Studi Psikologi #4 (STUPSI#4) “No Health Without Mental Health”

BANDUNG – Pada hari Rabu (12/10/16) Departemen Hubungan Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung menyelenggarakan kegiatan kunjungan yaitu Studi Psikologi  atau yang lebih dikenal dengan STUPSI yang bertema  “No Health Without Mental Health”. Kegiatan Studi Psikologi ini merupakan kegitan yang diselenggarakan secara rutin oleh departemen Humas BEM-F Psikologi Unisba sejak 4 tahun belakangan ini. Kegiatan Studi Psikologi ini bertujuan untuk memberi gambaran dunia kerja Psikologi yang pada tahun ini khususnya di bidang Psikologi klinis. Tidak hanya itu, STUPSI pada tahun ini juga mengunjungi tempat rekreasi guna memberikan hiburan untuk peserta yang mengikuti. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dan didampingi pihak dari Fakultas yaitu Oki Mardiawan., M. Psi, pengawas dari DAM-F Psikologi Unisba yaitu Angga Yulio (2014) serta perwakilan dari BEM-F Psikologi Unisba yaitu Army Refado (2013). Tempat yang dituju dalam kegiatan ini yaitu Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan yang bertempat di Jakarta Barat dan Dunia Fantasi yang bertempat di Ancol, Kota Jakarta.

img_5192
Pemberian pelakat untuk Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan (Foto oleh : Salma Bella)

Pada pelaksanaanya, para panitia, peserta dan undangan berkumpul terlebih dahulu di Kampus Unisba pada pukul 05:30 WIB. Kemudian setelah dilakukan pengecekan Bus berangkat pukul 6.00 WIB menuju Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan dan sampai pada pukul 09:10 WIB. Pada saat di rumah sakit seluruh peserta menuju ke Audiotorium untuk memulai acara. Acara dimulai dengan sambutan dari Ginza Ghibran selaku Kepala Departemen Humas BEM-F Psikologi, kemudian dilanjutkan oleh Oki Mardiawan M.Psi selaku perwakilan dari Fakultas dan Caroline S.Kep.,M.Kep yang mewakili Direktur dari rumah sakit tersebut sekaligus membuka kegiatan pada Rumah Sakit Jiwa tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan saling tukar pelakat dari kedua belah pihak sebagai tanda cindera mata. Acara kembali di lanjutkan dengan materi yang deberikan oleh Hernita, M.Psi mengenai Peran Psikologi Klinis di Rumah Sakit Jiwa. Setelah pemberian materi panitia memberikan doorprize kepada peserta yang bertanya.

img_5207
Pemberian materi oleh ibu Hernita, M.Psi mengenai Peran Psikologi Klinis di Rumah Sakit Jiwa (Foto oleh : Salma Bella)

Setelah pemberian materi acara di lanjutkan dengan Hospital Tour. Hospital Tour merupakan acara dimana peserta melihat langsung lokasi, lingkungan, dan penanganan yang berada di rumah sakit yang dipandu oleh panitia dan perwakilan rumah sakit. Dalam Hospital Tour para peserta diajak untuk memasuki bangsal untuk pria, bangsal untuk wanita, ruang rehabilitas, serta ruang untuk anak dan remaja. Saat selesai melakukan Hospital Tour peserta di minta untuk berkumpul di lapangan dan berfoto bersama. Acara di lanjutkan dengan pergi ke Dunia Fantasi, seluruh perserta boleh bermain wahana yang ada di dalam Dunia Fantasi sampai waktu yang telah di tetapkan.

img_5253
Foto bersama panitia serta peserta STUPSI#4 (Foto oleh : Salma Bella)

Syafira Rahma (2014) selaku ketua pelaksana acara memberikan komentar “Stupsi#4 ini sangat berkesan karena kita bisa melaksanakan Studi ke rsj heerdjan dan melihat langsung para pasien yang ada disana juga tempat rehabilitasinya, berlanjut bermain ke dufan bersama 4 angkatan. Acara ini juga sangat banyak memberikan pengalaman dan manfaat di bidang Psikologi klinis. Dan diharapkan dengan diadakan nya acara stupsi#4 ini para peserta bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman di bidang Psikologi klinis, dan juga wawasan mengenai pekerjaan yang dapat dijalani oleh para psikolog sekaligus”. (Teks oleh : Danny D. Rachmansyah)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *