“ROBOTIC” RUMAH BELAJAR TAMAN SARI #2

BANDUNG – Pada hari minggu (16/04/17) Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung menyelenggarakan kegiatan Rumah Belajar Tamansari #2 dengan Tema Robotic yang bertempat di Taman Film Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan rumah Belajar Tamansari yang diselenggarakan secara rutin selama 5 kali pertemuan yang di mulai dari bulan maret sampai bulan juni 2017. Pada Kegiatan kedua yang bertemakan robotic ini bertujuan untuk memberi ilmu yang tidak didapatkan di sekolah yakni dengan belajar sambil bermain. “tema robotic ini dipilih karena robotic ini dirasa menarik dan mudah dalam pengerjaannya” ujar Mesayu selaku Ketua Pelaksana.  Kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta anak-anak dari warga RT 13 dan RW 14 Tamansari yang didampingi oleh 11 fasilitator yang terdiri dari mahasiswi-mahasiswi angkatan 2014,2015, dan 2016 fakultas psikologi Unisba.

 

Pada pelaksanaannya, peserta berkumpul di kampus Unisba dan pergi bersama-sama menuju Taman Film di Jalan Tamansari No. 66 (dibawah jembatan layang Pasupati) Bandung. Kegiatan  ini dibuka oleh MC yaitu Riesty Indah Fauziani angkatan 2015.  Lalu peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok yang dipilih secara acak dengan cara bermain, Tampak para peserta sangat antusias dan semangat untuk mengikuti permainan tersebut.

Para peserta berlari, berputar dan bernyanyi bersama yang dipandu oleh Riesty selaku MC, dan terbentuklah 6 kelompok yang terdiri dari 5 sampai 7 orang peserta.  Lalu MC memberikan name tag pada tiap-tiap kelompok yang berisi nama kelompok beserta fasilitator yang mendampingi para peserta selama kegiatan berlangsung. Nama-nama kelompok tersebut terdiri dari nama buah-buahan yang tentunya sangat akrab didengar oleh anak-anak, yaitu kelompok pisang, kelompok stroberi, kelompok mangga, kelompok anggur, kelompok apel, dan kelompok semangka. Lalu peserta duduk sesuai dengan kelompoknya tersebut. ketika MC mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah bermain robot, para peserta bertepuk tangan dan tampak sangat antusias.

MC memperkenalkan pemateri yang ahli di bidang Robotic yaitu kang Swido salah satu mahasiswa Teknik Elektro dari Universitas Telkom. Kang Swido Bertanya kepada para peserta mengenai apa yang mereka ketahui tentang robot, dan salah satu peserta yang bernama irsyad dari kelompok pisang menjawab bahwa robot itu adalah mesin yang bergerak lalu kang Swido menjelaskan lebih lanjut bahwa “robot adalah benda yang dibuat dari kelistrikan yang bisa bergerak, robot itu sebenarnya bisa jalan dan dimungkinkan untuk terbang. “

 

Setelah diberikan penjelasan, tibalah saatnya para peserta diberikan kesempatan untuk merakit   robot dan menghias hasil rakitannya tersebut secara berkelompok.  Hal tersebut menimbulkan rasa kerjasama, kreatifitas, mengenal antara satu dengan yang lainnya dalam kelompok, sehingga para pesertapun bersemangat untuk merakit robotic tersebut. ketika merakit robot, para peserta sangat fokus dan tampak mengatur strategi antar satu dengan yang lainnya agar robot tersebut berjalan dengan baik. lalu ketika ketika robot telah selesai MC pun bertanya kepada para peserta mengenai nama dari robot tersebut, mereka menamakannya dengan sangat beragam salah satunya adalah kelompok anggur yang memberi nama robotnya dengan sebutan mobil pengantin.

Lalu, para peserta berlomba untuk memasukan bola ke dalam gawang dengan menggunakan robot yang telah dirakit. Tampak tiap-tiap dari kelompok tersebut menyusun strategi agar bola masuk ke dalam gawang yang dituju. Sampai pada akhir acara para peserta masih tetap semangat dan tampak raut wajah ceria terpampang di wajahnya. “kesannya Alhamdulillah seru, para pesertanya antusias dan harapannya anak-anak bisa lebih bermain dan dapet ilmu dari permainan itu” ujar Nida selaku Koorniator acara. “Saya sangat bersyukur anak-anak datang lebih dari yang saya kira, dan seneng ngeliat antusias anak-anak hari ini, niat kami bermain sambil belajar  dan ingin berbaur sama warga tamansari. Pokoknya acaranya seru” ujar Mesayu selaku Ketua Pelaksana.

 

(Teks oleh: Bintan Rahma Fadilla)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *