GoGreen: Rumah Belajar Tamansari #3

BANDUNG – Pada hari Minggu (30/04/17) Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung menyelenggarakan kegiatan Rumah Belajar Tamansari #3 dengan Tema Go Green yang bertempat di Taman Kuya Guya Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan Rumah Belajar Tamansari yang diselenggarakan secara rutin selama 5 kali pertemuan yang di mulai dari bulan Maret sampai bulan Juni 2017. Pada Kegiatan ketiga yang bertemakan Go Green ini bertujuan untuk memberi ilmu yang tidak didapatkan di sekolah yakni dengan belajar sambil bermain. “tema ini dipilih karena agar lebih menghargai lingkungan dan lebih ke tanaman karna mudah mencarinya juga” ujar Mesayu selaku Ketua Pelaksana. Kegiatan ini diikuti oleh 36 peserta anak-anak dari warga RT 13 dan RW 14Tamansari dan sebagian dari anak warga sekitar taman kuya guya yang didampingi oleh 11 fasilitator yang terdiri dari mahasiswi-mahasiswi angkatan 2014, 2015, dan 2016 fakultas psikologi Unisba.

Pada pelaksanaannya, peserta berkumpul di kampus Unisba dan pergi bersama-sama menuju Taman KuyaGuya di Jalan Tamansari No. 66 (dibawah jembatan layang Pasupati) Bandung. Kegiatan ini dibuka oleh MC yaitu Ma’muliah Annida angkatan 2014. Lalu peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok yang dipilih secara acak dengan cara dan dibagi menjadi 5 kelompok, dan memulai acara dengan games terlebih dahulu dan setelah itu diberikan tutorial menanam tanaman. Peserta tampak sangat senang dan antusias pada acara tersebut dan semua ikut berpartisipasi dalam games dan membuat tanaman sendiri, yang mana tanaman tersebut dibawa pulang oleh anak–anak yang mengikuti acara.

Para peserta bermain games dan terbentuklah 5 kelompok yang terdiri dari6 orang peserta dan satu kelompok 8 orang.Lalu MC memberikan name tag pada tiap-tiap kelompok yang berisi nama kelompok beserta fasilitator yang mendampingi para peserta selama kegiatan berlangsung. Nama-nama kelompok tersebut terdiri dari nama buah-buahan yang tentunya sangat akrab didengar oleh anak-anak, yaitu kelompok pisang, kelompok stroberi, kelompok anggur, kelompok jeruk, dan kelompok semangka. Lalu peserta duduk sesuai dengan kelompoknya tersebut. ketika MC mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah menanam pohon, para peserta terlihat senang dan antusias saat kegiatan berlangsung.

 

Para peserta diberikan tutorial terlebih dahulu oleh Nida selaku MC dan Lia Maharani selaku pemateri, Lia menjelaskan materi tentang cara menanam dan materi Go Green lainnya. Setelah diberikan penjelasan, tibalah saatnya para peserta bermain dengan masuk ke dalam setiap pos, dimana setiap pos terdapat games dan yang mendapat bahan – bahan untuk menanam tanaman secara berkelompok. Hal tersebut menimbulkan rasa kerjasama, kreatifitas, mengenal antara satu dengan yang lainnya dalam kelompok, sehingga para pesertapun bersemangat untuk menanam tanaman tersebut. ketika menanam tanaman, para peserta sangat aktif dan antusias sehingga kergiatan menanam tanaman berjalan dengan baik. lalu ketika ketika menanam tanaman telah selesai, MC bertanya kepada para peserta mengenai kegiatan yang telah dilakukan, setelah itu para peserta melakukan fasi time kembali dan fasilitator bertanya mengenai kegiatan yang telah berlangsung dan mengevaluasi kegiatan yang sudah dilakukan dengan cara bertanya kembali kepada para peserta, “acaranya seru dan bermanfaat, buat kita dan jadi tau tentang menanam” ujar Fitri 9 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *