ASIRVADA (Maulid Nabi)

BANDUNG— Kamis, 28 November 2019 telah dilaksanakan salah satu program kerja Departemen Kerohanian BEM Fakultas Psikologi UNISBA yaitu Asirvada. Asirvada adalah suatu kajian untuk memperingati hari Maulid Nabi Muhammad 1441H, acara ini diselenggarakan di Aula Tamansari UNISBA. Hafidzal, selaku ketua, memaparkan tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada kaum milenial bahwa ada sosok yang sangat mulia dilahirkan yaitu Nabi Muhammad SAW, selain itu juga untuk lebih mengenal dan meladani akhlak Rasulullah serta menjadikannya suri tauladan.

Acara dimulai pukul 08.00 pagi, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran serta sambutan yang diberikan oleh ketua pelaksana dan juga ketua BEM-F Psikologi. Setelah itu dilaksanakan beberapa perlombaan, yaitu lomba Tahfidz dengan juri Muhammad Yunus, S. H. I., M. E. Sy. dan Sandi Rizki Febriadi, Lc., M. A. Selanjutnya lomba Cerdas Cermat yang diikuti oleh 3 tim dari tiap angkatan yang berbeda. Lalu ada juga lomba membaca Al-Quran dengan peserta seorang akhwat dan ikhwan dari masing-masing angkatan. Lomba-lomba yang dilaksanakan cukup ramai, karena selain dari fakultas Psikologi, beberapa fakultas di UNISBA ikut terlibat dalam lomba ini. 

Setelah perlombaan dilaksanakan, selanjutnya pada pukul 13.15 dilaksanakan Kajian Ceramah dari Ustadz Dodi Hidayatullah, beliau adalah salah satu pelopor pemuda hijrah. Kajian ini gratis terbuka untuk umum, tidak hanya untuk fakultas Psikologi UNISBA saja. Lalu setelah kajian, pada pukul 16.00 diumumkan para pemenang lomba dan acara diakhiri dengan penutupa pada pukul 17.00.

Hafidzal serta para steering committee yaitu Nurfaiza dan Fenny mengatakan kendala yang terasa dalam acara ini adalah terjadinya salah tangkap antara SC dan OC. Ketua juga menambahkan kesulitan lain yang dihadapinya adalah birokrasi yang terkadang lama dalam penyuratan, ia berharap dengan acara ini orang-orang yang berpartisipasi akan lebih memahami dan mengenal kembali Rasulullah dan menjadikannya idola antar semua idola. Nurfaiza dan Fenny, sebagai steering committee, berharap semoga acara mauled nabi selanjutnya akan lebih banyak peminatnya, masyarakat sekitar lebih antusias untuk datang ke kajian bersama ustadz, dan semua pihak yang terlibat akan lebih bertanggung jawab dalam melakukan tugasnya.

 

Ditulis oleh: Adinda Ridha Intishar (Staff Medkominfo BEM-F Psikologi Unisba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *