Seberapa Pentingkah Tertawa Bagi Tubuh Kita?

9Selamat siang kawan ☀☀☀
Selamat menjalankan aktivitas di weekendnya ya teman – teman!!
Eittss..
Jangan lupa untuk tertawa karena ternyata tertawa memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, penasaran kan? sempatkan waktu membaca artikel KIMPSI yang satu ini ya ?

?Seberapa Pentingkah Tertawa Bagi Tubuh Kita?
Tertawa merupakan ekspresi kebahagian yang muncul secara spontan tanpa bisa direkayasa. Berbeda dengan senyuman yang hanya menarik sudut bibir ke samping, tertawa umumnya mengeluarkan suara unik dan berbeda pada masing-masing orang. Selama ratusan tahun, tertawa dikenal sebagai obat herbal alami karena efek fisiologis humor yang bermanfaat bagi mental atau jiwa setiap manusia.

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh. Yuk simak apa saja diantaranya :

1. Mengurangi Stress
Hormon stress seperti epinephrine dan cortisol diketahui cenderung menurun setelah anda tertawa.
Stress fisik dan emosional dapat menghambat keluarnya hormon prolaktin, insulin, tiroid yang berfungsi kebalikan dari hormon epinephrine dan cortisol.

2. Mengatasi Kesedihan
Menanggapi kesedihan dengan tawa dapat membuat pikiran, tubuh dan jiwa tenang dan nyaman.

3. Melancarkan Peredaran Darah
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat melebarkan endotelium, yaitu jaringan yang menyusun lapisan darah, dan memungkinkan darah mengalir lebih baik.

4. Setara Latihan Berat
Menurut Peneliti tertawa 100 kali setara dengan energi 15 menit pada mesin dayung sama seperti olahraga, tertawa membuat orang cenderung mengambil nafas yang berfrekuensi cepat, hal ini dapat membantu asupan oksigen bagi tubuh.

5. Menurunkan Gula Darah
Menurut studi, terapi dengan tertawa dapat mempengaruhi sistem neuroendokrin dan mempercepat penggunaan glukosa oleh otot yang aktif.

6. Penghilang Rasa Sakit
Dengan tertawa, anda dapat merangsang keluarnya hormon endorphin yang membantu meningkatkan kebahagiaan dan mengatasi nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *