Kajian Film Identity

Untitled5

 

 

Directed by        : James Mangold

Starring             : John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet, Alfred Molina, Clea Duvall, and Rebecca De   Mornay

Genre                 : Mystery, Thriller

Rating                : 7,3/10 (berdasarkan rating IMDb)

 

Sinopsis

Untitled6

 

Film ini berjudul Identity. Pada awalnya dimulai dengan salah seorang psikiater atau psikolog yang sedang mendengarkan rekaman seseorang yang bernama Malcolm. Dia mengalami kepribadian ganda dan orang tersebut telah membunuh 9 orang. Pembunuhan itu semua terjadi dalam sebuah motel dalam satu malam. Tetapi ada yang janggal, setiap penemuan mayat ditemukan kunci kamar motel dengan nomer urut 1-10 dengan hitungan mundur.

 

Untitled7

 

Ternyata dalam diri Malcolm terdapat lebih dari 10 karakter berbeda yang ia karang sendiri dan saling membunuh dalam cerita di motel tersebut. Dengan kata lain, seluruh kejadian pembunuhan dimotel tersebut merupakan rekayasa dari pikiran Malcolm yang diperintahkan untuk mencari kepribadian mana yang berkarakter sebagai pembunuh. Dalam jalannya sidang seperti melihat seluruh kepribadian Malcolm yang saling membunuh, hal ini untuk membuktikan bahwa sebenarnya raga Malcolm tidak bersalah, tetapi pikiran-pikirannya lah yang berbahaya.

 

Untitled8

 

 

Kajian Psikologis:

Menurut pandangan Psikologi, Malcolm adalah pembunuh psycho yang mengidap multiple personality atau kepribadian ganda. Hal tersebut terjadi dikarenakan masa kanak-kanak Malcolm yang kurang menyenangkan. Sehingga dia harus merepres peristiwa masa kanak-kanaknya tersebut. Represi itu rupanya tidak mencukupi kebutuhan Malcolm. Oleh karena itu, Malcolm berusaha menghilangkan seluruh peristiwa yang ditekan dari kesadaran pada dirinya. Ini dilakukan oleh Malcolm dengan memisahkan seluruh bagian kepribadiannya dari kesadarannya dan memperoleh suatu identitas baru untuk bagian yang dipisahkan dari dirinya itu.

(Dikaji oleh: Kartina Tri Agusdharini,  Raden Muhammad Ilham, dan Sarah Reisalina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *