ARTIKEL

APA ITU PSIKOLOGI DAN KEGIATAN KEMAHSISWAAN

 

APA ITU PSIKOLOGI?

 Pengertian menurut para ahli;

Sigmund Freud

Tokoh pendiri psikoanalisa berpendapat tentang psikologi yaitu bahwa jejak-jejak permanen dari tingkah laku tidak hanya terdapat dalam kesadaran seseorang,  melainkan juga terdapat dalam ketidaksadarannya.

 

Erik Erikson

Menurut Erikson perkembangan psikologis dihasilkan dari interaksi antara proses-proses maturasional atau kebutuhan biologis dengan tuntutan masyarakat dan kekuatan-kekuatan sosial yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Wilhem Wundt

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.

 

Jhon Locke

Psikologi adalah semua pengetahuan, tanggapan, dan perasaan jiwa manusia diperoleh karena pengalaman melalui alat-alat indranya.

 

Secara umum dari beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia,  baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang  disadari maupun yang tidak disadari.

 

 

APA ITU PSIKOLOGI UNISBA?

 VISI

Menjadi Program Studi Psikologi yang mandiri, maju, terkemuka, se-Asia dengan berlandaskan nilai-nilai Islam

MISI

 Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Psikologi berlandaskan nilai-nilai Islam dalam rangka :

1.         Menghasilkan sarjana Psikologi yang mandiri, mampu dan peduli pada pengembangan ilmu dan kesejahteraan mental umat manusia.

2.         Menghasilkan penelitian yang  berguna bagi pengembangan ilmu dan penyelesaian masalah umat manusia

3.         Melakukan pengabdian pada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mental  umat manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN AKADEMIK

 

Sejak awal perkuliahan, hingga akhir perkuliahan, pada setiap semester, selain menyerap informasi yang berhubungan dengan disiplin ilmu psikologi, kemasyarakatan, tentang manusia, tentang Universitas, PAKEM, mahasiswa juga harus melakukan hal-hal sebagai berikut :

1.         Bimbingan akademik (perwalian) meliputi pengisian FRS (Formulir Rencana Studi), di isi dengan bimbingan dan penjelasan dosen wali dan dengan mempertimbangkan jadwal kuliah yang sudah diumumkan

2.         Mencatat jadwal kuliah, lengkap dengan nama dosen dan ruang kuliah yang  dipergunakan.

3.         Untuk setiap pertemuan kuliah, ada tugas tambahan untuk menyiapkan alat-alat yang diperlukan dalam proses perkuliahan seperti Proyektor (Infocus), spidol, penghapus, microphone, dll.

4.         Pada minggu kedelapan dan kesembilan dari perkuliahan, diadakan Ujian Tengah Semester (UTS).

5.         Di akhir semester ada UjianAkhir Semester (UAS). Untuk dapat mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS), mahasiswa wajib memenuhi kehadiran kuliah di kelas 100 % dari seluruh perkuliahan. Toleransi 20 % ketidak hadiran dipergunakan untuk sakit.

6.         Dispensasi ketidak hadiran (tetap dianggap hadir meski berhalangan hadir), diperuntukan bagi mahasiswa yang :

a.         Mengikuti kegiatan akademik dan kemahasiswaan. (Menyerahkan surat tugas dari bagian akademik/ kemahasiswaan maksimal 3 hari setelah kegiatan).

b.         Mengikuti kegiatan Pesantren Mahasiswa Baru/ Sarjana. (Menyerahkan surat keterangan mengikuti pesantren dari maksimal 3 hari setelah kegiatan).

c.         Rawat inap, keluarga meninggal, umroh/ haji. (Menyerahkan surat keterangan dari lembaga yang terkait).

d.         Bencana Alam (Menyerahkan surat keterangan dari lembaga yang terkait)

 

Selama jenjang perkuliahan S1, mahasiswa dituntut untuk memenuhi standar SKS akademik yang harus dipenuhi sebanyak 147 SKS yang terdiri dari 8 semester.

KEGIATAN KEMAHASISWAAN

 

Kegiatan Mahasiswa adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu.Lembaga ini merupakan partner organisasi kemahasiswaan intra kampus lainnya seperti senat mahasiswa dan badan eksekutif mahasiswa, baik yang berada di tingkat program studi, jurusan, maupun universitas.Lembaga ini bersifat otonom, dan bukan sebagai cabang dari badan eksekutif maupun senat mahasiswa.

Kegiatan kemahasiswaan secara umum menfasilitasi minat dan kapasitas mahasiswa dalam hal pengembangan diri, kemampuan dan bakat, seni dan olahraga, serta kepedulian sosial. Kegiatan kemahasiswaan tersebut difasilitasi dan didukung penuh oleh Lembaga Kemahasiswaan sesuai dengan kebijakan atau pedoman yang  telah ditetapkan. Kehidupan kemahasiswaan yang berkualitas tersebut tidak jarang menghasilkan karya mahasiswa yang memperoleh prestasi nasional dan internasional.

 

DASAR

Bahwa kegiatan mahasiswa yang bersifat nonakademik pada dasarnya merupakan bagian dari pengembangan aspek psikologis yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan diri.

Bahwa kegiatan mahasiswa tidak hanya mengembangkan kemampuan akademik tapi juga mengembangkan keterampilan-keterampilan yang bersifat softskill maupun hardskill.

Beberapa riset membuktikan bahwa kesuksesan dapat diraih; 80% oleh softskill dan 20% oleh hardskill.

Softskill adalah keahlian yang berhubungan dengan oranglain, keahlian mengelola emosi, dan sikap-sikap. Hardskill adalah keahlian teknis di bidang tertentu (Men Jung, Go to the next level, Gramedia Pustaka Utama,tahun 2010 hal.59).

 

 

 

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksudnya adalah dalam rangka mengembangkan aspek kognitif, sikap, dan keterampilan bertindak yang merupakan bagian dari pengembangan Kepribadian dan Kompetensi Mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba yang merupakan realisasi Mujahid, Mujtahid, dan Mujadid (3M).

Tujuannya adalah mengembangkan aspek wawasan, kemampuan memeriksa permasalahan (assessment), kemampuan memecahkan masalah, pengembangan kemampuan managerial, pengembangan keterampilan komunikasi dan pengambilan tindakan yang tepat.

 

SISTEM

Untuk mecapai maksud dan tujuan tersebut, maka perlu penetapan kegiatan SKS-nya sebanding dengan minimal tempuh 146 sks.

 

  1. KEGIATAN WAJIB (PAKEM)
  • Ta’aruf
  • PPMB
  • PPD’
  1. BIDANG KEILMUAN DAN PENALARAN
  2. Karya tulis

Helper penelitian

  1. Seminar
  2. Pelatihan/ Workshop
  3. Perlombaan dalam bidang keilmuan
  4. MINAT DAN BAKAT
  • DAM-F, BEM-F, BEM-U, DAM-U.
  • Imamupsi, dll.
  • UKM (pasuma, protokoler,dll)
  • UMK-F (PSYCHOBASK, KBU, dll)
  • Struktur Organisasi luar kampus (Karangtaruna, Paguyuban,dll)
  • Perlombaan dalam bidang minat dan  bakat (olahraga, seni, dll)

 

  1. PENGABDIAN MASYARAKAT
  • Relawan
  • Bakti Sosial
  • Kepanitiaan (PAKEM, Ekstraloba, Inagurasi,dll)
  • Tester
  • Skorer
  • Asisten Lab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *