Talkshow Psikologi “Selection 2020”

SELECTION 2020

 

BANDUNG­— Sabtu, 29 Februari 2020 telah dilaksanakan salah satu program kerja Departemen Kerohanian BEM Fakultas Psikologi Unisba yaitu talkshow psikologi islam dengan nama Selection. Talkshow ini mengangkat tema mengenai “Self-love and Emotional Maturation for Suicide Prevention”, dengan mengupas lebih dalam fenomena seputar self-love­, kesehatan mental dan kasus-kasus bunuh diri yang dibahas dari sudut pandang Psikologi Konvensional serta Psikologi Islam.

Acara yang diselenggarakan di Hotel California Bandung ini bertujuan untuk menambah wawasan dan lebih aware dengan kesehatan mental dan kasus bunuh diri yang sedang marak terjadi. Selain itu juga memberikan gambaran tentang self-love, termasuk cara untuk menumbuhkannya serta memberikan pengaruh self-love dan emotion maturation terhadap pencegahan bunuh diri.

Selection dimulai pukul 10.15 dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan sambutan dari ketua BEM Fakultas Psikologi Unisba serta ketua pelaksana Selection. Talkshow ini mengundang Firman Ramdhani, S. Psi., M. Psi., Psikolog dan Olphi Disya Arinda, S. Psi sebagai pemateri dan Ahmad Mujaddid, S. Psi. sebagai moderator. Setelah pemberian materi, dilanjutkan dengan pembahasan kasus oleh kedua materi dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

 

Sevie, selaku koor acara merasakan senang dan bersyukur dengan terlaksananya acara ini karena sudah memenuhi target dan peserta yang sangat antusias. Rahmah, sebagai steering committee memaparkan hambatan yang terjadi ialah masalah teknis yang terjadi pada saat berlangsung. Mereka berharap dengan adanya talkshow ini masyarakat akan lebih aware dengan isu suicide dan mengetahui mengenai self-love dan emotional maturation serta bagaimana pengaruhnya. Selain itu juga agar ilmu yang didapat bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ditulis oleh: Adinda Ridha Intishar (Staff Medkominfo BEM-F Psikologi Unisba)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *