Proker BEM-F Psikologi #DiRumahAja

PROGRAM KERJA BEM FAKULTAS PSIKOLOGI UNISBA

BANDUNG- Dengan adanya pandemik Covid-19 ini, Unisba mengeluarkan Surat Edaran Rektor Nomor 198/A.18/Rek.k/III/2020 tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Infeksi COVID-19 di Lingkungan Universitas Islam Bandung, didalamnya terdapat larangan semua kegiatan kemahasiwaan yang bersifat intra dan ekstra yang melibatkan kerumunan. Dengan hal itu program-program kerja BEM Fakultas Psikologi Unisba yang telah direncanakan sebelumnya terpaksa harus dibatalkan. Dalam menyikap hal tersebut, maka beberapa departemen membuat kegiatan-kegiatan alternatif yang dilaksanakan secara online.


Pertama, Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia berkolaborasi dengan Kang Ahmad Mujaddid, S. Psi. untuk membuka pertanyaan yang dijawab melalui IGTV @bempsiunisba. Sesi tanya jawab ini bertemakan organisasi, sehingga walaupun dalam kondisi seperti ini mahasiwa dapat mengetahui hal-hal seputar berorganisasi. Lalu, Pada 20 Juni 2020, Departemen PSDM mengadakan webminar dengan narasumber Usamah Taqiyuddin selaku ketua MPA PPI Turki dan dimoderatori oleh Adeliani Biagi. Webminar ini mengangkat tema ‘Leadership Skills’ yang diharapkan dapat membangun bakat kepemimpinan dari para peserta yang mengikuti.


Kedua, Departemen Minat dan Bakat melakukan projek kolaborasi series dengan UPM Kajian Sinema, Kimpsi, dan juga Kabaret Ungu. Projek yang diunggah di Youtube BEM

Fakultas Psikologi Unisba ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan kerja sama antar UPM. Selain itu, untuk mengganti fun games yang tidak bisa diselenggarai secara langsung, saat bulan Ramadhan Departemen Minbak mengadakan tournament Mobile Legend secara daring agar dapat meningkatkan silaturahmi antar angkatan Fakultas Psikologi Unisba. Lalu, yang ketiga, pada bulan Mei lalu, Departemen PDK membuat template yang dibagikan di akun Instagram @bempsiunisba mengenai perbedaan anxiety dan psikosomatis, untuk memberikan edukasi dan menguji pengetahuan mahasiswa psikologi.

 

Selain itu, Departemen PDK berkolaborasi dengan Departemen Kerohanian dalam membuat video edukasi yang diunggah di IGTV Instagram @bempsiunisba. Video tersebut memberikan penjelasan mengapa seseorang dapat merasa kesepian saat social distancing ditengah pandemik, menariknya tidak hanya dijelaskan dari sisi psikologis, namun dijelaskan pula dari sisi agama.

Terakhir, karena adanya pandemic Covid-19 dan ditiadakannya kegiatan tatap muka, Departemen Medkominfo memanfaatkan Instagram story untuk memberikan games rutin dan juga berhadiah.

Tema yang angkat pun beraneka ragam, mulai dari psikologi, agama, hingga pengetahuan umum. Dibuatnya games rutin ini agar ditengah pandemik ini followers @bempsiunisba dapat terhibur selain itu menjadi alternatif dalam mengisi waktu luang keluarga mahasiswa psikologi agar lebih produktif.

 

Ditulis oleh: Adinda Ridha Intishar (Staff Medkominfo BEM-F Psikologi Unisba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *