Studi Psikologi #3 “A Trip To Brighten Your Future”

20151012_1658
BANDUNG – Foto bersama seluruh peserta beserta pembimbing dan panitia dengan pemateri dari ketiga bidang psikologi pada acara stupsi #3. (Foto Oleh : Lisani)

BANDUNG – Minggu, 11 Oktober 2015 Departemen Hubungan Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung menyelenggarakan sebuah acara yang bernama “Studi Psikologi #3”. Kegiatan Studi Psikologi merupakan kegitan yang diselenggarakan secara rutin oleh departemen humas bem-f psikologi unisba setiap tahunnya. Kegiatan studi psikologi ini bermanfaat untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mengetahui bagaimana aplikasi secara langsung ilmu psikologi dalam bidang pekerjaan.

 

Pada Studi Psikologi #3 kali ini, tema yang diambil adalah “A Trip To Brighten Your Future”. Latar belakang diambilnya tema ini karena untuk membuka wawasan mahasiswa fakultas psikologi unisba dalam tiga bidang psikologi diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) dan Psikologi Pendidikan, agar mahasiswa fakultas psikologi unisba lebih tergambar bagaimana aplikasi yang lebih nyata dari ilmu khususnya ketiga bidang psikologi tersebut. Tempat yang ditujunya untuk Psikologi Klinis di Rumah Sakit Centra Medika, PIO di PT LG Inotech dan Psikologi Pendidikan di President School yang ketiganya bertempat di Cikarang, Jawa barat.

 20151012_2430

Pemateri dalam acara yang bertemakan “A Trip To Brighten Your FutureFinandita Utari, M.Psi, Psychologist, Nurfatimah Mani, Psikolog, Rakino, SE, SH dan Gustyana Indrasmitha, S.Psi, MM, CHLTP. Pada saat sampai pada tempat pertama yaitu dari bidang Psikologi Klinis di RS Centra Medika Cikarang menjelaskan tentang bagaimana penanganan dan terapi untuk anak-anak yang mengalami masalah psikologis, selain itu juga diperlihatkan ruangan-ruangan untuk anak-anak yang menjalani terapi. Selanjutnya, dari bidang Psikologi Pendidikan, menjelaskan bagaimana tata ruang kelas yang diatur dan sekaligus terdapat ruangan-ruangan untuk membantu anak-anak yang membutuhkan tidakan psikologis. Pada tujuan terakhir  adalah dati bidang psikologi industri dan organisasi, pemateri menjelaskan apa yang dilakukan seorang lulusan psikologi dalam bidang tersebut dan juga pekerjaan yang menjadi bagian dari psikologi khususnya dalam jabatan HRD yang tidak hanya terdapat lulusan psikologi tetapi juga terdapat lulusan lain seperti dari fakultas hukum.

Pada kegiatan kali ini berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Peserta yang mengikuti kegiatan stupsi sebanyak 104 peserta ditambah dengan pembimbing dari fakultas yaitu kang Oki Mardiawan., M. Psi, pengawas dari Dam-F Psikologi Unisba yaitu kang Egy Guntara (2013) serta dari Bem-F Psikologi Unisba yaitu kang AF Mirza (2012).

 20151012_5812

“Stupsi #3 kemarin acaranya oke sih kalau kata aku. Konten psikologi nya dapet banget. Jadi, meski dalam satu hari, bidang-bidang itu (perkembangan, klinis, pendidikan, pio) bisa keseret masuk. Teknis nya juga rapi, termsuk fasilitas nya juga enak. Cuma sayangnya karena di hari minggu, kitanya tidak bisa meliat keseharian orang-orang terkaitnya dan penyampaian materi jadi kepadetin gitu. All out sih mantap!” Putri Resty (2012)

“Terimakasih untuk kegiatan stupsi 2015 ini. Semoga kegiatan ini banyak bermanfaat untuk kita dan lingkungan. Saya dan kawan-kawan insyaallah menanti kegiatan stupsi selanjutnya”  Aulia Maharani Nur (2015)

 20151012_7617

Begitulah kesan-kesan yang disampaikan oleh peserta. Selain itu terdapat juga beberapa masukan-masukan untuk stupsi kedepanya seperti lebih menjelaskan secara rinci apa saja yang akan disampaikan di bidang psikologi yang akan dibahas, juga dengan lebih banyak mengajak anak-anak psikologi lainnya khususnya akang teteh pada tingkat akhir agar dapat menjadi referensi.

“Dari kesedian peserta yang mengikuti stupsi #3 ini,  kami berharap teman-teman mahasiswa psikologi dapat menambah pengetahuan dan pengalaman tentang bidang-bidang psikologi dan dapat memahami aplikasi teori secara langsung. Masukan-masukan yang diberikan semoga dapat menjadi acuan untuk departemen humas kedepannya agar menjadi lebih baik lagi ketika stupsi selanjutnya” itulah yang disampaikan oleh Novia Kumala (2013) selaku ketua pelaksana dari acara Studi Psikologi #3 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *