Kajian Film The Ward

Untitled12

 

 

Director           : John Carpenter

Writers            : Michael Rasmussen, Shawn Rasmussen

Stars                : Amber Heard, Mamie Gummer, Danielle Panabaker

Genre              : Horror, thriller

Duration        : 98 minutes

Rating            : 5,6/10 (Berdasarkan IMDb)

 

SinopsisUntitled13

 

Dissociative identity disorde. Kalian  tau Dissociative identity disorde apa?   Kaya gimana sih? Mending kalian cek Film salah  satu  garapan sutradara John  Carpenter ini.

Dari judulnya aja udah bikin penasaran, dari cover apalagi. Yap ! ini adalah film psikologi horror, dimana ada salah satu gangguan yang terangkum disini ganguan itu adalah dissociative identity disorde.

Menakutkan? Iya

Menegangkan? Juga iya. Daripada banyak basa-basinya mending langsung aja kita cek sinopsisnya.

Alice salah satu tokoh utama dalam film The ward ini  mempunyai salah satu gangguan psikologis yang biasa para psikolog bilang sih dissociative identity disorde. Alice membakar rumah pertanian miliknya. Alice melakukan ini karena masa lalunya yang tidak begitu menyenangkan hingga ia membakar rumahnya. Karena masa lalunya ini. Alice merepres kepribadiannya. Dan…. hingga ia memunculkan kepribadian baru sebagai Tammy, Zoey, Sarah, Iris, Emily dan yang terakhir adalah Kristen. Dari sinilah gangguan tersebut dimulai.

 

Untitled14

 

 

Kristen salah satu kepribadian dari Alice ini bersikuku bahwa ia tidak sakit. Saat di rumah sakit jiwa ini ia merasakan hal yang mengganjal, hal yang aneh. Ia di hantui oleh penghuni lama dari rumah sakit jiwa itu. Ia di hantui oleh Alice penghuni lama rumah sakit tersebut. Ia merasa temannya satu persatu hilang mulai dari iris, sarah, emily dan zoey.

Berbagai cara Kristen lakukan untuk keluar dari rumah sakit jiwa itu. Namun, selalu gagal dalam menghadapi perawat-perawat tersebut. Di ujung pelariannya, ia bertemu dengan hantu Alice hingga ia harus bertarung dengan Alice, setelah bertarung akhirnya ia berhasil membunuh si hantu Alice. Lalu, seorang dokter bernama Stringer (dokter yang selama ini merawatnya) mengungkapkan sebuah kenyataan, yaitu Alice yang selama ini terkenal dengan penghuni lama yang terus menghantui Kristen adalah Kristen sendiri. Dokter Stringer mengungkapkan mengenai apa yang di alami Kristen. Jadi, ketika Alice  berumur 11 tahun, Alice di culik dan dikurung di ruang bawah tanah rumah petani selama 2 bulan (rumah yang dibakar Alice di awal cerita) setelah kejadian itu, Alice mengalami trauma dan mencoba merepres pengalaman buruknya dalam bentuk kepribadian ganda.

 

Untitled15

 

kajian dari sisi psikologis

Pada kasus ini, Alice mengalami dissociative identity disorde. Salah satu gangguan psikologis dimana orang yang menderitanya memiliki kepribadian ganda. Orang yang memiliki kepribadian ganda ini, mempunyai kepribadian yang masing-masing memiliki nama dan karakter yang berbeda. Mereka yang memiliki kelainan seperti ini sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, namun penderita gangguan ini akan merasa jika ia memiliki banyak identitas bila mendapati cara berpikir, temperamen, tata bahasa, ingatan, dan interaksi terhadap lingkungan yang berbeda-beda. Seperti halnya pada film “The ward” ini. Alice memiliki 5 karakter yang berbeda dalam kepribadiannya. Ia dapat menjadi Kristen, Zoey, Sarah, Emily bahkan menjadi Alice.

 

(Dikaji oleh: Monica Adi Fanny, Rhima Destriana, Tanty Dwi Maulani)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *