Kuliah Umum 2 “ Neuropsychology “

BANDUNG- pada hari Kamis, (13/10/16) telah diselenggarakan kegiatan Kuliah Umum 2 “ Neuropsychology  “  dengan tema perkembangan kognitif neuroscience & neuropsychology. Kuliah umum tersebut diselenggarakan di Aula Unisba, Gedung hj. Kartini Kridhoharsojo.  Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan wawasan kepada para peserta, khususnya kepada mahasiswa psikologi Unisba tentang neuropsychology yang menjadi bagian dari spesialisasi psikologi klinis. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 208 peserta dari  kalangan mahasiswa dan dosen. Kegiatan Kuliah Umum 2 ini dibuka oleh MC yang merupakan mahasiswi Fakultas Psikologi  yaitu Mirsha dan Ayu dilanjutkan dengan sambutan dari Ghea Amalia selaku Ketua pelaksana kemudian sambutan dari Arfan Agung Gumelar selaku Ketua BEM Fakultas Psikologi Unisba dan yang terakhir adalah sambutan dari Lisa Widawati, Dra. M.si selaku Dekan Fakultas Psikologi.

img_9809
Pembukaan acara yang di pandu oleh kedua MC (Foto oleh : Tiara Puspita)

Narasumber dari acara ini adalah Gema Gumelar S.Psi, beliau adalah Ketua Yayasan Peduli Skizofrenia Simpul Bandung serta Assesor & Konsultasi asosiasi. Selain itu ada juga dosen Fakultas Psikologi Unisba yang menjadi moderator dalam acara ini, yaitu Andhita Nurul khasanah M,psi.

dsc04682
Pemberian materi dari Gema Gumelar S.Psi (Foto oleh : Tiara Puspita)

Dalam kegiatan ini dibahas secara tuntas tentang Neuroscience. yaitu merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagian otak manusia secara menyeluruh. Di dalam neuroscience terdapat cabang ilmu yang berkaitan dengan ilmu psikologi disebut neuropsikologi, yaitu mempelajari fungsi otak dan mengkaitkannya ke dalam masalah-masalah psikis. Dasar dari mempelajari neuropsikologi adalah biological psychology, di dalam biological terdapat tingkatan analisi yaitu social level (individu berperilaku dalam interaksi sosial), organ level (otak spinal cord, saraf tepi, dan mata), neura system level (mata dan regio visual otak), brain region level (korteks visual), circuit level, cellular level, synaptic, molecular level. Kognitif neuorscience dipelajari dengan 2 hal, yaitu 1). Cognitive science + Cognitive psychology 2). Biology + neuroscience.

img_9894
Pemberian pelakat dari Fakultas kepada narasumber Gema Gumelar S.Psi (Foto oleh : Tiara Puspita)

Ghea Amalia selaku ketua pelaksana  memberikan tanggapannya setelah selesainya acara “ Alhamdulillah dengan diadakannya kuliah umum 2 ini dengan topik neuropsychology mahasiswa banyak yang antusias, terlihat dari jumlah peserta yang datang ke acara ini. Materi yang disampaikan juga tidak ada dalam kelas perkuliahan sehingga diharapkan menambah wawasan lebih terutama bagi teman-teman yang ingin mendalami psikologi klinis khususnya neuropsychology. Walaupun tadi acara sedikit terlambat dikarenakan pemateri yang belum hadir tetapi secara keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan panitia “  ( teks oleh : Ginza Ghibran M.M )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *