Babak Final Perlombaan Keilmuan “PSYFICTION”

BANDUNG – Pada hari Minggu, ( 30/10/16 ) Telah diselenggarakan babak semifinal & babak final dari kegiatan lomba keilmuan “PSYFICTION”. Acara ini adalah lanjutan dari babak penyisihan minggu lalu. Kegiatan ini berlangsung di mini lecture gedung FK Unisba dan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Acara ini dibuka dengan membacakan ayat suci Al-Quran kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta menyanyikan lagu Hymne Psikologi.

Perlombaan pertama yang dilaksanakan adalah perlombaan cerdas cermat dimana 3 tim yang tersisa diberi persoalan menganalisis film yang akan diberikan oleh panitia, dimana dalam pelaksanaanya tiap-tiap tim diminta untuk menentukan diagnosa, memaparkan kriteria serta mencantumkan intervensi apa yang dirasa tepat untuk menangani kasus tersebut. Setelah selesai menganalisa kasus tersebut, tiap-tiap tim mempresentasikan hasil pekerjaanya kepada dewan juri lalu tak lupa juga dewan juri memberikan feedback terhadap hasil presentasi.

img_2408-1
Presentasi analisis kasus film lomba cerdas cermat PSYFICTION (foto oleh: Aisyadiva)

Perlombaan kedua yang dilaksanakan adalah perlombaan debat dimana masih ada 4 tim yang lolos dari babak penyisihan. Perlombaan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah perlombaan untuk menentukan juara juara ke-3 dan untuk sesi kedua adalah perlombaan untuk menentukan juara 1 & 2. Tidak ada hal yang berbeda dari sistem perlombaan debat untuk sesi ini dimana tim yang akan bertanding dibagi menjadi dua bagian yaitu tim pro dan tim kontra dan tiap tim masing-masing membahas mosi yang diberikan oleh panitia menurut perspektif kelompok mereka.

dsc_0462-1
Babak perebutan juara ke-3 lomba debat PSYFICTION (foto oleh : Nyimas Siti)

Nadia Felicia sebagai salah satu dewan juri mengungkapkan “untuk saat ini teman-teman mahasiswa lebih dimudahkan dalam mengasah bakat di bidang keilmuan. Dengan adanya KIMPSI sebagai salah satu UKM terbaru Fakultas Psikologi, teman-teman mahasiswa akan lebih mudah diarahkan sesuai bidang yang diinginkan. Karena mahasiswa Psikologi Unisba sudah mempunyai cukup bekal dalam hal akademik, namun yang perlu diasah lagi adalah kemampuan untuk public speaking”.

dsc_0527-1
Foto bersama juara lomba PSYFICTION dengan Dekan dan Ketua BEM-F Psikologi Unisba (foto oleh: Nyimas Siti)

Hasil dari perlombaan keilmuan ini didapat untuk lomba debat dimenangkan oleh tim kelas A 2013, lomba cerdas cermat dimenangkan oleh tim kelas A 2013 dan lomba gagasan tulis dimenangkan oleh tim dari kelas A 2015. ( Teks oleh : Ginza Ghibran M.M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *