Rumah Belajar Tamansari (RBT) ” Mendongeng”

BANDUNG – Pada hari Minggu (22/05/2016) telah diselenggarakan rangkaian ke 4 Rumah Belajar Tamansari (RBT) di Basement kampus Unisba Rangga Gading. Dengan bertemakan “mendongeng”, 38 anak-anak yang hadir dalam acara ini ini diperdengarkan dongeng yang bertemakan moral dalam kehidupan sehari-hari.

IMG_1546
Peserta sedang memainkan games ambil kursi (Foto Oleh : Salika)

Kegiatan ini dimulai dengan games ambil kursi yang dimainkan oleh anak-anak yang mengajukan diri untuk bermain dalam games ini. Terlihat ekspresi keceriaan di raut wajah anak-anak tersebut ketika bermain. Dalam games ini anak dituntut untuk mendengarkan lagu yang diputar sambil mengitari kursi yang sudah disediakan. Ketika lagu tersebut mati, anak harus segera menduduki kursi yang disediakan dan apabila ada anak yang tidak mendapatkan kursi akan dinyatakan kalam dari games.

1
Kang aep bersama boneka tangannya sedang mendongengkan suatu cerita (Foto Oleh : Salika)

Acara ini dilanjutkan dengan kegiatan utamanya yaitu mendongeng, Kang Aep yang berasal dari student care dipilih menjadi pendongeng dalam acara ini. Kang Aep bersama boneka tangannya berhasil menarik perhatian anak untuk mau mendengarkan dongeng yang dibawakannya. Setelah dongeng yang diceritakan selesai, Kang Aep menunjuk beberapa anak untuk maju dan menceritakan kembali dongengnya serta menanyakan apa makna dari dongeng tersebut.

2
Salah satu anak peserta RBT sedang menggamabr pemandangan (Foto Oleh : Salika)

Kegiatan dilanjutkan dengan acara menggambar, dalam kegiatan ini anak-anak diarahkan untuk mengekspresikan imajinasinya menjadi sebuah gambar. Banyak anak yang menggambar manusia, pemandangan alam dalam gambarnya. Acara ini juga ditutup oleh games injak balon. Dimana di dalam balon tersebut sudah dimasukan soal-soal tentang nilai moral yang akan dijawab oleh anak dan ketika berhasil menjawab akan mendapatkan hadiah.

3
Anak anak yang dapat menjawab pertanyaan menerima hadiah (Foto Oleh : Salika)

Kang Aep selaku pembicara dalam acara ini menuturkan bahwa “ acara ini keren banget, ini tempat anak-anak untuk bereskpresi setelah penat dengan aktivitas disekolah. Semoga ini bisa menjadi sarana bermain, karena bermain juga belajar, mendengarkan cerita juga belajar, menggambar juga belajar. Harapan saya adalah anak-anak bisa bebas mengekspresikan dirinya karena ketika anak sudah bisa bereskrpesi maka dari itu sudah bisa dinamakan belajar “ ( Teks oleh : Ginza Ghibran M.M )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *