seseorang lagi berbohong sama sahabat kemah, coba tanyakan sama diri sahabat kemah, apakah ada sesuatu yang bisa mereka dapatkan dari sahabat kemah jika mereka berbohong. Jika sahabat kemah berpikir kalau mereka menginginkan sesuatu, berhati-hatilah sama omongan mereka nih. Tahu bahwa seseorang bisa sirik dengan apa yang sahabat kemah punyai, bisa membantu sahabat kemah mengetahui apakah orang itu benar-benar tertarik dengan sahabat kemah atau hanya mencoba untuk mendapatkan sesuatu dari diri sahabat kemah itu.

  1. Unusual behavior

Saat seseorang berbohong nih, rasanya kita semua pasti yakin deh kalau orang itu pasti lagi ga jadi dirinya sendiri. Orang yang bohong itu ‘bertopeng’ untuk mencoba membodohi kita. Coba perhatikan tingkah laku yang berbeda dari dirinya, nada suaranya, hal-hal yang tidak masuk akal, atau detail-detail yang dirasa tidak perlu gitu. Jika seseorang mencoba untuk menutupisesuatu, mereka biasanya bertindak defensif dan terdengar marah atau gusar bahkan jika sebenarnya mereka biasa. Orang yang berperilaku berbeda ketika merasa terancam, seperti mereka merasa kebohongannya akan terungkap, mereka akan melakukan defense dan marah atau mereka justru tiba-tiba tertawa untuk mengalihkan perhatian sahabat kemah. Keep focus!

  1. Impossible Promises

Kadang untuk mendapatkan apa yang kita inginkan kita harus menawar. Menawar disini dalam arti kita membuat mereka untuk berjanji sama kita. Orang yang jujur ketika berjanji biasanya nih akan melihat mata lawan bicaranya dan biasanya menghindari kata “I promise” karena mereka sadar janji itu sulit untuk dijaga so mereka lebih membiarkan tindakan mereka yang berbicara. Nah jika ada orang yang sering membuat janji sama sahabat kemah, dengan janji yang dirasa too good to be true, mungkin mereka sedang berbohong.

  1. “Gimme gimme”

Tujuan dari berbohong itu untuk mendapatkan apa yang dimau. Saat orang yang ga jujur berpikir mereka mungkin bisa dapetin apa yang mereka mau, biasanya mereka akan lebih sering melakukannya. Mereka seringkali ngerasa ga puas walaupun udah mendapatkan apa yang diinginkannya. Hati-hati nih sama orang yang suka meminta lebih setelah apa yang sahabat kemah kasih, mungkin mereka sedang berbohong agar sahabat kemah bisa ngasih yang lebih.

  1. Know Their Character

Gampang banget nih kalau mau tau seseorang berbohong atau engga kalau sahabat kemah udah tau karakter dirinya. Kalau udah tahu karakternya, sahabat kemah lebih mudah tau saat dia terlihat tidak seperti dirinya.

  1. Question dodging

Kapan sih orang yang asing menjawab pertanyaan yang personal secara jujur? Not often. Tapi nih, kalau yang nanya itu temen sendiri pasti kita mencoba menjawab dengan jujur kan. Orang yang bohong biasanya menghindari pertanyaan dengan pertanyaan lainnya atau mereka ngasih jawaban yang sangat detail. Kalau sahabat kemah lagi nanya sama seseorang dan orang itu justru mengganti subjek dari pertanyaan sahabat kemah dan balik bertanya ke sahabat kemah, atau ngasih jawaban yang sangat detail, atau menolak menjawab, nah mungkin mereka lagi menyembunyikan sesuatu nih.

  1. Tells

Bercerita itu adalah ketidaksadaran yang diberikan seseorang ketika mereka ada di situasi yang intens atau emosional. Seseorang mungkin menggaruk hidung, atau ada kedutan pada alisnya, atau mereka menekan jari-jari mereka disaat emosi ekstrim. Gerakan itu biasanya tidak disadari loh! Ada beberapa perubahan dari body language mereka yang biasanya membuat kita sadar bahwa mereka sedang berbohong.

Eye contact – Jika seseorang melakukan sedikit eye contact atau justru terlalu banyak eye contact, jika mereka berkedip terlalu banyak atau justru sangat jarang berkedip, something may be off.

Physical Distance – jika temen sahabat kemah sedang berbohong, mereka biasanya mengalami masalah dengan kontak fisik. Mereka ga mau terlalu dekat dengan sahabat kemah atau membalas sentuhan sahabat kemah karena mereka sadar mereka sedang berbohong dan mereka don’t feel good about it. Tapi nih, kalau orang asing yang berbohong sama sahabat kemah, justru mereka akan berdiri dekat dengan sahabat kemah untuk meyakinkan sahabat kemah kalau mereka itu tulus.

Nervous hands – jika tangan seseorang terus menerus memainkan sesuatu, memainkan rambutnya atau menyentuh mukanya, menarik ujung baju mereka, kemungkinan besar mereka lagi nervous loh! Ini bisa jadi tanda mereka lagi bohong nih.

  1. Scripted Answer

Nih kalau sahabat kemah ngasih pertanyaan yang cukup berat atau sangat personal dan temen sahabat kemah menjawab dengan sempurna tanpa berpikir panjang tentang jawabannya, ini nih tipe-tipe jawaban yang udah dibikin skenario. Seseorang mungkin merespon dengan cepat dan tidak banyak berpikir kalau mereka memang sudah pernah diberi pertanyaan yang sama sebelumnya kan, tapi kalau seseorang merespon lebih cepat dan menuju satu point pada percakapan tersebut, mungkin aja mereka udah berlatih untuk menjawab.

10. Confidence Issues

Satu kekhawatiran terbesar seorang pembohong adalah mereka diketahui sedang berbohong. Ini ngaruh nih sama kepercayaan diri mereka. Mereka yang takut ketahuan biasanya kurang percaya diri atau mungkin over confidence untuk mentupinya.

11. Bad History

Sahabat kemah bisa mencoba mencari tau apakah sebelum-sebelumnya dia memang sering berbohong, apakah mereka suka memanipulasi suatu cerita atau kejadian. Kalau sahabat kemah belum kenal dengan dia, sahabat kemah bisa bertanya ke teman-temannya, apakah temannya percaya padanya, dan apa yang teman-temannya rasakan mengenai orang tersebut.

12. Bullies

Jika seseorang merasa kebohongan mereka akan gagal, mereka akan mencoba memanipulasi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan atau menutupi kebohongan mereka. Ini semua ditujukan untuk membuat sahabat kemah meraka bersalah atau kasihan pada mereka.

13. Catching Tgem in the Act

Kalau sahabat kemah mencurigai seseorang sedang berbohong sama sahabat kemah, sahabat kemah can still catch them in the act! Kalau mereka menyadari sahabat kemah sedang memperhatikannya, akan terlihat beberapa perubahan dari dirinya, mereka akan menjatuhkan tindakan mereka sendiri. Mungkin dengan tiba-tiba mulai banyak tersenyum, atau merasa mulai terganggu.

(source: reluv.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *