BAKTI DESA BATCH 1

BAKTI DESA BATCH 1

Bandung—29 Februari 2020, telah dilaksanakan program kerja Departemen Sosial Masyarakat BEM-F Psikologi UNISBA yaitu Bakti Desa Batch 1 yang diselenggarakan di Desa Buni Kasih, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Kegiatan dimulai pada hari ke-1, pukul 06.00 WIB panitia bakti desa berkumpul di kampus utama untuk melakukan absensi dan briefing sebelum berangkat. Setelah mempersiapkan semua keperluan, panitia berangkat menuju Desa Buni Kasih. Sesampainya di tempat tujuan, panitia melaksanakan ishoma dan persiapan untuk pembukaan bakti desa. Acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-quran, kemudian sambutan dari Riki Sonjaya selaku ketua pelaksana bakti desa.

Setelah pembukaan, seluruh panitia menuju rumah singgah untuk berkenalan dengan keluarga di rumah singgah masing-masing dan merapikan barang bawaan. Lalu seluruh panitia berkeliling desa untuk mengenal lingkungan desa. Acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok fasilitator untuk anak-anak mengikuti kegiatan yang akan dilakukan. Kegiatan pertama yaitu mengajarkan anak-anak tata cara berwudhu sebelum sholat dan dilanjutkan dengan sholat ashar. Selanjutnya panitia mengajak anak-anak untuk bermain bersama.

Selain mengajak anak-anak bermain, panitia juga melakukan penyuluhan kepada ibu-ibu mengenai parenting atau pengasuhan anak. Hal ini disambut dengan baik oleh ibu-ibu di desa. Setelah bermain dengan anak-anak dan melakasanakn penyuluhan, fasilitator menjemput anak-anak untuk melaksakaan sholat maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan belajar mengaji. Kegiatan hari pertama ditutup dengan evaluasi dan briefing kegiatan hari ke-2.

Hari ke-2 dimulai dengan sholat subuh berjamaah dan kegiatan bakti yaitu merapikan dan membersihkan lingkungan sekitar rumah masing-masing. Untuk menambah semangat di hari ke-2 ini panitia bersama-sama dengan warga melakukan olahraga atau senam pagi dan kerja bakti. Setelah itu seluruh panitia sarapan, membersihkan diri, dan persiapan untuk kegiatan selanjutnya.

“acara yang diusung kali ini bermanfaat bagi warga sekitar. Selain untuk menjalin silaturahmi, acara kali ini juga untuk memberi manfaat bagi warga desa” ujar ketua pelaksana.

Fasilitator melakukan penyuluhan mengenai sikat gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut anak-anak di desa. Selanjutnya panitia mengajak anak-anak untuk bermain game dan tadabur alam. Anak-anak diajak untuk bermain di setiap pos yang mereka datangi bersama fasilnya masing-masing. Setelah itu anak-anak mengikuti perlombaan menghias layang-layang yang diadakan oleh panitia. Layang-layang terbaik mendapatkan hadiah dari panitia. Dengan dibagikannya hadiah kepada tiap kelompok, acara bakti bakti desa batch 1 pun selesai.

 

Ditulis oleh : Naufal Rizky Darmansyah, Staf Medkominfo BEM-F Psikologi 2019/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *