Ekstradisi Ramadhan Psikologi Unisba “DIORAMA”

HktVQO-JDu4oLkLIGnkHzwXJkLbjMRltqauA1-Kwiw0
BANDUNG – (05/07/2015) Foto bersama seluruh panitia dan peserta yang hadir dalam acara DIORAMA. (Foto oleh : Shelvia Putri)

BANDUNG – Minggu, 5 juli 2015. Psikologi unisba angkatan 2014 kembali mengadakan acara yang rutin dilaksanakan oleh angkatan-angkatan sebelumnya yaitu Ekstradisi Ramadhan Psikologi Unisba yang disebut EKSTRALOBA dimana acara ini biasanya adalah acara atau kegiatan amal yang rutin dilakukan di bulan ramadhan. Psikologi angkatan 2014 mengambil tema yaitu DIORAMA yang artinya “Do it For Beramal” namun karena tidak enak menyatukan bahasa asing dengan bahasa Indonesia jadi dirubah arti dengan “Do it For Charity”.

Kegiatan di dalamnya sangat berupa yaitu dari berbagai lomba, buka bersama, dan talkshow. Diorama ini terbagi menjadi 2 rangkaian. Hari Kamis, 2 Juli 2015 di Aula Unisba Gedung Hj. Kartimi Kridhoharsojodi awali pembukaan dengan sambutan dari Ibu Lisa Widowati Dra.psi., M.Si Selaku Dekan Psikologi. Setelah itu adalah technical meeting untuk lomba-lomba diantaranya lomba nasyid, lomba fashion show hijab, dan lomba cepat tepat. Setelah itu kegiatan selanjutnya adalah kegiatan bersama anak panti dari panti asuhan dari Yayasan Madinatul Furqon Bandung Barat yang pesertanya ada 60 orang. Kegiatannya adalah ada kuis tanya jawab dan Games dll. Setelah itu acara dilanjutkan dengan training dari Kang Prima (Psikologi 2005) dan Teh Yunita (Dosen Psikologi) mengenai motivasi kepercayaan acara sangat seru sekali dan sangat bermanfaat dan penampilan dari Choir 2014 dan Seven Friday. Penutupan di hari itu acara ditutup dengan buka bersama dengan anak panti dan penyerahan cinderamata dari Panitia Diorama 2015 kepada panti asuhan dari Yayasan Madinatul Furqon Bandung Barat .

Kegiatan puncak adalah hari Minggu , 5 Juli 2015 kembali dilaksanakan di Aula Unisba Gedung Hj. Kartimi Kridhoharsojo. Acara ini dipandu oleh pembawa acara Kang Aksan (Psikologi 2011) dan Teh Annisa (Psikologi 2012) yang membawakan acara sangat meriah sekali. Kegiatan ini diawali dengan lomba nasyid yang berjumlah 8 grup peserta namun ada 2 grup yang mengundurkan diri keseruan terlihat dari kesemangatan peserta ketika bernyanyi besenandung. Dalam lomba nasyid ini di jurikan oleh 3 orang diantaranya: Kang kikin (Pelangi), Bu Sukarti (Dosen Psikologi), Teh Nelsya (Seni Musik UPI).

unnamed (5)
Peserta nasyid yang memeriahkan kelangsungan acara ekstraloba psikologi “DIORAMA” (Foto oleh : Shelvia Putri)

Ada lomba cepat tepat yang dilaksanaan bersamaan bertempatkan di sebelahnya atau di Dapur Aula yang pesertanya ada 26 orang keseruan sangat terlihat dari antusiasnya peserta menjawab pertanyaan dan canda tawa yang mengiringi acara lomba tersebut. Acara ini dipandu oleh Kang Azis (Psikologi 2014) dan Teh Ratu (Psikologi 2014). Acara terlihat semakin seru ketika acara final dimana semuanya peserta yang menjadi penonton menjadi sangat meriah sekali.

Setelah break solat dzuhur acara diteruskan dengan lomba fashion show hijab terlihat lumayan banyak sekali yang mengikuti lomba tersebut peserta lomba hijab 16 orang yang dijurikan oleh Teh Miki (Dosen Psikologi), Teh Fadhillah (Kedokteran 2012), Teh Tati  (Wardah). Lomba sangat meriah sekali terlihat dari teriak-teriakan panitia Diorama 2015 yang membuat acara menjadi sangat ramai. “Acaranya seru banget, pengisinya juga seru-seru juga semoga tahun depan bisa di adain lagi acara kaya gini” ujar kania, (SMA Al-Masoem) selaku peserta lomba fashion show hijab”.

Keseruan itu sendiri terlihat dari mulai banyak datangnya peserta maupun mahasiswa psikologi sendiri. Setelah lomba fashion show hijab selesai acara dilanjutkan dari berbagai penampilan dan penampilan yang paling ditunggu-tunggu adalah penampilan dari PELANGI karena grup nasyid yang cukup terkenal semua antusias melihat penampilan dari Pelangi terlihat dari teriakan-teriakan penonton yang cukup terhibur. “ Acara ini sudah bagus baik , kemasannya sudah cukup baik namun sangat disayangkan acara sebagus ini yang datang tidak terlalu banyak apakah mungkin kurangnya penyampaiain informasi atau bagaimana secara keseluruhan acara ini bagus” Ujar Kang Oki selaku (Kemahasiswaan Akademika Civitas Psikologi Unisba).

Setelah break solat ashar acara dilanjutkan kembali dengan talkshow dengan tema “Melindungi Pergaulan Saat Ini, Melindungi Diri, Melindungi Generasi” narasumber dalam talkshow ini adalah DR. Tauhid Nur Azhar S.Kes., M.Kes dan Meyda Sefira, S.T. dalam talkshow ini mengulas tentang kehidupan yang terjadi di generasi ini bahwa generasi sekarang sudah hampir rusak karena adanya LGBT (Lesbi,Gay,Bisex,Transgender) lalu generasi jaman sekarang anak kecil sudah memiliki HP dan media sosial. ”Tema yang cukup menarik dan topiknya bagus karena narasumbernya juga adalah teh meyda yang cukup mengetahui mengenai tema ini juga sebenarnya diorama ini sangat kreatif dan inovatif” ujar Kang tauhid (Dosen Psikologi Faal) selaku narasumber dalam talkshow “.

Acara selanjutnya yaitu pembacaan pemenang para lomba-lomba yang pertama adalah lomba nasyid yang dijuarai oleh  Juara 1 Baranada Voice (SMA Baiturahman), Juara 2 Ababyl (UPI), Juara 3 Nurbi (SMA 6 Bandung) setelah itu penyerahan piala dan hadiah oleh ketua pelaksana. Setelah itu lomba Fashion Show hijab yang dijuarai oleh Juara 1 Laily Nur Hayati (SMA Al-Masoem), Juara 2 Clarinta (Psikologi 2014), Juara 3 Nabila Nur Madinah (SMA 10 Bandung), dan Juara Favorit Gina Yunita (Psikologi 2014). Setelah itu penyerahan mahkota dan hadiah oleh ketua pelaksana. Untuk lomba yang terakhir yaitu lomba Cepat Tepat dijuarai oleh Juara 1 Ghina (Psikologi 2014) dan Juara 2 Indra (UIN).

Acara terakhir adalah ditutup dengan penampilan dari KBU yang cukup menghibur. “Alhamdulillah saya cukup merasa puas dengan acara ini semoga tujuan dari kegiatan diorama ini bisa tercapai dan bermanfaat bagi peserta yang hadir” Ujar Iqbal (Psikologi 2014) selaku ketua pelaksana DIORAMA. (Teks Oleh : Aditia Sugia Rahmat)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *