PPMB HARI KE-3

BANDUNG – Pada hari Sabtu (16/09/2017) telah diselenggarakan acara PPMB ketiga. Kegiatan ini berlangsung di Student Center (SC). Acara ini diikuti oleh mahasiswa baru, yang dihadiri oleh perwakilan DAM, BEM, dan juga pihak akademik. Acara ini dimulai dari pukul 06.00 hingga 16.20 WIB. Di hari ketiga PPMB materi pun tetap diberikan kepada mahasiswa mengenai “Kekhasan praktikum” oleh pihak Lab Psikologi (Kang Rizka Hadian M.Psi, Teh Miki Amrilya W., M.psi dan Teh Fitriana) yang membahas tentang aturan-aturan, konsep praktikum, memperkenalkan jenis-jenis praktikum dan fungsinya, simulasi dan roleplay. Selanjutnya, dilanjutkan dengan materi mengenai Johari Windows oleh Bu Lelywati Idham, M.Psi.

 

Mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan dengan mahasiswa berprestasi psikologi, ketua angkatan dari tiga angkatan termuda (2014, 2015, 2016), sharing dan perkenalan BEM-F dan BEM-F Psikologi unisba oleh pengurus DAM-F dan BEM-F. Setelah itu, dilanjutkan dengan mentoring BTAQ oleh BOMPAI.

Perkenalan dan sharing bersama DAM (Foto oleh: Dini Maulidina)

Setelah ishoma, mahasiswa baru menjalani ujian akhir berupa tes tulis dari materi-materi yang telah diberikan dan menjalani sidang pemeriksaan tugas akhir di ruang kelas oleh tutornya masing-masing.

 

“Hari ketiga itu sirkulasi waktunya sangat cepat karena ada sidang tugas akhir maba yang dilakukan oleh peer tutornya, selain itu peer tutor harus sudah merekap nilai yang harus sudah ada bayanganya untuk maba terbaik dan kelompok terbaik. Karena kesigapan dari peer tutor semua kehectican itu pun teratasi dengan tepat waktu. Harapannya untuk mabanya dengan adanya PPMB ini adalah semoba teman-teman 2017 itu mulai memiliki kesadaran tentang manajemen waktu, menghargai usaha sendiri dan orang lain juga. Juga dengan adanya PPMB ini teman-teman 2017 mulai mengaplikasikan setiap esensi-esensi yang diberikan untuk dunia perkuliahan yang mulai dihadapi nanti senin tanggal 18 September 2017” ujar Salma Bella angkatan 2015 selaku koordinator Tutor.

 

Hari terakhir PPMB ini mahasiswa baru menampilkan apresiasi angkatan berupa nyanyian seluruh angkatan 2017 yang diiringi alat musik.

Apresiasi Angkatan (Foto oleh: Deani Indriani)

 

Mahasiswa baru pun diberikan sosialisasi penjelasan dan gambaran mengenai kegiatan PPD sekaligus mengenalkan panitia yang terlibat dalam acara PPD nanti. “Alhamdulillah, kalau acara PPMBnya mah berjalan dengan lancar, progress koordinasi antar panitia makin meningkat, acara berjalan smooth disaat perpindahan konten. Sedangkan dari mabanya juga menunjukkan progress, dari barang bawaan, atribut, dll nya sudah sesuai aturan. Tapi memang masih ada hambatannya. Hambatannya masih ada panitia yang terlambat saat briefing, masih ada yang tidak ikut briefing, masih ada panitia yang melanggar aturan terutama dari segi penampilan, misscom masih ada Cuma masih batas wajar dan masih bisa diatasi dengan baik. Masih ada satu rangkaian yaitu PPD, maba 2017 diharapkan dapat mengikuti PPD nanti karena disana kesempatan maba untuk mengembangkan diri serta mengevaluasi diri sehingga pada saat melewati  PAKEM 2017 ini maba sudah dapat beradaptasi di lingkungan  Psikologi Unisba baik dalam akademik, sosial, emosi dan berkomitmen pada Psikologi Unisba yang merupakan almamater kebanggaannya.” ujar Hilmy Iqbal selaku ketua PAKEM 2017 (Teks oleh: Wuri Dwi Novitasari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *