PPD PAKEM 2015

KABUPATEN BANDUNG – Panitia Penerimaan Anggota Keluarga Mahasiswa Psikologi (PAKEM) Unisba 2015 kemarin menyelenggarakan rangkaian terakhir dari kegiatan PAKEM yaitu Pelatihan Pengembangan Diri (PPD) di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi, Kabupaten Bandung. Kegiatan PPD tahun ini diselenggarakan selama 3 hari, dari hari Kamis hingga Sabtu. Semua mahasiswa baru berkumpul di Kampus Unisba Tamansari sejak pagi hari yang dilanjutkan dengan kegiatan pengecekan barang bawaan peserta. Pada hari pertama PPD, semua mahasiswa baru diwajibkan untuk membuat tenda sendiri bersama dengan teman sekelompoknya di ground, beberapa tenda dibantu dibuat oleh panitia divisi akomodasi, dan di semangati oleh para fasilitator. Kegiatan berikutnya adalah pembahasan materi Johari Windows yang dilakukan oleh para fasilitator di tenda masing-masing. Setelah kegiatan pembahasan materi Johari Windows, mahasiswa baru diberikan pengarahan solo bivak untuk kegiatan di malam hari. Akbar, selaku koordinator rangkaian PPD, dan juga panitia divisi akomodasi memberikan tutorial cara membuat bivak dengan ponco dan juga pancang. Selesai shalat ashar, seluruh mahasiswa baru dikondisikan menuju titik bivak masing-masing dengan ditutup kedua matanya menggunakan syal psikologi dan diarahkan oleh panitia-panitia menuju titik bivaknya tersebut. Titik bivak berada di pintu masuk Kareumbi, jalur makadam dan ground B. Selama kegiatan solo bivak, mahasiswa baru diberikan tugas mengenai life event, my love story, what i believe?, dan changing my self talk yang harus dikerjakan di bivaknya menggunakan senter sebagai penerangan mereka, mahasiswa baru juga diharuskan tidur di bivak yang telah dibuatnya. Semua tugas yang diberikan di bivak ini berkaitan dengan sasaran teori yang dipakai yaitu mengenai self esteem. Di titik bivak ini, semua mahasiswa baru diawasi oleh para penjaga bivak dan evaluator. Kegiatan solo bivak ini dimulai dari magrib hingga pukul 03.00 dini hari, setelah itu mahasiswa baru dibangunkan untuk kembali ke tenda kelompok dan mempersiapkan shalat subuh.

Mahasiswa baru bermain games line making. (Foto oleh: Rezfia Pranesya)
Mahasiswa baru bermain games line making. (Foto oleh: Rezfia Pranesya)

Pada hari kedua ini, mahasiswa mengawali paginya dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh master game yaitu Hana dan Lisanidilanjutkan dengan sarapan pagi bersama. Kemudian mahasiswa baru diberikan evaluasi solo bivak yang telah diikutinya oleh para evaluator dan fasilitator. Di hari Jumat ini, mahasiswa baru laki-laki melaksanakan shalat jumat bersama dengan seluruh panitia dan pengawas, Kang Oki dan Kang Rizka, di ground, sedangkan mahasiswa baru perempuan makan siang di tenda masing-masing sekaligus sharing  dengan para fasilitator. Kegiatan berikutnya adalah kompetisi kelompok dipimpin oleh Ray, dalam kompetisi kelompok tracking ini mahasiswa baru bermain sarung race dan sungai coklat. Pemenang dari kompetisi games sungai coklat adalah kelompok abnormal dan pemenang dari games sarung race adalah kelompok pendidikan. Selanjutnya dalam kompetisi kelompok besar para mahasiswa baru bermain game kompetitif yaitu line making yang dipimpin oleh Ray, Dito, Ikhbal, dan Hana, tugas dari game line making ini adalah mahasiswa baru dari 4 kelompok besar harus mengambil bendera yang berada di panitia top management yaitu Siska, Dewanti, Hasna, dan Ratu Salma. Pemenang dari kompetisi kelompok besar ini adalah kelompok 4 yaitu kelompok 10, 11 dan 12. Pada malam hari, diadakan kegiatan api unggun di ground. Semua mahasiswa baru membuat lingkaran besar mengitari api unggun tersebut. Selama kegiatan api unggun, mahasiswa diberikan evaluasi dan motivasi oleh para evaluator dan dilanjutkan dengan apresiasi angkatan 2015.

Kegiatan api unggun di ground pada hari Jumat, 20 November 2015. (Foto oleh: Fitria Ghassani)
Kegiatan api unggun di ground pada hari Jumat, 20 November 2015. (Foto oleh: Fitria Ghassani)

Kegiatan utama di hari terakhir adalah tracking. Dalam tracking ini terdapat tiga cluster, yaitu cluster A yang berada di depan kandang rusa, cluster B berada di ground B, dan cluster C yang berada di daerah makadam depan FBH. Pada tiap cluster ini terdapat dua games dimana tiap games ini dibagi menjadi 2 pos sehingga setiap cluster terdapat 4 pos games. Pada cluster A terdapat games buta lumpuh dan caterpillar, pada cluster B terdapat games mission impossible dan moving ball, dan pada cluster C terdapat games trust and fall. Di setiap pos sudah terdapat penjaga pos yang memberi instruksi games dan juga evaluator yang memberi the brief dari setiap games yang telah dilakukan. Selesai shalat dzuhur, mahasiswa baru kembali dikondisikan di ground  untuk melaksanakan final project. Tugas mahasiswa baru dalam final project ini adalah mendapatkan bola pingpong untuk mendapatkan kotak peti di ketua pakem 2015 dengan cara mentransferkan air ke pipa dengan melewati 12 titik dengan cara transfer yang berbeda-beda. Mahasiswa baru berhasil mengeluarkan bola pingpong yang terdapat di dalam pipa, lalu Tri Nanda, selaku ketua PAKEM 2015 memberikan kotak peti kepada salah satu perwakilan mahasiswa baru dimana kotak tersebut berisikan pisau lipat untuk memotong tali penggulung banner penyambutan mahasiswa baru sebagai keluarga mahasiswa psikologi unisba. “Alhamdulillah semua rencana yang dipersiapkan panitia semua berjalan baik dan sesuai, yang terbaik adalah cuaca yang sangat mendukung, meskipun di hari pertama sempat turun hujan beberapa saat, namun di hari kedua dan ketiga sangat cerah. Saya sangat senang melihat keantusiasan peserta dan didukung penuh oleh semangat dari teman-teman panitia. Dan Alhamdulillah peserta dan panitia pulang dengan sehat dan selamat” ujar Tri Nanda. Naufan, selaku koordinator acara PPD menambahkan, “Syukur alhamdulillah acara PPD selama 3 hari 2 malam telah terlaksana. Sungguh sangat melegakan ketika seluruh kegiatan terlaksana dengan baik, peserta dapat mengikuti dengan sebagaimana mestinya dan panitia yang kompak dari setiap divisinya dapat mempersiapkan dengan baik. Pesan dari saya, semoga dari kegiatan kemarin memberikan kesan positif serta dapat mengambil makna atau maksud dari setiap kegiatan khususnya untuk peserta yang mengikuti maupun panitia yang menyelenggarakannya”, “intinya alhamdulillahirobilalamin semua proses terbayar dengan tercapainya tujuan pada hari pelaksanaan” tutup Akbar. (Teks oleh: Indira Aulia Syafira)

final project
Mahasiswa baru sedang melaksanakan final project. (Foto oleh: Hana Kurnia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *