Perlombaan Keilmuan “PSYFICTION”

BANDUNG – Pada hari Minggu, ( 23/10/16 ) Telah diselenggarakan program kerja dari departemen Pendidikan & Keilmuan yaitu “PSYFICTION”. Kegiatan ini adalah perlombaan keilmuan dengan mencakup 3 bidang lomba diantaranya adalah lomba debat, lombat cerdas cermat dan gagasan tulis. Acara ini bertujuan untuk mewadahi dan memfasilitasi mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba untuk mengembangkan potensi sekaligus bertujuan untuk menjaring mahasiswa yang berpotensi di bidang perlombaan keilmuan. Kegiatan ini berlangsung di 3 tempat terpisah yaitu di mini lecture gedung FK Unisba, ruang sidang Fakultas Psikologi Unisba dan Lab. Psikologi lt.3. Acara dimulai dengan sambutan dari pihak ketua pelaksana, ketua BEM-F Psikologi serta Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Unisba.

dsc_0278
Pembukaan acara PSYFICTION (Foto oleh : Lely Suchao)

Perlombaan debat  dilaksanakan di lab. Lantai 3. Pada perlombaan ini, tiap tim akan berhadapan dengan tim kelas lainnya yang sudah dipilih secara acak. Kemudian perwakilan panitia akan memberikan tos coin untuk memberi pilihan kepada tim untuk berada pada posisi pro atau kontra. Para peserta diwajibkan terlebih dahulu untuk membuat resume mengenai mosi-mosi yang telah diberikan panitia sebelumnya barulah memasuki ruangan untuk memasuki lomba debat. Setelah selesai, dewan juri juga tidak lupa memberikan feedback tentang performa dari masing-masing tim untuk dijadikan bekal agar bisa lebih baik lagi kedepannya.

img_3811
Perlombaan Debat PSYFICTION (Foto oleh : Sarah Fathia)

Untuk perlombaan cerdas cermat yang diselenggarakan di mini lecture FK Unisba dibagi dalam 3 babak, pada babak pertama tiap-tiap peserta mendapatkan persoalan yang harus mereka jawab kemudian hasilnya tersebut akan dirangking yang nantinya akan masuk pada babak 8 besar. Babak kedua dalam bidang lomba ini adalah babak benar-salah untuk mengeliminasi peserta hingga dapat diambil 5 besar dan babak yang terakhir adalah babak cepat tepat dimana para peserta diberikan amplop yang berisikan persoalan dan mereka harus menjawab ketika soal tersebut selesai dibacakan. Dari hasil jawaban peserta tersebut panitia akan merangking kembali hingga terdapat beberapa tim yang akan melaju ke babak final dan perlombaan gagasan tulis sendiri bertempat di ruang sidang Fakultas Psikologi Unisba, disini tim peserta dituntut untuk mempresentasikan kepdada dewan juri hasil gagasan tulis yang sudah dikerjakan selama kurun waktu satu bulan, ketika selesai mempresentasikan tim tersebut juga akan mendapatkan feedback dewan juri mengenai gagasan tulis yang sudah dipresentasikan.

dsc_0364
Perlombaan Cerdas Cermat PSYFICTION (Foto oleh : Lely Suchao)

Felia Rizkita selaku ketua pelaksana memberikan tanggapan “ alhamdulillah kegiatan pada hari ini berjalan dengan lancar meskipun ada beberapa kendala mulai dari ruangan-ruangan yang tersedia dirasa sempit yang berdampak susahnya menerapkan layout sesuai dengan rencana, kemudian dalam segi soal dan mosi yang dibuat sendiri oleh panitia menyebabkan ada beberapa soal yang bobotnya tidak imbang, namun saya tetap berharap dengan adanya acara ini bisa bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa sehingga bisa menjadi motivasi untuk mengikuti perlombaan keilmuan serta acara ini bisa terus ada dan bahkan bisa menyelenggarakan perlombaan secara eksternal “.

img_0629
Perlombaan Gagagasan Tulis PSYFICTION (Foto oleh : Nyimas Siti)

Babak semifinal & final Acara PSYFICTION ini akan dilanjutkan kembali pada hari Minggu, 30 Oktober 2016. Adapun tim yang lolos dalam babak penyisihan untuk lomba debat adalah kelas E 2015, Kelas A,B dan C 2013. Untuk tim lomba cerdas cermat adalah kelas A 2013 serta kelas A dan D 2014. Untuk tim yang lolos dari babak gagasan tulis sendiri masih dirahasiakan oleh panitia bersangkutan. Jadi jangan lupa untuk datang dan dukung teman-teman yang akan berlomba di babak semifinal & final PSYFICTION 2016.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *