RUMAH BELAJAR TAMANSARI #4 TEMA “SEJARAH”

 

Foto seluruh panitia dan peserta di Museum Konperensi Asia Afrika (Foto oleh: Dinni Maulida)

BANDUNG – Pada hari Minggu (21/05/17) Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung menyelenggarakan kegiatan Rumah Belajar Tamansari #4 dengan tema “Sejarah”. Pada kegiatan keempat ini mempunyai tujuan untuk memperkenalkan sejarah Konperensi Asia Afrika (KAA) kepada anak-anak. Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta anak-anak dari warga RT 13 dan RW 14 Tamansari yang didampingi oleh 7 fasilitator.

 

Peserta berkumpul di kampus Unisba Tamansari pada pukul 09.30. Sebelumnya, anak-anak dibagi sesuai dengan kelompoknya dan diberi name tag sebagai pembeda pada setiap kelompok. Setelah semuanya siap, panitia dan peserta langsung berangkat menuju Museum Konperensi Asia Afrika yang bertempat di jalan Asia Afrika nomor 65 menggunakan bus. Di sepanjang perjalanan menuju museum, Aulia Maharani angkatan 2015 selaku Koordinator Kurikulum memberikan penjelasan singkat untuk memperkenalkan tentang Konperensi Asia Afrika. Anak-anak tampak begitu antusias dan semangat untuk mengunjungi museum tersebut. Setelah sampai Museum Konperensi Asia Afrika, peserta dipersilahkan duduk untuk diberikan materi mengenai sejarah Konperensi Asia Afrika oleh tour guide di museum tersebut.

 

Setelah selesai mendengarkan cerita dari tour guide, peserta diperbolehkan untuk melihat-lihat seisi museum sambil didampingi oleh fasilitator masing-masing. Fasilitator menjelaskan foto tokoh-tokoh atau benda-benda bersejarah yang ada disana kepada anak-anak sehingga anak-anak menjadi tahu tokoh-tokoh sejarah dari museum tersebut.

 Fasilitator menjelaskan benda-benda bersejarah yang ada di museum kepada peserta (Foto oleh: Dinni Maulida)

Selanjutnya, para peserta di kumpulkan kembali dan dibawa menuju ruangan besar dimana tempat tersebut dulu menjadi tempat para tokoh-tokoh Konperensi Asia Afrika berkumpul. Panitia memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait sejarah di Museum Asia Afrika oleh Nida angkatan 2014 dan Aulia Maharani angkatan 2015. Anak-anak pun antusias untuk menjawab dengan mengacungkan tangannya, jawaban yang benar diberi hadiah yang telah disediakan. Ada dua anak yang menjawab dengan benar, yaitu Asti dan Bintang. Kemudian, dilanjutkan dengan menonton film bersejarah tentang Konperensi Asia Afrika di ruangan khusus. Setelah menonton film, anak-anak kembali dibawa menuju tempat sebelumnya dan diberi pertanyaan kembali terkait film yang telah ditonton. Anak-anak bisa menjelaskan isi dari film tersebut dan menjawab pertanyaan dengan benar. “Di dalem tadi dapet pelajaran bisa ngenal sejarah dulu, bisa tau Konperensi Asia Afrika, dapet hiburan, dapet hadiah juga. Jadi rame.” ujar Asti, salah satu peserta Rumah Belajar Tamansari yang mendapatkan hadiah karena menjawab pertanyaan.

 

Peserta diberi pertanyaan terkait sejarah Konperensi Asia Afrika (Foto Oleh: Dinni Maulida)

Tour selesai pada pukul 11.50 anak-anak dikumpulkan kembali untuk makan siang dengan makanan masing-masing yang telah dibawa dari rumah. Nida angkatan 2014 selaku Koordinator Acara RBT mengatakan  “tujuan dari acara ini supaya anak-anak lebih tahu sedikit sejarah Indonesia, tentang Asia Afrika itu kayak gimana. Anak-anak juga bisa sambil main, jadi belajar tuh gak monoton harus di tempat belajar atau dimana gitu, tapi kita bisa belajar sambil bermain. Anak-anaknya juga Alhamdulillah baik-baik, tour guide disana juga baik, anak-anaknya juga pada nurut, antusias juga yang sekarang ikut tuh, gak bandel hehehe”.  Setelah makan siang selesai, peserta dan panitia kembali ke bus untuk pulang menuju kampus Unisba Tamansari (Teks Oleh: Wuri Dwi Novitasari).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *