Seminar Kesehatan Mental “Mental Health Begin With Me”

BANDUNG – Sabtu, 08 Oktober 2016 Departemen Pengabdian Masyarakat BEM-F Psikologi Unisba Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental menyelenggarakan kegiatan seminar “Mental Health Begins With Me”  Sebuah seminar yang bertemakan bagaimana cara membentuk mental yang sehat pada anak. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 92 peserta yang merupakan kalangan mahasiswa-mahasiswi psikologi dari berbagai Universitas dan berbagai kalangan lainnya. Acara Mental Health Begins With Me ini dibuka oleh MC yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2014, Gumelar dan Mesayu Nurizka yang merupakan mahasiswa fakultas psikologi unisba Angkatan 2015, dan dengan sambutan dari Wakil Dekan I Fakultas Psikologi yaitu Ibu Milda Yanuvianti, S.Psi, MA. Narasumber dari acara ini adalah Ibu Liya Dinnia S.Psi. selaku konselor Family Test (Day Care, Play Group, TK, Paud Dhuafa) dan DR. H Agus Sofyandi Kahfi, Drs, M.Si yang merupakan Dosen Fakultas Psikologi Unisba. Selain itu yang menjadi moderator dalam kegiatan ini yaitu Faisal Wisnu yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2011. Acara yang memperingati Hari Kesehatan Mental ini di sponsori oleh Prodia, Amanda brownies dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan bekerjasama dengan suara mahasiswa Unisba.

Processed with VSCO
Pemberian materi oleh DR. H Agus Sofyandi Kahfi, Drs, M.Si (Foto oleh: Lely Kamlia)

Dalam kegiatan ini membahas mengenai kesehatan mental anak yang bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan mental anak kepada mahasiswa dan masyarakat umum. Secara garis besar, pengertian kesehatan mental adalah terhindarnya orang dari gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala penyakit jiwa (psychose). Maka dapat dikatakan orang yang sehat mentalnya ialah orang yang terhindar dari segala gangguan dan penyakit jiwa. faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental yaitu faktor internal seperti faktor genetika dan faktor eksternal seperti kondisi fisik dan faktor lingkungan. Dan Ibu Liya Dinnia selaku narasumber juga memaparkan mengenai gangguan kesehatan mental pada anak, yaitu gangguan kebiasaan, gangguan psikologis, gangguan perilaku, gangguan tidur dan gangguan kecemasan. “acaranya sangat bermanfaat untuk kita terutama mahasiswa Psikologi, karena kita akan menyehatkan mental orang lain maka kita harus sehat mental duluan” Ujar Mesayu selaku MC acara.

dsc_0039
Penampilan hiburan musik (Foto oleh: Lely Kamlia)

Dari kegiatan ini pun banyak sekali manfaatnya menurut Arfan Agung Gumelar selaku Ketua BEM-F 2015-2016 sehingga beliau mengatakan “setelah selesainya acara ini diharapkan mahasiswa memiliki keinginan untuk terjun langsung ke masyarakat karena kesehatan mental itu kita perlu terjun langsung ke masyarakat dan tak lupa kesehatan mental itu harus diawali oleh diri kita sendiri. Dan harapannya agar acara seoerti seminar kesehatan mental untuk memperingati hari kesehatan mental ini akan berlangsung setiap tahun”. Para peserta terlihat sangat antusias ketika diumumkan adanya pembagian doorprize yaitu voucher Prodia yang berjumlah Rp. 1.000.000 untuk 5 orang pemenang. Dan para peserta terhibur oleh penampilan vocal group dari perwakilan mahasiswa/I Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2014. Tujuan acara ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan mental anak kepada mahasiswa dan masyarakat umum sehingga diharapkan mahasiswa dan masyarakat paham mengenai kesehatan mental. “Tema Mental health begins with me dipilih karena sehat mental itu bisa dimulai dari diri sendiri sebelum kita mengajarkan kepada orang lain dan acara ini Walaupun terjadi miskom antar divisi dan moderator yang tiba tiba cancel karena tidak dapat hadir, tetapi Alhamdulillah acaranya berjalan lancar” menurut Sabila Ishmah selaku ketua pelaksana. (Teks oleh : Bintan Rahma Fadila)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *