Rumah Belajar Tamansari Batch 1

Bandung- Minggu, 20 oktober 2019 BEM-F Psikologi Unisba telah menyelenggarakan acara RBT (Rumah Belajar Tamansari) yang merupakan Program Kerja Departement Sosial Masyarakat. Acara ini bertempat di Pelataran Fakultas Psikologi Gedung Khez Muttaqien. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada warga tamansari agar khususnya anak-anak dan orang tua.

Pada batch pertama RBT kali ini bertema eco Friendly. Anak-anak diajarkan untuk mencintai lingkungan dan bagaimana caranya menanam tanaman. Pada minggu pertama ini anak-anak diberi tahu tentang bahan-bahan apa saja yang bisa digunakan untuk didaur ulang.

Persiapan acara dimulai pada pukul 6.30 di mana panitia melakukan briefing. Pada pukul 07.00 panitia mulai menjemput anak-anak dan orang tua di lingkungan rumah tamansari menuju kampus UNISBA untuk selanjutnya kumpul di Pelataran Fakultas. Lalu pada pukul 08.00 acara dimulai yang dibuka oleh MC lalu pembacaan ayat suci Al-Quran, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan yang diawali oleh ketua pelaksana yaitu Silvia, lalu dilanjutkan sambutan oleh ketua BEM-F Psikologi Fazrin dan perwakilan fakultas.

Pada pukul 8.45 para orang tua masuk ke dalam fakultas untuk diberikan materi mengenai parenting class, sementara untuk anak-anak, fasilitator dan anak-anak membuat kelompok dan juga name tag. Pada pukul 10.00 anak-anak memperkenalkan diri mereka sendiri bersama fasilitator di dalam kelompoknya masing-masing. Kegiatan ini berlanjut hingga pada pukul 10.15 materi daur ulang diperkenalkan pada anak-anak. Anak-anak dan orang tua terlihat menikmati acara yang memiliki banyak manfaat bagi warga Tamansari ini. Acara pada minggu pertama ini berakhir sampai pada pukul 11.30, anak-anak dan orang tua pulang ke rumah masing-masing dan pada Batch satu ini acara akan dilanjutkan pada tanggal 2 november 2019.

Sabtu. 2 Novemer 2019 acara RBT kembali dimulai dengan mengusung tema yang masih sama yaitu eco friendly. untuk minggu kedua ini acara dilaksanakan di PAUD Karangsari RW 13, tamansari. Acara kali ini berlangsung lebih meriah karena kali ini acara berfokus pada praktik tidak hanya materi.

Pada pukul 7.30 hingga pukul 8.30 panitia berkumpul di PAUD dan melakukan briefing kegiatan. Pada pukul 8.30 panitia mennjemput anak-anak dan orang tua menuju PAUD Karangsari RW 13. Selanjutnya pukul 9.00 acara dimulai dengan dibuka oleh MC dan pembacaan ayat suci Al-Quran. Lalu pukul 9.30 panitia mulai membagi alat-alat untuk menanam tanaman. Tanaman yang ditanam kali ini adalah kacang hijau. Pada pukul 9.45 anak-anak mulai menanam tanaman bersama  kelompoknya dengan media yang telah diberikan. Anak-anak terlihat bahagia dengan menanam pohon dan hal ini membuat orang tua dan anak-anak menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Pada pukul 10.30 hingga pukul 11.30 acara berlangsung lebih seru,  panitia bersama anak-anak membuat kerajinan yang dengan menggunakan bubur kertas. Acara berakhir pada pukul 11.50 sebelum itu anak-anak mencuci tangan dan melaksanakan snack time.

Menurut ketua pelaksana yaitu, Silvia “setelah melaksanakan kegiatan RBT ini banyak mendapatkan pengalaman, khususnya dapat mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang psikologi dan direalisasikan ke masyarakat secara langsung. Seperti pola asuh yang baik kepada anak dan cara memberi pengetahuan yang sesuai perkembangannya seperti apa. Selain itu, juga dapat mengasah kemampuan softskill seperti public speaking.

Ditulis oleh: Muizz (Staff Medkominfo BEM-F Psikologi Unisba 2019/2020)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *