PAKEM PPMB 2019

Bandung, Rabu, 11 September 2019 Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia BEM-F Psikologi Unisba menyelenggarakan acara “PAKEM 2019: PPMB (Pembinaan Mahasiswa Baru) hari kedua” yang diselenggarakan di Kampus Unisba II Ciburial. Sejak pukul 06.30 pagi mahasiswa baru sudah mulai berdatangan ke kampus Unisba. Semuanya berkumpul di depan gedung baru sebelum bersama-sama memasuki aula. Sebelum memasuki aula, MC memainkan sebuah permainan dengan mahasiswa baru, terlihat mahasiswa baru begitu menikmati permainan untuk mengawali hari pertama PPMB.

Kegiatan hari pertama diawali dengan pembacaan Al-Qur’an agar segala kegiatannya diberkahi oleh Allah SWT. Acara selanjutnya adalah materi tentang Halo Psikologi yang dibawakan oleh Dr. Eneng Nurlaili Wangi S.Psi., M.Psi., Dosen Psikologi Unisba. Materi ini bertujuan untuk mengenalkan psikologi secara umum kepada mahasiswa psikologi agar lebih tahu dan lebih mengenal.

Materi yang dibawakan pada hari pertama PPMB ini fokus pada pengenalan perkuliahan dan strategi perkuliahan. Seperti pada materi ke dua yang dibawakan oleh Fanni Putri Diantina, M.Psi yang bertujuan untuk memperkenalkan tentang akademik dan laboratium psikologi di Unisba. Lalu materi 3, yang dibawakan juga oleh Fanni Putri Diantina, S.Psi., M.Psi yang menerangkan tentang manajemen waktu & belajar efektif. Materi terakhir yang dibawakan oleh Farida Coralia, S.Psi., M.Psi yang menerangkan tentang strategi perkuliahan membuat mahasiswa baru mengerti tentang perkuliahan. Kegiatan pun berakhir hingga tutor time pukul 14.30

Bandung, Kamis, 12 September 2019 Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia BEM-F Psikologi Unisba menyelenggarakan acara “PAKEM 2019: PPMB (Pembinaan Mahasiswa Baru) hari kedua” yang diselenggarakan di Student Centre Unisba Tamansari. Sejak pukul 06.00 pagi mahasiswa baru sudah mulai berdatangan ke kampus Unisba. Semuanya berkumpul di lapangan voli sebelum bersama-sama memasuki Student Centre. Terlihat para mahasiswa baru telah memperbaiki atribut yang menjadi bahan evaluasi pada PPMB hari pertama.

Setelah semua mahasiswa baru berkumpul, mereka bersama-sama dengan para tutor dan panitia lainnya berjalan menuju Student Centre. Kegiatan hari kedua diawali dengan pembacaan Al-Qur’an agar segala kegiatannya diberkahi oleh Allah SWT. Acara selanjutnya adalah sharing mahasiswa berprestasi dengan Fathiyya Nur Rahmani, mahasiswa psikologi Unisba angkatan 2016. Kegiatan sharing ini sangat menarik bagi mahasiswa baru karena mereka mendapatkan tips dan masukan agar bisa menjadi mahasiswa berprestasi.

Agenda hari ini terdiri dari tiga materi yaitu KTI, Teknik Membaca & Resume Textbook, dan Teknik Presentasi. Ketiga materi ini disampaikan oleh dosen Fakultas Psikologi Unisba yaitu Teh Stephani Raihana Hamdan, S.Psi., M.Psi, Teh Indri Utami Sumaryanti, M.Psi, dan Kang Vici Sofianna Putera, S.Psi., M.Psi. T. Semua materi disampaikan dengan baik dan memikat perhatian mahasiswa baru walaupun hari semakin siang. Sebelum materi ketiga diberikan, acara diselingin dengan kegiatan Mentoring BTAQ oleh Bompai. Mahasiswa baru dengan khusyuk membaca Al-Qur’an sesuai dengan arahan para mentor. Sampailah kita dipenghujung hari kedua PPMB, kegiatan terakhir yang dilakukan adalah tutor time. Mahasiswa baru duduk melingkar bersama dengan kelompok tutornya, berbincang dengan tutor, dan mendengarkan saat tutor menyampaikan informasi. Kegiatan PPMB kedua ini berlangsung sampai dengan pukul 14.30.

Bandung-Jumat, 13 November 2019. Mahahsiswa Psikologi Unisba telah melaksanakan kegiatan penerimaan keluarga mahasiswa atau yang disingkat PAKEM 2019 hari pertama dalam rangkaian Pembinaan Mahasiswa Baru.

Pada pukul 6.30 mahasiswa baru yang telah datang di arahkan ke lapang volley untuk dicek barang bawaan yang telah diperintahkan pada hari sebelumnya melalui web. Lalu mahasiswa baru tersebut diarahkan menuju gedung student center untuk selanjutnya membacakan ayat suci Al-Quran. Selanjutnya mahasiswa melakukan presentasi dari tugas yang sebelumnya telah diperintahkan di web. Pada pukul 9.50 mahasiswa baru menyaksikan materi pertama tentang manajemen stress oleh Anna Rozanna, S.Psi., M.Psi.yang selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan dengna mentoring BTAQ hingga ishoma. Setelah ishoma mahasiswa baru menampilkan yel-yel yang telah dibuat hingga kembali menyaksikan acara materi kedua yang bertajuk self evaluation oleh Dinda Dwarawati, S.Psi. M.Psi. dan materi terakhir oleh Eni Nuraeni N, Dra., M.Pd. tentang unit pelayanan konseling Acara pakem ini berlangsung hingga pukul 16.05 yang diakhiri dengan tutor time.

 

Hari terakhir PPMB dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 September 2019 yang dilaksanakan di kampus UNISBA Tamansari. Kegiatan diawali dengan cek barang bawaan seperti biasa, lalu para peserta melakukan olahraga yang dipandu oleh MC dan dua orang peserta yang dilaksanakan di lapangan parkir, para peserta terlihat menikmati kegiatan senam ini. Selepas olahraga para peserta diarahkan menuju Student Center untuk memulai kegiatan lain.

Setelah pembacaan ayat suci Al-Quran selesai, kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi yang dilakukan Kang Angga Yulio, S.Psi mengenai keorganisasian. Lalu setelah itu sharing ketua angkatan dari angkatan 2016, 2017, dan 2018 oleh Kang Randika, Kang Arie, dan Kang Bima yang dilakukan sesi Tanya jawab. Acara selanjutnya adalah pengenalan DAM-F dan BEM-F Psikologi Unisba yang membuat para peserta antusias dan penasaran. Setelah ishoma ada juga UPM Expo, kegiatan ini adalah pengenalan 5 UPM yang ada di Fakultas Psikologi Unisba yaitu  Kimpsi, Kabaret Ungu, PDC, Psychobask, dan Kajian Sinema.

Kegiatan selanjutnya adalah persembahan sebagai apresiasi kepada panitia PAKEM 2019. Peserta menampilkan sebuah video opini mereka mengenai PAKEM, para peserta bahkan para panitia menikmati acara ini. Sesudah itu general review, dibimbing oleh Teh Ayu Tuty Utami, M. Psi untuk mengulas kegiatan PPMB selama 4 hari yang telah dilaksanakan dan membahas mengenai esensi PAKEM. Kegiatan diakhiri dengan serah terima acara PAKEM kepada PPD dan tutor time.

 

Ditulis oleh:

Naufal Rizky Darmansyah, Staff MEDKOMINFO BEM-F Psikologi Unisba 2019/2020

Meilina Nur, Staff MEDKOMINFO BEM-F Psikologi Unisba 2019/2020

Muhammad Husni Muizz, Staff MEDKOMINFO BEM-F Psikologi Unisba 2019/2020

Adinda Ridha I., Staff MEDKOMINFO BEM-F Psikologi Unisba 2019/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *