Psychology Debate Championship

JAKARTA - Para peserta debat dari Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.
JAKARTA – Para peserta debat dari Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

JAKARTA-Pada tanggal 15-17 Oktober 2015 Fakultas Psikologi Unisba mengikuti pertandingan debat yang di selenggarakan oleh BINUS University. Acara tersebut bernama “Psy On” Psychology Debate Championship dan diselenggarakan di Kampus Anggrek BINUS University. Pertandingan skala nasional tersebut diikuti oleh 16 tim, yang terdiri dari Binus Universty, Universitas Sumatra Utara (USU), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Jendral Achmad Yani (Unjani), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Paramadina, Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida). Pertandingan debat tersebut bertemakan “Indonesian Culture”, dengan melihat dari tiga perspektif yaitu, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial.
Fakultas Psikologi Unisba mengirimkan 2 tim debat, Tim A terdiri dari Arienda Kayysu Rizqiany (2013), Deyla Fitriyani Kh (2013), Nadhira Anjaina (2013). Tim B terdiri dari Bella Novia Andiani (2013), Salma Amanillah (2013), Lulita Oktavia (2012). Pada pertandingan pertama babak penyisihan Tim A Unisba melawan UII dan dimenangkan oleh Tim Unisba dengan Margin 7,0 dan berada pada peringkat ke-4. Sedangkan Tim B melawan Univesitas Tarumanegara dan dimenangkan oleh Tim Unisba dengan margin 4,0 dan berada pada peringkat ke-7.
Petandingan kedua pada babak penyisihan, Tim A melawan Unair dan dimenangkan oleh Unair sehingga margin -6,7 menjadi 0,3 dan berada pada peringkat ke-7. Sedangkan Tim B melawan Universitas Paramadina dan dimenangkan oleh Tim Unisba dengan margin 7,5 dan margin total menajdi 11,6 dan berada pada peringkat ke-3.
Pertandingan ketiga pada babak penyisihan Tim A melawan Universitas Tarumanegara dan dimenangkan oleh Tim unisba dengan margin 2, sehingga margin total 2,4 dan berada pada peringkat ke-5. Sedangkan Tim B melawan USU dan dimenangkan oleh tim USU dengan margin -2, sehingga margin total menjadi 9,6 dan berada pada peringkat ke-4.

9B774F85-BF3C-4137-94D5-A81563DD38D9
Tim A dan Tim B berada pada peringkat 6 besar, sehingga masuk ke babak quarter final. Pada babak quarter final Tim Unisba A melawan Tim Unisba B dan dimenangkan oleh Tim B, sehingga Tim Unisba B lolos ke babak semi final. Pada babak semi final Tim Unisba B melawan Tim dari Universitas Airlangga, dan dimenangkan oleh Tim Universitas Airlangga. Sehingga Tim Unisba B mendapat peringkat ke-3 pada akhir pertandingan dan belum lolos ke grand final.
Congratulation Tim A Unisba yang telah lolos hingga babak quarter final dan Tim B Unisba yang lolos hingga babak semi final. Walaupun belum mendapat juara tapi tetap menjadi kebanggan Fakultas Psikologi Unisba. Semoga tidak pernah puas dengan apa yang telah dicapai. Terimakasih telah mengharumkan Psikologi Unisba dalam “Psy On” Psychology Debate Championship. (Teks oleh: Bella Novia Andiani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *