Cara Mengatasi Kecemasan Saat Ujian

Source: www.telegraph.co.uk
Source: www.telegraph.co.uk

Sahabat Kemah! Bentar lagi UAS kan nih ya. Pernah ga sih sahabat Kemah ngerasa tegang, cemas gitu pas mau ujiannya? Ngeganggu kan ya perasaan tegang, cemas, panik kayak gitu. Nah ini ada tips-tips buat ngatasin perasaan cemas kayak gitu:
1. Belajar sesuai sama teknik belajar yang cocok sama sahabat Kemah sehingga nantinya sahabat Kemah ngerasa materi itu bisa dikuasain. Hal ini ngebantu nih buat ningkatin rasa percaya diri kita dan menurunkan kecemasan kita.
2. Selalu berpikir positif selama sahabat Kemah belajar. Pikirkan kalau kita mengerjakan dengan baik, jangan mikir kita bakal gagal.
3. Nah ini penting nih! Pastikan sahabat Kemah udah tidur cukup sebelum ujian berlangsung.
4. Jangan lupa makan yang bener & sehat sebelum tes berlangaung. Kita itu butuh protein untuk punya energi yang cukup. Gunanya energi ini biar kita bisa konsentrasi full selama ujian. Jauhin dulu deh junk food yang gak sehat gitu.
5. Try to calm and relax yourself saat sahabat Kemah memasuki ruang ujian. Tarik nafas dan hembuskan perlahan. Dalam pikiran sahabat Kemah coba bikin statementsI am well prepared. Saya bakal melakukan yang terbaik untuk tes ini!”
6. Jangan panik ketika sahabat Kemah menemukan soal yang sulit. Skip dulu aja persoalan-persoalan yang sulit, dan tetep baca persoalan sampai sahabat Kemah menemukan persoalan yang bisa dikerjakan.
7. Nah ini yang sering terjadi, kalau temen-temen udah pada ngumpulin lembar jawaban suka panik sendiri, ya kan? Jangan khawatir kalau temen-temen sahabat Kemah udah pada selesai ngerjain ujiannya. Gunakan sisa waktu yang ada karena sahabat Kemah harus fokus untuk dapat hasil terbaik.
8. Ketika ujian udah beres nih, coba lupakan tentang ujian tersebut. Karena ga ada yang bisa dilakuin lagi kan sampai hasil ujian itu keluar. Tinggal berdoa sahabat Kemah akan mendapatkan hasil yang terbaik dan tentunya semua karena usaha sahabat Kemah sendiri!

Luck is for the lazy, success is for those who work hard
Good luck for your exams, Sahabat Kemah!

Source: online counselling college

1 thought on “Cara Mengatasi Kecemasan Saat Ujian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *