RBT’18 “Rumah Belajar Tamansari” Opening

BANDUNG- Sabtu, 14 April 2018 Departemen Sosial Masyarakat BEM-F Psikologi Unisba menyelenggarakan acara pembukaan Rumah Belajar Tamansari yang bertempat di RW 13, Gg. Hj. Unen, Tamansari Bandung.

Tujuan umum dari acara ini adalah memberikan edukasi kepada warga terutamai bu-ibu melalui parenting class dan mengedukasi adik-adik dengan metode fun learning disekitar Tamansari Bandung. Selain itu, acara ini menjadi sarana bagi mahasiswa Psikologi Unisba dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat.

Acara ini pertama-tama dimulai dengan sambutan yang sekaligus menjadi pembukaan dari acara RBT, sambutan disampaikan oleh Wakil Dekan III yaitu Teh Stephanie Raihana.

Sambutan oleh Teh Stephanie Raihana

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh perwakilan BEM Psikologi Unisba yaitu Rizki A selaku Sekertaris Umum BEM-F Psikologi Unisba.

Acara RBT ini merupakan program kerja Departemen Sosial Masyarakat, untuk itu sambutan dilanjutkan oleh Adelia Bialgi selaku Ketua Departemen Sosial Masyarakat yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.

Dan yang terakhir tentunya sambutan dari Ketua Pelaksana dari acara Rumah Belajar Tamansari yaitu Aulia. Setelah acara sambutan selesai, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-quran beserta terjemahannya yang dibacakan oleh Zulfickry dan Nurfaiza.

Pembacaan ayat suci al-quran dan terjemahan oleh Zulfickry dan Nurfaiza

Sampailah kepada acara inti yaitu Parenting Class yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para orang tua di sekitar Taman Sari, khususnya yang berada di RW 13. Materi yang disampaikan diantaranya adalah tugas pendidikan anak pada perspektif islam yang disampaikan oleh Ibu Lilim Halimah.

Penyampaian materi oleh Ibu Lilim Halimah

Setelah penyampaian materi selsai, maka diadakan sesi tanya jawab. Tidak hanya materi saja yang dipaparkan, namun para orang tua juga diberikan kesempatannya untuk bertanya. Para orang tua pun banyak yang berpartisipasi. Sedangkan, saat berjalannya acara parenting class ini anak-anak diajak bermain ke berbagai tempat, sesi tanya jawab merupakan rangkaian acara terakhir pada hari itu.

Saat berlangsungnya sesi tanya jawab
Suasana anak-anak diajak bermain ke berbagai tempat didaerah sekitar

“Persiapan acara ini sekitar satu bulan baik internal maupun eksternal. Selain itu, ada beberapa hal yang dipersiapkan jauh hari sebelum diselenggarakannya acara, diantaranya kurikulum, surat, dan sebagainya. Selama persiapan dan pelaksanaan acara tidak ada kesulitan yang berarti karena semuanya dapat ditangani dengan baik oleh panitia” menurut Adelia Biagi selaku Penanggungjawab acara. Beliau juga mengatakan bahwa BEM-F Psikologi Unisba mengontol penuh dan mengetahui hal-hal kecil sampai hal-hal yang besar
sehingga acara berjalan lancar.

Kesan dan harapan terhadap acara RBT menurut Ketua Pelaksana yaitu Aulia Millatina, “kagum karena ada kegiatan social seperti RBT, menambah wawasan dan cara pandang kita dalam menghadapi sesuatu dan harapannya adalah semoga kita semua dapat saling merasakan manfaatnya, lebih baik untuk acara kedepannya, lebih banyak inovasi inovasi baru dari kami panitia, dan masyarakat lebih mengenal mahasiswa Psikologi Unisba”.

Kesan dan pesan dari acara ini pun disampaikan oleh Ibu RT, “acara ini sangat terkesan karena anak-anak dan ibu-ibu mendapatkan edukasi, selain itu biasanya untuk mengumpulkan ibu-ibu itu sulit, dengan adanya acara ini ibu-ibu dapat berkumpul sekaligus menjalankan tali silahturahmi, dan harapannya adalah semoga acara ini dapat dilakukan terus menerus bukan hanya sekali saja.”

 

Sedangkan menurut Penanggungjawab acara “semoga proker ini menjadi proker yang menciptakan progres di setiap tahunnya, ada yang dapat diubah, dan menjadi program yang diharapkan kembali oleh masyarakat.”

 

Teks ditulis oleh: Nadia Ayu Safira & Kirana Salma Dewi (Staff Departemen
MEDKOMINFO)


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut cuplikan singkat mengenai rangkaian “Opening RBT’18”

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *