Manfaat Puasa Untuk Psikologis dan Fisiologis

(Source: Anneahira.com)
(Source: Anneahira.com)

Wah ga kerasa ya Sahabat Kemah sekarang udah masuk bulan Ramadhan lagi aja. Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan bulan yang sangat di nanti-nanti tentunya oleh kita semua. Di bulan Ramadhan ini tentunya kita sebagai umat Islam di wajibkan untuk berpuasa. Sahabat Kemah tau gak kalau bulan Ramadhan ini mendatangkan banyak hikmah dan juga manfaat untuk kesehatan kita loh! Dibawah ini akan kita bahas mengenai beberapa manfaat puasa bagi kesehatan kita.

  1. Keuntungan psikologis.

Berpuasa bisa memurnikan sel-sel di dalam tubuh, termasuk sel otak. Ternyata, pada 50 tahun terakhir di Russia, terapi berpuasa telah ditemukan sebagai perawatan terhadap pengidap schizophrenia yang paling efektif. Dr. Yuri Nikolayev di tahun 1972, seorang direktur di Moscow Psychiatric Institute, melaporkan bahwa penggunaan puasa telah sukses dalam menyembuhkan lebih dari 7.000 pasien yang menderita berbagai macam penyakit mental, termasuk schizophrenia. (fasting.com)

  1. Melindungi otak dari penyakit Alzheimer atau Parkinson.

Ilmuwan di bidang neurologi yang bernama Mark Mattson, Ph.D., seorang kepala laboratorium neuroscience di NIH’s National Institute on Aging. Dalam hasil penelitiannya menunjukkan bahwa diet yang tepat seperti berpuasa, secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakit de-generatif seperti Alzheimer atau Parkinson. Hasil penelitiannya menunjukkan, bahwa diet dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal, berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah, dan sekaligus peremajaan sel-sel otak.

  1. Puasa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh kita.

Dari hasil penelitian, kadar kolestrol yang kurang baik di dalam darah kita akan mengalami penurunan bagi orang yang berpuasa. Dengan menurunnya kadar kolestrol ini maka resiko penyakit jantung dan stroke pun akan menurun. Terutama buat yang lagi program diet sehat nih, dengan puasa bakal mudah menurunkan kadar kolestrolnya loh. Menurut seorang dokter, ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh.

  1. Mengontrol berat badan

Ini nih yang biasanya di incar para perempuan. Kontrol berat badan. Seiring dengan terbakarnya lemak tubuh tadi, maka akan terjadi penurunan berat badan yang berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh kita. Tetapi hal ini harus di imbangi dengan jumlah porsi makan sahur dan buka puasa juga ya.

  1. Proses detoksifikasi atau menurunkan racun.

Cadangan lemak tubuh yang kita miliki ini akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh kita. Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

  1. Meningkatnya rasa nyaman, ketajaman berpikir, dan fungsi otak.

Beberapa hari setelah berpuasa, hormon endorfin dalam tubuh kita akan meningkat. Hormon ini akan memberikan efek peningkatan ketajaman pikiran dan juga perasaan nyaman bagi diri Sahabat Kemah. Orang yang berpuasa akan juga mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, hal ini akan menurunkan tingkat stress yang lagi dialami Sahabat Kemah.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan.

Berpuasa bisa bikin tubuh lebih sehat dan kebal dari penyakit loh, Sahabat Kemah. Kadar limfosit kita akan mengalami peningkatan 10 kali lipat dan ini akan membuat tubuh kita kebal dari serangan virus sehingga tubuh kita jadi sehat.

  1. Terhindar dari kebiasaan buruk.

Dengan puasa kita tentunya akan mengurangi kebiasaan buruk kita kayak merokok atau makan cemilan yang kurang sehat. Karena itu kita akan menjalani pola hidup yang lebih sehat dan teratur. Selain itu kita bisa menghindari kebiasaan buruk lainnya seperti menahan nafsu. Seperti nafsu amarah yang lebih dapat kita kontrol saat bulan Ramadhan ini.

 Nah itu dia beberapa manfaat dari puasa. Cukup banyak kan manfaat dari puasa ini Sahabat Kemah. Dengan berpuasa yang baik dan sehat, bukan hanya tubuh kita saja yang sehat tetapi ternyata jiwa kita pun akan ikut sehat. So, selamat menunaikan ibadah  puasa ya Sahabat Kemah!

Source:

www.tribunnew.com

www.manfaatpuasa.com

klikdokter.com

ruangpsikologi.com

NHS Choices. Fasting and your health. [Available from: www.nhs.uk/Livewell/Healthyramadan/Pages/fastingandhealth.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *