Kajian Film Gone Girl

film gone girl - namafilm

 Director           : David Fincher

Starring           : Ben Affleck, Rosamund Pike, Tyler Perry, Neil Patrick Harris, Kim Dickens, Patrick Fugit, Carrie Coon, Boyd Holbrook, Emily Ratajkowski, David Clennon

Genre              : Drama, Mystery, Thriller

Rating             : 8.2/10 (berdasarkan rating IMDb)

 

You don’t know what you’ve got ‘till it’s..

 Gone Girl (2014) picture1

Gone Girl bercerita tentang pasangan suami-istri, yaitu Nick Dunne (Ben Affleck) dan Amy Dunne (Rosamund Pike). Nick adalah seorang mantan wartawan yang terkena PHK, sehingga Nick dan Amy harus pindah dari New York City ke kota kecil Midwestern di North Carthage, Missouri tempat asal Nick. Saat awal film, kita sudah disuguhkan suatu konflik yaitu hilangnya Amy di hari ulang tahun pernikahannya bersama Nick. Lalu Nick melaporkan kejadian tersebut ke polisi hingga akhirnya dilakukan investigasi. Namun dari hasil investigasi polisi yang dipimpin oleh Detektif Rhonda (Kim Dickens) ini justru menyudutkan Nick. Nick  diduga telah membunuh istrinya dan beberapa orang justru beranggapan Nick memiliki karakter seorang psikopat. Detektif Rhonda mengungkap bukti yang menunjukkan bahwa ada masalah dalam rumah tangga dan masalah dalam keuangan. Nick dianggap sebagai tersangka karena Nick diduga menggunakan uangnya untuk memulai usaha, peningkatan asuransi hidupnya dan Nick terlihat tanpa emosi jika berada di depan kamera dan di berita.

Gone Girl (2014) picture5

Gone Girl (2014) picture4

Konflik pun semakin bertambah karena reputasi Amy yang menginspirasi karakter Amazing Amy, tokoh dalam seri buku anak-anak, yang membuat Amy sangat dikenal oleh publik. Konflik ini memicu media massa yang membuat media massa turut bercampur tangan hingga masalah ini menjadi konsumsi publik. Lalu Amy memalsukan kematiannya, sebagai balas dendam pada Nick atas perselingkuhan yang dilakukan Nick. Amy mengubah penampilannya dan bersembunyi di sebuah rumah yang jauh, dan dia percaya Nick akan dihukum dan dieksekusi karena tuduhan membunuhannya. Nick meyakinkan saudara kembarnya, Margo (Coon), jika Nick tidak bersalah. Lalu Nick menyewa seorang pengacara bernama Tanner Bolt (Perry). Tanner Bolt ini seorang pengacara yang mengspesifikasikan pekerjaannya dalam membela suami yang dituduh membunuh istri mereka. Nick juga bertemu mantan pacar Amy, Tommy O’Hara (McNairy), yang dituduh oleh Amy melakukan perkosaan terhadap Amy meskipun itu sebenarnya tidak terjadi. Murid Nick dan Nyonya Andie (Ratajkowski), mengungkapkan hubungan mereka pada konferensi pers, Nick muncul di talk show dan meminta maaf atas kegagalannya menjadi seorang suami, tapi Nick bersumpah bawha dirinya bukanlah pembunuh.

 

Kajian Psikologis:

Dilihat dari cerita dalam film Gone Girl, Amy Dunne memiliki gangguan kepribadian yang mengarah pada perilaku psikopat. Gejala perilaku psikopat ini digambarkan dalam perilaku dan sifat Amy. Seseorang yang masuk dalam ketegori psikopat cenderung tidak mengikuti aturan yang ada. Selain itu gejala-gejala perilaku psikopat lainnya adalah sulitnya mengendalikan emosi, penuh dengan tipu-daya, tidak memiliki rasa penyesalan bahkan dalam beberapa waktu ia akan merasa puas, tidak memiliki rasa takut, tidak bertanggung jawab, namun memiliki sifat cerdas dan spontan. Orang-orang yang memiliki gejala psikopat pun cenderung bersikap wajar dan tenang untuk menutupi sifat aslinya, dan memiliki penampilan yang menarik. Dalam film Gone Girl ini, Amy memiliki beberapa karakteristik dari gejala-gejala perilaku psikopat tersebut.

Contohnya seperti pada permulaan scene ketika Amy menghilang, Amy meninggalkan jejak-jejak sebagai clue atas kepergiannya. Ini merupakan suatu tipu daya Amy dan menunjukkan adanya kecerdasan pada diri Amy hingga mampu membuat clue-clue yang dapat membuat orang-orang penasaran atas kepergiannya.Lalu sifat Amy yang merasa puas dengan balas dendam terlihat saat Nick sebagai suami Amy di sorot oleh media massa karena dituduh sebagai tersangka atas hilangnya Amy dengan dugaan membunuh Amy.

Selain itu, cara Amy yang memanipulasi cerita mengenai dirinya dengan Desi Collings (mantan kekasih Amy). Amy membuat skenario bahwa dirinya telah diculik oleh Desi, Amy membunuh Desi di kediaman Desi, lalu Amy membuat luka-luka palsu pada tubuhnya agar ia seolah-olah benar-benar diculik dan disekap oleh Desi. Kemudian Amy pulang kembali mendatangi Nick dengan penuh luka-luka palsu pada dirinya, Amy melakukan defense agar terkesan bukan dirinyalah yang salah. Dari contoh tersebut terlihat bahwa Amy pandai melakukan tipu-daya dan tetap bersikap tenang dan wajar untuk menutupi sifat aslinya yang cenderung psikopat. Dari hal terakhir pun dapat terlihat bahwa Amy tidak memiliki rasa sesal dalam dirinya setelah ia melakukan pembunuhan.

(Dikaji oleh: Indira Aulia Syafira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *