STUDIUM GENERALE (POSITIVE CHARACTER ON ISLAMIC PSYCHOLOGY)

Peserta dan Tamu Undangan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya (Foto Oleh: Dinni Maulidina)

Bandung – (01/04/17) telah diselenggarakan acara milad Fakultas Psikologi UNISBA yang ke – 44 dengan tema STUDIUM GENERALE “POSITIVE CHARACTER ON ISLAMIC PSYCHOLOGY”. Tema Milad ke 44 ini diangkat dengan tujuan membangun masyarakat yang berkarakter positif. “Untuk milad tahun ini sebenarnya ada keinginan besar untuk launching bukunya Alm. DR. Agus Sofyandi Kahfi, Drs., M.Si berhubung beliau sangat konsen pada bidang psikologi islam, beliau juga aktif dalam organisasi asosiasi psikologi islam Indonesia, satu itu  tujuannya. Yang kedua tema milad 44 ini bersama fakultas psikologi membangun masyarakat yang berkarakter positif sehingga sebagai fakultas psikologi yang berada dalam lingkup universitas islam bandung perlu membedah bagaimana karakter positif dari perspektif psikologi islam.” Ujar kang Suhana M.Psi selaku ketua pelaksana milad Fakultas Psikologi Unisba.

Acara ini dihadiri oleh Mahasiswa Psikologi, perwakilan BEM-F, DAM-F dan perwakilan dari Fakultas Psikologi, Ibu Lisa Widawati, Dra., M.Si. selaku dekan Fakultas Psikologi.Acara dimulai pada pukul 08.00, dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Kang Aditya Aksani Takwim dari alumni Psikologi Unisba dan angkatan 2015 yaitu Teh Salma Bella P.M. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Teh Riksa Buanadewi. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembukaan sambutan dari Ibu Dekan, Ibu Lisa Widawati, Dra., M.Si. diikuti dengan ceremonial milad dengan pemukulan gong oleh Ibu Lisa, dan Kang Suhana sebagai pembukaan resmi acara milad.

Pembukaan Stadium Generale dengan Pemukulan Gong (Foto Oleh: Dinni Maulidina)

Setelah acara resmi dibuka oleh Ibu Lilim Halimah, BHSc., MHSPY selaku moderator, Ibu lilim segera mempersilahkan pemateri yaitu Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi, M.si yang membahas tentang positif karakter menurut psikologi islam. Materi yang disampaikan tentang pengertian karakter positif dimana karakter positif (character strength)  merupakan karakter baik yang mengarahkan individu pada pencapaian keutamaan atau trait positif yang terefleksi dalam pikiran, perasaan, dan tingkah laku (Park, Peterson,  & Seligman, 2006).

Setelah materi tersampaikan, moderator melakukan sesi tanya jawab, moderator pun mempersilahkan kepada peserta untuk bertanya terkait materi yang disampaikan. Peserta antusias dalam sesi tanya jawab ini, tak lupa pemateri pun memberikan pertanyaan kepada peserta dan memberikan hadiah kepada peserta yang dapat menjawab dengan benar, setelah rangkaian materi selesai moderator pun memberikan penutupan dan diikuti oleh pemberian cinderamata yang diwakilkan oleh Ibu Dekan, Lisa Widawati, Dra., M.Si. dan Kang Suhana, M.Psi kepada Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi, M.si selaku pemateri dalam acara milad.

Pemberian Cinderamata oleh Ibu Lisa dan Kang Suhana (Foto Oleh: Dinni Maulidina)

Selanjutnya MC memberikan pertanyaan terkait Fakultas Psikologi Unisba terkait dengan acara milad tersebut. Antusias dari para peserta semakin besar setelah doorprize diberikan kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar Fakultas Psikologi Unisba.

Dipenghujung acara, ditutup oleh penampilan dari VOCALOGY 2 yang menyanyikan beberapa lagu, suasana penutupan pun menjadi meriah.

”Acaranya sudah cukup baik pelaksanaannya juga, temanya bagus menambah pengetahuan kita di psikologi islam. Dan di acara ini banyak doorprize nya juga bagus sih menarik.” ujar
Tri pradipta narotami selaku peserta.

Begitupun kesan dari penanggung jawab Kuliah Umum 1 Azmi Sholihatun “Seneng sama kaget juga ternyata yang datang banyak banget alhamdulilah acaranya juga lancar ga ada kendala yg berarti, materi yg disampe pemateri juga bagus dan memang berhubungan sama materi kuliah psikologi islam yg ada di Unisba, jadinya bisa bermanfaat buat mahasiswa yang lagi ngambil psikologi islam ataupun yg mau ngambil psikologi islam jadi punya gambaran tentang psi islam, pesannya sih semoga apa yang ada dikulum kemarin bisa bermanfaat buat pesertanya dan nambah wawasan juga atau bahkan bisa membantu buat materi kukiah di psikologi islamnya, dan semoga mahasiswa tetep punya antusias yg besar kaya kemarin buat ikut kulum-kulum berikutnya, atau bahkan mahasiswa yg ikut kulum berikutnya lebih banyak dari yang kemarin”

(Teks oleh: Annisa Fernanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *