Ta’aruf Psikologi Unisba 2017

BANDUNG – Pada hari Jum’at (08/09/2017) telah diselenggarakan acara TAARUF FAKULTAS PSIKOLOGI. TAARUF ini merupakan acara rangkaian pertama PAKEM (Penerimaan Anggota Keluarga Mahasiwa Fakultas Psikologi Unisba). Kegiatan ini berlangsung di Student Center (SC) Unisba. Acara ini diikuti oleh mahasiswa baru, yang dihadiri oleh perwakilan DAM, BEM, dan juga pihak akademik Fakultas Psikologi UNISBA. Acara taaruf ini dimulai dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB, yang dimana rangkaian acara yang diselenggarakan pada TA’ARUF ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan psikologi unisba baik dari sistem belajar, tenaga pengajar, dan sebagainya. Pada pagi hari mahasiwa melakukan CHECK POINT di titik yang telah ditentukan oleh panita dan di bimbing oleh tutor.

Check Point (Foto oleh: Dinni Mauidina)
“Kalo kendala dari mabanya sih waktu pagi udah ditemuin banyak maba yang gak check point, mungkin mabanya kurang banget cek web. Terus masalah baju juga banyak banget yang salah, mereka udah sering diingetin untuk cek web tapi kayanya pada ga cek web, dan begitu ditanya sama tutor katanya webnya error. Padahal setiap panitia buka web ga error. Terus masih banyak juga yang telat, katanya gatau kalau ada batas maksimalnya, jadi kayanya emang ga buka web, dan atributnya juga masih banyak yang salah padahal udah disuruh cek ‘fisiknya’ gitu sama panitia. Kalo pesannya buat mabanya semoga apa yang disampaikan di taaruf emang di dapatkan untuk bisa kenal dan tahu fakultas psikologi unisba, dan buat panitianya semoga ppmb dan ppd lebih baik lagi koordinasi dan kerjasamanya.” tutur Yashinta selaku Koor Rangkaian Taaruf.
Selanjutnya, kegiatan yang dilakukan adalah memberikan materi-materi kepada mahasiswa baru yang diberikan oleh beberapa dosen. Pertama materi tentang Tridharma Perguruan Tinggi dan  “Apa itu Psikologi, Apa itu Psikologi Unisba ?”  yang disampaikan oleh Ibu Dewi Rosiana, S.Psi., M.Psi. Lalu materi kedua disampaikan oleh Kang Dhana, M.Psi membahas tentang “Sejarah Psikologi Unisba”. Dan 3 materi lainnya yaitu “Pemberian Informasi Mengenai Sistem Pembayaran” oleh Eni Nuraeni N, Dra., M.Pd / Hariati Pudjiastuti, S.E., MM , materi “Pemberian informasi mengenai SKS non akademik” oleh Stephani Raihana, M.Psi / Tim Pansus, dan yang terakhir materi tentang “Pemberian informasi mengenai profil lulusan alumni Fakultas Psikologi Unisba” oleh Kang Yucki dan Teh Irla.
Pemberian Materi tentang SKS Non Akademik oleh Teh Stephani Raihana, M.Psi (Foto oleh: Dinni Mauidina)
Pada TA’ARUF kali ini mahasiswa baru diberikan tugas me-resume materi, materinya adalah materi yang di berikan pada hari tersebut dan juga ada tugas video angkatan yang ditampilkan pada akhir acara. Tugas di TA’ARUF ini merupakan simulasi dari perkuliahan nanti dan perkenalan mahasiswa baru terhadap lingkungan baru.
Syifa Syafira (2015) selaku koor acara TAARUF menuturkan tentang jalannya acara dari awal persiapan sampai akhir, kendala, serta harapannya untuk acara ini “Kalo persiapannya sendiri, panitia tadi pagi udah briefing buat kedatangan mahasiswa baru. Ada check point juga mereka sebelum masuk dan cek barang bawaan. Pertama, acara dimulai ada pembukaan. Ada sambutan, ngaji, dan ada juganyanyi. Baru masuk ke acara intinya yaitu welcoming party. Kayak gitu sih sejauh ini, alhamdulillah lancar. Cuma tadi sempet ada beberapa materi yang ngaret karena bermasalah sama operatornya, cuma alhamdulillah bisa teratasi masalahnya dan bisa beres sesuai yang diharapkan. Paling pesan buat panitianya alhamdulillah hari ini kerjanya udah bagus dan ditingkatkan lagi koordinasinya jangan sampai ada yang miss. Dan untuk mahasiswa baru, semoga lebih semangat lagi dan lebih menghayati akan peran mereka menjadi mahasiswa biar gak banyak ngeluh kalau banyak tugas. Harapan aku untuk para mabanya, karena ini masih acara taaruf semoga mereka lebih mau mencoba mengenal satu sama lain dari yang beda kelompok, pokoknya semua seangkatan. Dan lebih tau juga dari dosen-dosennya, meskipun belum keajar tapi dari taaruf mereka udah tau sebagian siapa-siapa saja dosen disini meskipun perkenalannya sangat singkat. Tujuan untuk taaruf itu sendiri untuk mengenalkan maba dengan apa saja yang ada di fakultas psikologi. Mulai dari dosennya, UPM-F nya, panitia, dan keorganisasiannya seperti apa. Itu sih tujuannya”.
Pada akhir acara mahasiswa baru pun melakukan sharing bersama tutor mengenai kesan, pesan, review materi, dan menjelaskan gambaran singkat tentang acara selanjutnya yaitu PPMB. Tutor Time (Foto oleh: Danella Nur M.)
“Kesannya rame, jadi lebih disiplin gitu teh karena harus tepat waktu soalnya kalo ga tepat waktu kan di jejerin di depan, terus juga belajar harus kerjasama banget soalnya satu telat semua di anggap telat. Soalnya kata tutor satu telat semua telat.” tutur Yulia selaku mahasisw baru 2017 , berbeda dengan…  Muhammad Dzaki Dwitama (2017) menuturkan “Kesan acara ini sih capek ya, soalnya bener-bener dari malem ngerjain tugasnya. Belajar mengatur waktu juga, yang saya biasanya selama ini nganggur nunggu kuliah, bangun selalu siang, makannya dari sekarang mulai disiplin terhadap waktu. Pokoknya kerasa banget harus mengatur waktunya. Tugas-tugasnya juga bisa dibilang berat buat saya karena baru pertama kali ngerjain tugas dari malem sampai pagi, dua hari gak tidur berturut-turut.” (Teks oleh : Annisa Fernanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *