Kajian Film Silver Linings Playbook

unnamed1

 

  • Sutradara           :David O. Russell
  • Produser            : Bruce Cohen

Donna Gigliotti

  • Executive           :Jonathan Gordon

George Parra

  • Skenario             : David O. Russell
  • BerdasarkanThe Silver Linings Playbook karya Matthew Quick
  • Pemeran             : Bradley Cooper berperan sebagai Pat Jr

Jennifer Lawrence berperan sebagai T iffany Maxwell

Robert De Niro berperan sebagai Pat Sr

Jacki Weaver berperan sebagai Dolores

Chris Tucker

Anupam Kher

  • Musik                  : Danny Elfman
  • Sinematografi   : Masanobu Takayanagi
  • Penyunting        : Jay Cassidy

Crispin Struthers

  • Studio                  : The Weinstein Company

Mirage Enterprises

  • Distributor         :The Weinstein Company
  • Tanggalrilis      : 08 September 2012 (TIFF)

16 November 2012 (AmerikaSerikat)

  • Durasi                :122 Menit
  • Negara               : AmerikaSerikat
  • Bahasa               : Inggris

 

SINOPSIS

Untitled2

Silver Linings Playbook merupakan sebuah film drama-komediromantis yang ditulis dan disutradarai oleh David O. Russell. Film in merupakan film yang diadaptasi dari novel ”The Silver Linings Playbook” karangan Matthew Quick. Film yang dirilis pada tahun 2012 ini dibintangi oleh Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence. Robert De Niro, Jacki Weaver, Chris Tucker, AnupamKher, dan Julia Stiles.

 

Untitled3

Cooper berperan sebagai Patrick “Pat”Solitano, pria yang memiliki gangguan bipolar, yang keluar dari rumah sakit jiwa dan tinggal kembali bersama kedua orangtuanya (De Nirodan Weaver). Bertekad untuk mendapatkan kembali istrinya yang menjauh darinya, Pat berjumpadengan randa bernama Tiffany Maxwell (Lawrence). Tiffany menawarkan kepada Pat bahwa ia akan membantu Pat mendapatkan kembali istrinya bila ia bersedia ikut dalam kompetisi dansa dengan Tiffany. Keduanya menjadi dekat dikarenakan latihan yang mereka jalani. Dan ayahnyaTiffany menyusuri hubungan mereka, karna mereka sering mengatasi masalah  antara satu dengan yang lain. (www.wikipedia.com).

 

Untitled4

 

Untitled5

 

KAJIAN PSIKOLOGI

Patrick Solitano Jr. atau yang akrab dipanggil Pat Jr. (Bradley Cooper) baru saja keluar dari rumah sakit jiwa akibat bipolar disorder yang dideritanya. Bipolar disorder adalah sebuah gangguan mood yang bias membuat emosi pengidapnya naik turun. Pat Jr. sendiri sempat mengalami sebuah insiden dimana ia begitu marah saat memergoki istrinya, Nikki (Brea Bee) sedang berselingkuh. Kemudian ia memukuli selingkuhan sang istri sampai hampir mati. Hal itu yang membuatnya dikirim ke rumah sakit jiwa. Setelah 8 bulan dirawat di rumah sakit jiwa, Pat Jr. diperbolehkan pulang dengan syarat tidak boleh menghubungi Nikki dan dibatasi untuk tidak terlalu jauh berkeliaran disekitar rumahnya. Pat Jr. kini tinggal bersama ibunya, Dolores (Jacki Weaver) dan ayahnya, Pat Sr. (Robert DeNiro). Ayah Pat mengidap OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Ia juga sangat menggilai olahraga baseball. Ayahnya baru saja kehilangan pekerjaannya. Dalam kesehariannya, Pat Jr. berusaha untuk mengontrol emosinya agar ia dapat kembali rujuk dengan Nikki. Suatuhari ia bertemu dengan Tiffany (Jennifer Lawrence), gadis yang ternyata “sama gilanya” dengan Pat, karena mereka punya rasa sakit dan gangguan yang sama-sama. Tapi ternyata justru itu membuat mereka semakin dekat.

Menariknya, hampir semua tokoh dalam film iniabnormal. Masing-masing memiliki gangguan dan permasalahannya sendiri. Pat Sr. (ayah Pat Jr.) memiliki kecenderungan OCD (obssessive compulsive disorder) sampai remote control televisi saja harus 3. Ronnie, teman Pat yang sepertinya punya keluarga bahagia dan normal, juga tertekan oleh pekerjaan dan istrinya. Film ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki hambatan dalam kehidupannya.

(Dikaji oleh: Fitria Ghassani, Ma’muliah Annida Nurul Ilmi, Ratu Dzakiyah Nursalma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *