Mengatasi Grogi Saat Tampil di Muka Umum

Hai kawan KIMPSI!! 2

Kali ini KIMPSI akan membahas tentang “Bagaimana Mengatasi Grogi Saat Tampil di Muka Umum” terutama buat temen – temen yang sering ditugaskan untuk persentasi ini diaaaa wajib bacaaaa!!!!
Penasaran kan? Yukk cek artikel dibawah ini!!

Kondisi kecemasan atau ketegangan saat tampil di muka umum biasanya disebabkan oleh dua hal:
1. Kesiapan materi yang akan disampaikan
2. Kesiapan mental diri yang dapat berupa kepercayaan diri, pikiran negatif, atau penilaian (persepsi) atas diri sendiri.

Untuk dapat mengatasi grogi dan kecemasan, kita perlu meningkatkan kemampuan diri pada dua hal di atas.

Untuk siap secara material, kita tentunya perlu mempersiapkan bahan dan materi presentasi seperti:
(a) Apa saja yang akan disampaikan, kuasailah
(b) Tayangan apa saja yang akan diperlihatkan, misal video dan gambar.

Nah, sesudah persiapan materi dilakukan, lanjutkan dengan persiapan mental. Periksa kembali, bagaimana penilaian dan pikiranmu terhadap dirimu sendiri? Lebih banyak nilai positifnya atau justru berisi pandangan-pandangan negatif?

Sebaiknya lakukan secara tertulis daripada hanya dipikirkan saja. Dengan menulis, kamu akan dapat melihat seberapa banyak nilai positif dan negatif terhadap dirimu.

Selain itu, tingkatkan pula self-talk dan penguatan positif. Maksudnya, seringlah berikan kalimat-kalimat positif untuk menyemangati diri.
Contohnya : “Ayo, aku bisa!”, “Aku dapat tampil dengan baik”, “Semua pasti lancar”.

Terakhir, ketika akan tampil, ambil waktu beberapa menit sebelum tampil, pejamkan mata dan bayangkan kamu yang sedang tampil, dapat bicara tenang, lancar, dan materi presentasi tersampaikan dengan jelas. Lalu tarik nafas panjang sebelum memulai presentasimu.

Selamat mencoba dan berlatih teman – teman!!

Gimana artikelnya menarik bukan?? jangan lupa terus nantikan artikel psikologi yang akan di release oleh KIMPSI yang tentunya bakal bermanfaat buat temen temen semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *