Bakti Desa

PANGALENGAN – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba departemen Pengabdian Masyarakat menyelenggarakan bakti desa selama 4 hari di mulai pada tanggal 15 hingga 18 Agustus yang bertempat  di RT.02 RW.09 Desa Bunikasih Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan kembali mahasiswa pada masyarakat dan menumbuhkan jiwa sosial untuk melaksanakan penerapan ilmu psikologi dalam masyarakat.

IMG_1310
Panitia bakti desa beserta anak-anak warga desa bunikasih (Foto oleh : Andre Kurniawan)

Kegiatan ini diawali dengan pengenalan lokasi serta berkenalan dengan warga sekitar sesaat setelah panitia tiba di lokasi, disini panitia diajak untuk melihat lokasi dari perkebunan teh dan lokasi penambangan emas dimana di tempat tersebut adalah lokasi mata pencaharian warga desa tersebut.

IMG_3142
Anak-anak warga desa bunikasih yang sedang bermain di gedung serbaguna (Foto oleh : Andre Kurniawan)

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan acara bakti desa di gedung serbaguna desa Bunikasih, dalam kegiatan ini nampak banyak warga desa terutama anak-anak yang menghadiri acara pembukaan tersebut. Kemudian acara tersebut ditutup dengan pemutaran film untuk menghibur anak-anak di desa Bunikasih

IMG_3319
Pemberian motivasi dan pengetahuan tentang kebersihan di SD Puncak Mulya (Foto oleh : Andre Kurniawan)

Hari kedua dalam acara bakti desa ini diisi dengan kegiatan kerja bakti membersihkan desa Bunikasih, panitia yang sudah terbagi dalam beberapa kelompok menyebar ke beberapa tempat untuk membersihkan sampah-sampah yang ada. Dalam waktu bersamaan, sebagian panitia lainnya juga melakukan kegiatan di SD Puncak Mulya untuk memberikan kelas motivasi kepada siswa-siswi di sekolah tersebut. tidak hanya itu, panitia juga memberikan pengetahuan tentang kebersihan seperti menggosok gigi dan cuci tangan yang baik dan bena . Pada kegiatan sore harinya, kegiatan diisi dengan penyuluhan mengenai pernikahan dini yang diisi langsung oleh Miki Amrilya, M.Psi. sasaran dari kegiatan ini adalah ibu-ibu serta remaja putri yang ada di desa tersebut. Kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan acara makan bersama dengan warga desa Bunikasih

IMG_4206
Salah satu anak warga desa saat bermain panjat pinang (Foto oleh : Andre Kurniawan)

Hari ketiga dalam acara bakti desa diisi dengan kegiatan upacara bendera yang dilakukan di balai desa setempat, peserta upacara ini terdiri dari berbagai elemen mulai dari siswa pelajar hingga masyarakat dari desa-desa se ruang lingkup kecamatan hikmat dalam suasana upacara bendera tersebut, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pawai di sekitaran balai desa Kegiatan dilanjutkan dengan lomba-lomba 17 Agustus, panitia menyiapkan banyak perlombaan dan mengajak seluruh warga desa untuk mengikuti setiap perlombaan, karena sasaran perlombaan ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan panggung hiburan di malam puncak 17 Agustus 2016, kegiatan ini berisi hiburan dari warga-warga desa Bunikasih serta panitia bakti desa juga ikut turut memeriahkan panggung hiburan dengan beberapa penampilan, serta tidak lupa juga untuk memberikan hadiah kepada pemenang peserta lomba 17 Agustusan.

IMG_4627
Pemberian sembako kepada warga desa Bunikasih yang di wakili oleh Ketua RW (Foto oleh : Andre Kurniawan)

Pada hari terakhir acara bakti desa tersebut, beberapa panitia diminta untuk menjadi juri perlombaan 17 Agustus di SD Puncak Mulya dan sebagian panitia mempersiapkan acara penutupan. Acara penutupan ini diisi dengan kegiatan pemberian sembako untuk warga desa Bunikasih. Iqbal Putra selaku ketua pelaksana bakti desa 2016 menuturkan bahwa setiap kegiatan yang sudah direncanakan berjalan sesuai dengan rencana, walaupun masih ada beberapa persiapan yang kurang. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan warga desa yang terlibat sehingga program kerja ini dapat berjalan dengan baik dan tak lupa juga berpesan agar program kerja seperti ini dapat tetap dilanjutkan dalam periode-periode berikutnya. ( Teks oleh : Ginza Ghibran M.M )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *