PPMB Pakem 2018

BANDUNG- Rabu, 12 September 2018 Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia BEM-F Psikologi Unisba menyelenggarakan acara “PAKEM 2018: PPMB (Pembinaan Mahasiswa Baru) hari pertama” yang diselenggarakan di Kampus II Unisba, Ciburial

Dimulai dengan kedatangan mahasiswa baru ke Kampus II Unisba di Ciburial dan langsung berkumpul di lapangan untuk melaksanakan cek barang. Setelah selesai, seluruh mahasiswa baru langsung diarahkan untuk masuk ke dalam aula.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh dua orang mahasiswa baru. Lalu acara dilanjutkan dengan pengisian materi “Hallo Psikologi” oleh bu Endah Nawangsih Dra., M.Psi. Materi ini diberikan untuk pengenalan kepada mahasiswa baru tentang psikologi beserta bidang-bidang yang terkait dengan Psikologi.

Selanjutnya, mahasiswa baru mendapatkan materi oleh teh Dwi Agustin Nuriani Sirodj, S.si., M.Stat dan teh Nida Hamidah, S.Psi  tentang “Pengenalan Akademik” yang isinya adalah pengenalan dan penjelasan mengenai kegiatan yang ada di akademik Fakultas Psikologi Unisba. Setelah materi kedua, MC memandu mahasiswa baru untuk bermain games-games singkat sebagai energizing.

Setelah itu, teh Farida Coralia S.Psi., M.Psi atau yang sering disapa oleh teh Ida memberikan materi “Manajemen Waktu dan Teknik Belajar Efektif”. Lalu dilanjutkan dengan Mentoring BTAQ oleh Bompai yang dibagi dalam beberapa kelompok mentoring. Setelah selesai, mahasiswa baru dikondisikan kembali untuk ISHOMA (Istirahat makan dan Sholat)

Mahasiswa baru kembali ke aula untuk mengikuti acara selanjutnya setelah waktu untuk ISHOMA berakhir. Setelah dikondisikan untuk kembali ke aula, MC menunjuk beberapa kelompok untuk menampilkan tagline dan yel-yel kelompok yang sebelumnya sudah disiapkan

Materi terakhir dari Acara PPMB hari pertama ini adalah materi dari teh Sarah Sartika, M.Psi tentang “Strategi Perkuliahan” yang memberikan mahasiswa baru cara-cara dalam menghadapi perkuliahan dan mengetahui apa yang akan dicapai oleh mereka dalam perkuliahan. Sebelum acara ditutup, MC mengajak seluruh mahasiswa baru untuk bermain games lagi

Acara ditutup dengan tutor time oleh tutor dari masing-masing kelompok

Menurut Sandy ketua PAKEM 2018, “Persiapan PPMB hari pertama cukup matang sehingga acara berjalan dengan lancer dan sesuai rencana. Persiapannya kita melakukan rapat TM koor H-2, lalu rapat tm koor dan fakultas H-2, lalu diskusi mengenai fenomena maba agar treatment yang diberikan sesuai dengan fenomena maba. Hambatan yang dirasakan umumnya adalah miss komunikasi antar divisi, namun dari panitia dengan sigap dan semangat mereka bisa mengatasinya dengan baik.”

Acar berlangsung pada PPMB hari ke dua ini dimulai dengan mempersiapkan kedatangan mahasiswa baru dan dilakukannya pengecekkan barang bawaan oleh panitia. Setelah pengecekkan barang, mahasiswa baru diarahkan untuk langsung memasuki student centre Unisba, untuk dilakukan pembukaan oleh MC dan dilakukannya pembacaan ayat suci al-quran.

Materi pertama di hari kedua PPMB ini adalah “sharing mahasiswa berprestasi” dan juga materi cara pembuatan KTI oleh teh Stephani Raihana Hamdan, S.Psi., M.Psi. Saat sebelum memasuki materi selanjutnya mahasiswa baru diberikan games singkat untuk mengembalikan konsentrasinya, setelah itu masuk kepada materi Teknik Membaca dan Resume Text Book oleh teh Indri Utami Sumaryanti, M.Psi.

Setelah ISHOMA, ada dua materi yaitu materi Teknik Presentasi dan materi Keorganisasian yang dibawakan oleh teh Fanni Putri Diantina, M.Psi dan kang Primadia M Apriadi, M. Psi. Acara ditutup dengan Pengumuman kepada mahasiswa baru terkait informasi hari selanjutnya dan tutor time.

Noviani sebagai Koordinator acara mengatakan, “Hambatan yang paling kerasa di hari kedua ini, karena masih kurang koordinasi dari antar divisinya. Cara mengatasinya yaitu saling mengingatkan. Paling kalua ada lupa dari salah satu divisi, ada anggotanya atau koornya yang nanya lagi.”

Acara dilanjutkan pada ppmb hari ketiga ini dimulai dengan pengecekan barang bawaan seperti hari sebelumnya. Setelah selesai pengecekan barang bawaan, seluruh mahasiswa baru langsung diarahkan ke Student Centre untuk pembukaan acara. Acara dibuka oleh MC yang selanjutnya dua orang perwakilan mahasiswa baru membacakan ayat suci Al-Quran.

Setelah pembukaan, seluruh mahasiswa baru dikondisikan untuk ke ruangan-ruangan yang telah ditentukan yaitu ruang 410 dan 411 yang nantinya akan dilakukan presentasi tugas wawancara setiap kelompok. Tiap kelompok akan mempresentasikan hasil wawancara yang telah mereka lakukan sebelumnya. Presentasi tiap kelompok ini dinilai oleh teh Dinda Dwarawati S.Psi., M.Psi dan teh Yunita Sari S.Psi., M.Psi.

Setelah selesai melaksanakan presentasi, seluruh mahasiswa baru kembali ke student centre yang selanjutnya teh miki amrilya S.Psi., dan kang Rizka Hadian P., S.Psi., M.Psi memberikan materi tentang “Kekhasan Praktikum”. Materi ini berisikan tentang aturan-aturan, konsep dan memperkenalkan jenis-jenis praktikum

Materi selanjutnya disampaikan oleh teh Dinda Drawati, M.Psi yang bertemakan “Self Evaluation (Johari Windows)”. Lalu kegiatan selanjutnya adalah mentoring BTAQ seperti hari sebelumnya yang dilaksanakan perkelompok dengan mentor tiap kelompok. Mentoring ini dilaksanakan di Mesjid untuk laki-laki dan di student centre untuk perempuan.

Setelah melaksanakan mentoring BTAQ, seluruh mahasiswa baru melaksanakan ISHOMA (Istirahat sholat makan). Lalu, teh Andhita Nurul Khasanah, M.Psi memberikan materi tentang “Manajemen Stress”. Setelah itu ada sharing dari 3 ketua angkatan termuda yaitu ketua angkatan 2015, 2016 dan 2017.

Lalu akhir acara ini ditutup dengan tutor time bersama tutor masing-masing.

“Alhamdulillah tidak ada hambatan yang berarti dalam acara ini. Saya merasa puas, mahasiswa baru semakin terbuka sama tutor, dependentnya pun berkurang. Untuk panitianya semakin hari semakin menunjukkan kekompakan antar divisi” tutur Noviani selaku Koordinator Acara PPMB.

Memasuki hari terakhir dilaksanakannya rangkaian PAKEM PPMB yang bertempat di student centre UNISBA. Acara terakhir ini diawali dengan persiapan kedatangan mahasiswa baru dan pengecekkan barang bawaan. Sebelum memasuki student centre seperti hari sebelumnya, pada hari ini mahasiswa baru melakukan olahraga terlebih dahulu yang dipimpin oleh pemandu olahraga dari panitia

Setelah pembukaan dan pembacaan ayat suci al-quran, mahasiswa baru dikenalkan secara mendalam dengan DAM-F Psikologi UNISBA, BEM-F Psikologi UNISBA, dan juga Unit Pelayanan Konseling Psikologi (UPKP) Setelah mentoring BTAQ dan ISHOMA, mahasiswa baru juga dikenalkan dengan semua Unit Pengembangan Mahasiswa (UPM) yang ada di Fakultas Psikologi UNISBA

Di hari terakhir ini mahasiswa baru dihibur dengan adanya “Akom Show” yang ditampilkan oleh panitia akomodasi PAKEM 2018, mahasiswa baru juga turut memberikan persembahan angkatan kepada seluruh panitia PAKEM

Acara ditutup dengan adanya pemberian “reward” kepada mahasiswa yang memasuki kategori baik, general review acara PPMB dari awal hingga akhir, serah terima acara dan juga tutor time.

“Persiapan PPMB hari keempat semakin baik, selalu ada peningkatan setiap harinya. Kesan PPMB hari terakhir sangat seru dan puas, karena di hari terakhir ini mahasiswa baru tidak banyak mendengarkan materi melainkan diperkenalkan dengan organisasi yang ada di fakultas psikologi ini.” Tutur Noviani selaku coordinator acara PPMB.

Sandy selaku Ketua PAKEM 2018 pun berharap dengan diadakannya acara ini semoga seluruh panitia lebih ditingkatkan lagi koordinasi antar divisi dan jalankan jalur birokrasi dengan baik. Dan kepada seluruh mahasiswa baru, semoga dengan selesainya rangkaian kedua PAKEM ini seluruh mahasiswa baru dapat lebih mengenal Fakultas Psikologi Unisba lebih dalam lagi.

 

Teks ditulis oleh: Chariska Friska & Hamiki Juliansyah

Foto: Panitia Pubdok Pakem 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *