Kajian Film Shutter Island

Shutter Island1

 

Judul Film: Shutter Island

Genre: Thriller

Rating: 8/10 (IMDb)

Director: Martin Scorsese

Writer: Laeta Kalogridis

Cast: Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, Ben Kingsley

 

SINOPSIS

Shutter Island2

 

Pada suatu hari, dua orang Marsekal AS yaitu Edward Teddy Daniels dan Chuck Aule sampai di sebuah pulau yaitu Pulau Shutter dengan menggunakan kapal feri. Mereka ditugaskan untuk menjalankan suatu investigasi di Rumah Sakit Jiwa Ashecliffe, yaitu tempat khusus tahanan sakit jiwa. Kabarnya, terdapat seorang pasien bernama Rachel Solando yang hilang dari rumah sakit tersebut.

Dalam menjalankan investigasi tersebut, Teddy dan Chuck membutuhkan data pasien dan perawat di rumah sakit tersebut, tapi tidak diperbolehkan oleh Dr. Cawley, psikiater di rumah sakit tersebut. Akhirnya Teddy meminta untuk bertemu dengan psikiater yang menangani Rachel Solando yaitu Dr. Lester Sheehan, sayangnya Dr. Sheehan sedang pergi berlibur.

Setelah beberapa hari menginap di rumah sakit tersebut, Teddy mulai sering migrain dan memimpikan kejadian-kejadian masa lalunya, seperti tentang istrinya, Dolores Chanal yang meninggal karena kebakaran rumahnya yang disebabkan oleh Andrew Laeddis, yang tak lain adalah penjaga rumah mereka.

Shutter Island3

 

Ketika Teddy dan Chuck melanjutkan investigasinya, pihak rumah sakit memberitahu bahwa Rachel Solando telah ditemukan. Tetapi tidak disertai penjelasan mengenai bagaimana dan dimana Solando ditemukan. Karena Teddy merasa pihak rumah sakit tidak membantunya, Teddy dan Chuck memustuskan untuk masuk ke Bangsal C, tempat yang dilarang untuk mereka kunjungi. Di sana, Teddy bertemu seorang pasien bernama George Noyce. Noyce menjelaskan kepada Teddy bahwa Ashecliffe merancang eksperimen aneh terhadap pasien-pasiennya dan dibawa ke sebuah mercusuar untuk menjalani lobotomi. Noyce juga mengatakan bahwa Ashecliffe sedang menjebak Teddy untuk terlibat dalam “permainan” mereka.

Singkat cerita, Teddy pergi sendirian ke mercusuar yang kabarnya tempat pasien Ashecliffe menjalani lobotomi dan mendobrak suatu ruangan di dalam mercusuar tersebut. Di dalam sudah ada Dr. Cawley yang sedang menunggunya. Dr. Cawley menjelaskan bahwa sebenarnya Teddy merupakan salah satu dari pasien Ashecliffe dan yang lebih membuat terkejut adalah bahwa Andrew Laeddis itu sebenarnya Edward Teddy Daniels.

Shutter Island4

 

KAJIAN PSIKOLOGI

Dalam film ini, sebenarnya Teddy itu adalah Andrew Laeddis. Andrew Laeddis mengalami trauma dan tidak bisa menerima kenyataan bahwa istrinya telah menenggelamkan ketiga anak mereka di danau belakang rumahnya. Pada saat Andrew mengetahui bahwa istrinyalah yang membunuh ketiga anak mereka, Andrew menembak istrinya karena ia merasa tidak terima. Karena trauma itulah, Andrew Laeddis mengarang cerita seolah-olah ia adalah seorang Marsekal bernama Edward Teddy Daniels yang sedang menjalankan investigasi di sebuah Rumah Sakit Jiwa Ashecliffe. Ia juga melibatkan beberapa dokter dan staf rumah sakit dalam menjalankan “cerita”-nya. Chuck Aule sebenarnya adalah Dr. Lester Sheehan, psikiater yang menangani Andrew Laeddis.

Setelah pertemuan di mercusuar itu, Dr. Cawley dan Dr. Sheehan menjelaskan yang sebenarnya kepada Andrew Laeddis dan ia pun akhirnya paham serta dapat menerima kenyataan bahwa ia lah yang membunuh istrinya.

 

(Dikaji oleh: Fitria Ghassani, Ma’muliah Annida Nurul Ilmi, dan Ratu Dzakiyah Nursalma)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *