I AM THE AGENT OF CHANGE – HARI ANAK UNIVERSAL

Bandung - (28/11/2015) Imanzah Nurhidayat selaku pemateri sedang menyampaikan materi design thinking.  (Foto oleh: Aisyadiva Ilmiani)
Bandung – (28/11/2015) Imanzah Nurhidayat selaku pemateri sedang menyampaikan materi design thinking. (Foto oleh: Aisyadiva Ilmiani)

BANDUNG – Sabtu, 28 November  2015 Departemen PengabdianMasyarakat BEM-F Psikologi UnisbaDalam rangka memperingati Hari Anak Universal menyelenggarakan kegiatan seminar I AM THE AGENT OF CHANGE (Lets feel, imagine, share and do)Sebuah workshop yang bertemakan bagaimana langkah-langkah anak agar dapat mengoptimalkan potensi-potensi yang dimilikinya dan bagaimana cara agar anak dapat peka terhadap lingkungan sekitar, dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 260 peserta yang merupakan kalangan mahasiswa, guru, dan berbagai kalangan lainnya. Acara I AM THE AGENT OF CHANGE ini dibuka oleh MC yang merupakan Alumni Psikologi Unisba, Kang Aditya Aksani T.,S.Psi dan Teh Anisa Pertiwi yang merupakan mahasiswa fakultas psikologi unisba Angkatan 2012, dan dengan sambutan dari Wakil Dekan I Fakultas Psikologi yaitu Milda Yanuvianti, S.Psi, MA.

Narasumber dari acara ini adalah Imanzah Nurhidayat beliau adalah anggota komite taman gagasan (TaGa) dan pelopor mengenai Design thinking. Selain itu ada juga dosen Fakultas Psikologi Unisba yang menjadi moderator dalam kegiatan ini yaitu Yunita Sari M.Psi, yang merupakan dosen Psikologi Perkembangan. Acara yang memperingati Hari Anak Universal ini di sponsori oleh Bank BRI Syariah, Bashfordwear, Dapp Indonesia, Bank BJB, Baznas, Amanda Cookies dan Primasaga. Selain itu beberapa pihak seperti Suara Mahasiswa, Kompas TV, Radio Mara, Kabar Kampus, ILMPI  turut membantu dalam mempublikasikan acara ini.

Dalam kegiatan ini membahas tentang bagaimana seseorang untuk merubah pola pikir menjadi design thinking yang banyak manfaatnya, yang dimana Design thinking merupakan suatu pemikiran yang telah dipakai oleh banyak orang yang telah sukses. Design Thinking mengajarkan untuk mengetahui konsepnya bukan hanya dari apa yang terlihat. Dimana bahwa anak-anak di sini harus bisa mengembangkan potensinya dan faktor orang tua maupun guru disini berperan untuk membantu proses dalam pengembangan potensi. TaGa (Taman Gagasan) sendiri membantu untuk anak-anak mengembangkan potensi agar terealisasikan. “Saya senang dengan cara ini dan bagus sekali karena pesertanya adalah masyarakat sekitar dan ini membantu sekali sehingga membuatTaGamenjadirelevan” Ujar kang Imanzah selaku narasumber.

(Foto oleh: Fitria Ghassani)
(Foto oleh: Fitria Ghassani)

Dari kegiatan ini pun mungkin sangat banyak sekali manfaatnya menurut Teh Yunita selaku moderator “Mungkin gak sih kita bisa buat metode design for life karena kita kan psikologi jadi kita kan ngomongin orang, mindset kita harus dibentuk gimana caranya harus merubah orang dengan metode design thinking, karena dalam design ini banyak sekali manfaat didalamnya karena kalo berhasil kita kedepannya bisa saja di psikologi yang bagus, apabila kita membuat gerak-gerakan perubahan, karena metode design ini bukan untuk anak design saja karena untuk anak diluar design juga sangat membantu untuk menjadi lebihk reatif dan bisa lebih tau apa potensi dalam dirinya”.

Para peserta terlihat antusias ketika sesi tanya jawab dan terhibur oleh penampilan dari Vocalogy dan Anamesa. “Acara ini bagus, baik dan sangat banyak sekali manfaatnya bukan untuk anak-anak saja tapi sebagai orang tua saya juga bisa menggunakan metode ini dan saya harap kedepannya acara ini ada kelanjutannya” Ujar Kang Adam (Guru MI) selaku peserta.

Pembagian doorpize kepada peserta. (Foto oleh: FItria Ghassani)
Pembagian doorpize kepada peserta. (Foto oleh: FItria Ghassani)

Tujuan acara ini adalah untuk mengajak anak-anak buat lebih peduli terhadap lingkungannya dan membantu agar anak-anak disini bisa membangun potensinya sendiri dengan metode design thinkingAlhamdulillah acaranya sukses dan pecah” Ujar Monica selaku ketua pelaksana. Acara ini ditutup oleh Penampilan dari Anamesa yang cukup meriah. Selain itu Fakultas Psikologi juga memberikan kenang-kenangan kepada Kang Inamzah berupa plakat sebagai tanda terima kasih telah memeriahkan acara ini. (Teks oleh: Aditia Sugia Rahmat)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *