PAKEM 2015 – Ta’aruf & PPMB

BANDUNG – Hari Senin (14/09) Fakultas Psikologi Unisba memulai pekan Ta’aruf & PPMB fakultas yang diresmikan secara simbolik oleh Dekan Fakultas Psikologi Unisba yaitu Ibu Lisa Widawati, Dra., M.Si, Psikolog. Ta’aruf fakultas ini bertujuan untuk pengenalan, baik antar sesama mahasiswa baru, dosen-dosen, kemah psikologi, dan lingkungan kampusnya. Kegiatan Ta’aruf ini mengharuskan mahasiswa baru untuk datang pada pukul 06.00 di salah satu check point yang telah dipersiapkan oleh panitia PAKEM 2015. Pada rangkaian Ta’aruf ini mahasiswa baru diperkenalkan dengan beberapa dosen di Fakultas Psikologi, bagian-bagian di Fakultas Psikologi lalu diberikan materi mengenai bidang peminatan Psikologi, materi mengenai sistem pembayaran di Fakultas Psikologi, dan mengenai sistem perkuliahan serta sistem SKS akademik maupun non-akademik.

Mahasiswa baru pun diperkenalkan pada anggota BEM-F dan DAM-F Psikologi. Panitia PAKEM 2015 memfasilitasi mahasiswa baru untuk mengenal lingkungannya dengan mengadakan kunjungan fisik ke Fakultas Psikologi, Laboratorium Psikologi, dan perpustakaan. Sedangkan Gedung Rektorat dan P4K diperkenalkan kepada mahasiswa baru melalui video yang telah dibuat oleh panitia. Pada hari kedua Ta’aruf, mahasiswa baru diberikan ujian akhir Ta’aruf yang berkaitan dengan kegiatan Ta’aruf selama dua hari tersebut. Kegiatan Ta’aruf ini setiap harinya ditutup dengan acara fasi time dimana mahasiswa baru berkumpul degan kelompoknya masing-masing beserta fasilitator dari setiap kelompoknya.

DSCF5916x
BANDUNG – Selasa (15/09/2015) Mahasiswa baru sedang melaksanakan kunjungan fisik pada hari ke-2 Ta’aruf Fakultas Psikologi. (Foto oleh: Indira Aulia Syafira)

“Alhamdulillah semuanya lancar, planning  yang udah dibuat terealisasi semua, kerjasama panitia dan koordinasinya selama Ta’aruf udah mantap banget. Walau ada missed di hari pertama waktu baru lihat fenomena maba bisa kita tutupi dan perbaiki dengan membuat strategi yang lebih baik di hari kedua.” Ujar Alawiyah (2013) selaku koordinator rangkaian Ta’aruf, “Pertahankan aja semangatnya ya teman-teman 2015 sampai rangkaian PPD nanti. Jangan lupa di cek webnya yes!” Ajeng (2013), koordinator acara Ta’aruf, menambahkan.

Setelah dua hari melaksanakan kegiatan Ta’aruf, pada hari Kamis (17/09) mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti rangkaian PAKEM selanjutnya yaitu PPMB. PPMB ini mengarahkan mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri dalam proses perkuliahan. Kegiatan PPMB mengharuskan mahasiswa baru untuk hadir sebelum pukul 06.30. Di rangkaian PPMB hari pertama dan kedua, beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan tugas yang telah dikerjakannya dan diberikan feedback oleh panitia berkaitan dengan hasil presentasinya.

_DSC0056x
Jumat(18/09/2015) Perkenalan UKM-F Kabaret Ungu saat PPMB hari ke-2 di Student Center Unisba. (Foto oleh: Nyimas Siti Intan S.)

Pada hari terakhir PPMB, Sabtu (19/09), mahasiswa baru menjalani evaluasi mengenai rangkaian PPMB yang telah dilalui. Mahasiswa baru harus mengerjakan soal evaluasi tertulis, lalu mahasiswa baru mendapatkan feedback dari evaluator berkaitan dengan tugas akhir yang telah dikerjakan, dan mahasiswa baru diminta untuk mengisi kuisioner evaluasi kegiatan PPMB lalu bermain games  sambil menunggu giliran untuk evaluasi.

Kedua rangkaian PAKEM 2015 yang diselenggarakan di Student Center Unisba selama lima hari ini berjalan dengan lancar. Elfrida(2013) selaku koordinator Acara PPMB memberi pesan untuk mahasiswa baru, “Semoga apa yang sudah diberikan di PPMB bisa bermanfaat di perkuliahan. Jadilah mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik dan aktif berorganisasi. Selamat menjadi mahasiswa Psikologi!”. Tri Nanda, ketua PAKEM 2015, menyampaikan, “Untuk taaruf sendiri secara keseluruhan kegiatan acaranya berlangsung lancar, hanya sedikit kendala teknis, dalam kegiatan taaruf sendiri sasaran PAKEM adalah para maba 2015 mulai mengenal lingkungan fisik dan psikis dari fakultas psikologi serta mengikuti aturan yang ada di psikilogi”. (Teks oleh: Indira Aulia Syafira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *