Kuliah Umum #2 “Corporate Psychology”

DSC_2925
BANDUNG – Drs. Akbar Jazirah Burhan sedang memberikan materi kepada peserta dalam acara Kuliah Umum #2 yang bertemakan “Corporate Psychology”. (Foto oleh : Fitria Ghassani)

BANDUNG – Jum’at, 2 Oktober 2015, Departemen Penelitian Pengembangan dan Pendidikan BEM Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung menyelenggarakan sebuah acara yang bertempat di Gedung Hj. Kartimi Kridhoharsojo UNISBA. Acara yang sudah diselenggarakan secara rutin ini bernama Kuliah Umum.

Pada Kuliah Umum 2 kali ini, tema yang diambil adalah “Corporate Psychology”. Latar belakang diambilnya tema ini karena banyak mahasiswa yang masih belum mengetahui atau masih memiliki pengetahuan yang dapat dikatakan kurang dalam pekerjaan bidang Psikologi Industri dan Organisasi. Oleh karena itu, tujuan dari acara ini yaitu, “Untuk memberi gambaran kepada teman-teman, terutama yang tertarik pada bidang PIO, gambaran tentang penerapan psikologi di perusahaan itu seperti apa saja dan untuk mengetahui setelah lulus S1 jika tertarik bekerja di bidang PIO itu kerjanya gimana.” – Elfrida Yuliyanti (2013), selaku ketua pelaksana acara Kuliah Umum 2.

Acara yang diselenggerakan mulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh 271 peserta. Dimana tidak hanya terdiri dari mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA saja, melainkan terdapat beberapa mahasiswa dari Universitas lain, yaitu delapan orang dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dua orang dari Universitas Jendral Ahmad Yani (UNJANI), dan satu orang dari Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (UNIBI). Selain itu juga terdapat beberapa dosen Fakultas Psikologi UNISBA yang turut hadir dalam acara tersebut, seperti Dra. Endang Supraptiningsih, M.Si, Ali Mubarak, M.Psi, DR. Ihsana Sabriani B, S.Psi, M.Si, Dra. Sukarti Hilmi M, M.Si, Dr. Endang Pudjiastuti, M.Pd, dan masih banyak lagi.

Pemateri dalam acara yang bertemakan “Corporate Psychology” ini yaitu Drs. Akbar Jazirah Burhan. Pada kesempatan tersebut, beliau tidak hanya memberikan materi mengenai penerapan psikologi dalam bidang perusahaan saja, melainkan juga menjelaskan tentang perbandingan karakteristik manusia di dalam industri manufacturing dan hospitality, career management, tips untuk berkompetisi dalam bekerja, dan sebagainya.

“Menurut saya kegiatannya bagus, artinya bisa menambah wawasan mahasiswa, terutama tidak dipungkiri bahwa lulusan kita banyak yang ujungnya bekerja. Minimal dengan adanya Kuliah Umum ini, bisa terbuka wawasannya dan menjadi mempersiapkan diri untuk ke depannya. Selain itu kita juga jadi mengetahui bahwa dalam bekerja yang dibutuhkan tidak hanya ijazah saja tapi harus disertai dengan skill-skill. Pokonya top bangetlah untuk kuliah umum tadi.”, itulah kesan yang disampaikan oleh Kang Oki Mardiawan, M.Psi, selaku moderator dalam acara Kuliah Umum tersebut.

DSC_2930
BANDUNG – Drs. Akbar Jazirah Burhan sedang memberikan materi mengenai Human Nature dalam persperktif islam. (Foto Oleh : Fitria Ghassani)

Para peserta yang hadir pun turut memberikan kesan-kesannya setelah mengikuti acara Kuliah Umum tersebut,

“Aku kan nggak terlalu ngerti masuk psikologi tuh mau gimana kedepannya dan peluang kerjanya gimana, setelah ikut Kuliah Umum 2 jadi menambah pengetahuan tentang bidang kerja sarjana psikologi.” – Cahya Fitriyani (2014).

“Asik sih rame, soalnya saya nggak terlalu suka PIO kan tapi jadi kaya oh jadi konsep kerja tuh kaya gini. Yang asalnya nggak tahu jadi tahu” – Luzia Lulian A (2013).

“Saya merasa bangga, ngerasa antusias juga ngeliat pesertanya banyak banget apalagi di mahasiswa barunya. Ya menurut saya ini acara yang sangat bagus di ranah pendidikan apalagi psikologi. Patut untuk dibikin lagi.” – Yunus Mulia H (2012) yang juga berperan sebagai Wakil Presiden Mahasiswa.

“Menambah wawasan tentang bidang PIO jadi lebih kebuka wawasannya kalau nanti kerja harus kaya gimana aja persiapannya. Terus bagus sih tadi biasanya cuma ada games-games doang tapi tadi ada kaya acara vocal group.” – Sarah Dian Asri (2011).

Begitulah kesan-kesan yang disampaikan oleh para peserta. Selain itu, terdapat pula beberapa masukan untuk acara Kuliah Umum kedepannya yang diharapkan, yaitu seperti dihadirkan narasumber lain yang dapat membahas dari bidang lain dan lebih diexplore lagi apa yang dibutuhkan mahasiswa yang tidak diajarkan diperkuliahan setiap harinya.

Setelah selesai sesi tanya jawab mengenai materi yang diberikan, dilanjutkan dengan adanya penampilan dari vocal group angkatan 2014 Fakultas Psikologi UNISBA yang beranggotakan Mirsha Shannaz A, Ratu Faza D, Tifani Anita D dan Felia Rizkita, selain itu juga terdapat kolaborasi dengan Bayu Indra P (2012). Mereka membawakan tiga buah lagu yaitu lagu Flashlight dari Jessie J, Cheerleader dari OMI dan satu buah lagu remix yang membuat gedung aula UNISBA ramai dengan tepukan tangan dari penonton. Lalu acara tersebut pun ditutup dengan dibagikannya doorprize.

“Dilihat dari antusiasme dan banyaknya peserta yang bertanya sih InshaAllah tujuannya tercapai.” itulah yang disampaikan oleh Elfrida selaku ketua pelaksana mengenai suksesnya acara Kuliah Umum 2 yang telah diselenggarakan. (Teks oleh : Noviriani N I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *