Seminar Cinematography

BANDUNG – Pada hari Sabtu (04/06/2016) telah diselenggarakan Seminar Cinematography yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi yang semakin erat antar mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba dan mengembangkan ilmu pengetahuan tentang Cinematography dan perfilman untuk bisa dipakai dalam rencana pembuatan produksi film. Acara seminar di dahului dengan pembukaan oleh ketua Kajian sinema yaitu Aryo. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari narasumbernya, yaitu Hanief Jerry M,Sn yang akrab dipanggil ‘bang jerry’.

IMG_5095
Hanief Jerry M,Sn sebagai narasumber menjelaskan materi (Foto Oleh : Nadya Suci)

Diawal pembicaraan disediakan 2 film pendek. Masing-masing film tersebut dikaji dari berbagai bagian. Seperti design film nya, pengambilan gambarnya, skenarionya, bahasa visualnya dan lain lain. Menurutnya setiap pembuatan film harus diperhatikan detail detail dalam pengambilan gambarnya.

IMG_5122
Peserta seminar bertanya kepada narasumber (Foto Oleh : Nadya Suci)

Pada film pertama yaitu film pendek berjudul “deadline”, film pendek ini dikaji dari awal sampai akhir. Dari cara pengambilan gambar yang harus menggunakan ‘tripod’ agar tidak bergetar gambarnya, gambar-gambar yang harus berkesinambungan, detail detail seperti adanya benda yang tidak bermakna muncul dalam frame film, angin yang mengakibatkan dapat menganggu penampilan pemain, masuknya pemain baru yang harus ada kausalitas di dalamnya. Menurutnya dalam membuat film pendek pada level pemula, boleh menggunakan hanya dua aktor saja untuk memudahkan pemgambilan gambar.

IMG_5148
Hanief Jerry M,Sn memberikan materi dengan sebuah peragaan (Foto Oleh : Nadya Suci)

Menurut Izzudin Ali, mahasiswa psikologi angkatan 2014 yang hadir dalam seminar sebagai peserta, “Acaranya bagus. Membuka wawasan baru, dan menambah ilmu baru”. Ali berharap acara seminar ini rutin dilakukan karena sangat banyak manfaat nya dan ilmu yang dapat di petik dari cinematography. (Sumber : Vella Nafisahdini)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *