TIPS AGAR DAPAT BANGUN LEBIH PAGI

Source: gurl.com
Source: gurl.com

Sahabat Kemah! Udah waktunya liburan nih setelah ngejalanin hampir satu tahun perkuliahan rasanya pengen banget kan istirahat bisa santai-santai di rumah, bangun siang, nonton, main, dan lainnya. Nah sebenernya nih yah, walaupun kita lagi liburan, kita sebaiknya tetep bangun pagi loh agar badan kita tetap sehat bugar. Nih ada tips-tipsnya biar sahabat kemah bisa bangun lebih pagi walaupun udah musim liburan, yuk di baca!

TO WAKE UP EARLIER, try to:

  1. Siapin pakaian yang akan kita kenakan untuk hari itu. Kenapa demikian? Supaya kita ada tuntutan untuk bangun pagi karena harus memilih pakaian apa yang akan kita kenakan nantinya.
  2. Coba bikin list apa yang akan sahabat kemah lakukan di hari tersebut. Misalnya nih sahabat kemah bikin list kalau hari itu sahabat kemah bakal pergi ke toko buku buat beli beberapa buku, lalu sahabat kemah beli kebutuhan sehari-hari, bertemu dengan teman, kemudian sahabat kemah melakukan me time dengan menyelesaikan membaca 50 halaman dari buku yang telah dibeli. Nanti sebelum tidur, sahabat kemah cek lagi dari list yang udah sahabat kemah buat, mana aja yang udah terlaksana, sehingga akhirnya hari-hari sahabat kemah bakal lebih produktif deh.
  3. Yang ketiga nih, coba saat sahabat kemah terbangun di pagi hari, langsung buka tirai jendela kamar sahabat kemah, biar ada cahaya yang masuk sehingga hormon melatonin dalam tubuh berkurang dan ngebuat kita lebih cepat untuk bangun dari tidur.
  4. Bikin jam tidur! Walaupun sebenernya tubuh punya siklus alami jam tidur, coba biasain untuk gak tidur terlalu malem deh karena ga baik juga untuk tubuh kita. Inget loh jam tidur yang baik tuh kurang lebih 8 jam supaya ketika kita bangun kita akan merasa lebih fresh.
  5. Buat sahabat kemah yang suka bangun siang nih, cobain deh mulai sekarang setiap hari bangun lebih pagi 15 menit dulu aja. Contohnya kalau sahabat kemah suka bangun jam 8 pagi, cobain bangun jam 7.45, kemudian besoknya bangun jam 7.30, dan seterusnya. Lakukan hal itu setiap harinya sehingga sahabat kemah akan terbiasa bangun lebih pagi.
  6. Ini yang paling jitu biasanya nih, tulis suatu hal/kegiatan yang akan atau harus dilakukan besok hari. Tulis di tempat yang bakal sering sahabat kemah lihat, misalnya di schedule board yang dipampang di depan kasur, sehingga sahabat kemah akan membacanya ketika terbangun dan akan lebih excited menghadapi hari tersebut (atau mungkin terpaksa harus bangun pagi kan hehe).
  7. Ketika sahabat kemah udah terbangun nih, let’s get out of your bed! Jangan lama-lama diem di kasur, nanti yang ada sahabat kemah justru malas untuk bangun nih.
  8. Kebiasaan yang sering banget dilakukan mahasiswa nih, nge-snooze alarm, ya kan?! Haha mulai biasain deh jangan pernah nge-snooze alarm. Coba simpen jam atau hp sahabat kemah itu di meja belajar atau dimana yang tidak terlalu dekat dengan kasur, supaya sahabat kemah harus bangun dari tempat tidur untuk mematikan alarm itu.
  9. Jangan lupa untuk minum air sebotol, air dingin bagus nih buat ngasih energi ke sahabat kemah sehingga lebih fresh.
  10. Meditasi. Ya meditasi secara ringan aja ya, contohnya dengan berpikir mengenai hal positif di hari esok yang akan sahabat kemah lalui, clear your mind.
  11. Setelah bangun tidur nih coba sedikit melakukan stretching ringan, seperti jalan mengelilingi rumah atau mungkin bisa melakukan jogging disekitar rumah. 10 menit juga sudah cukup kok biar peredaran darah sahabat kemah lebih lancar.
  12. Sarapan! Tubuh sahabat kemah butuh energi untuk melakukan aktivitas beberapa jam ke depan, so jangan pernah lupain sarapan ya.
  13. Nah dengan sahabat kemah bangun pagi nih, sahabat kemah bisa lebih efektif untuk ngatur waktu kalau mau pergi sehingga sahabat kemah akan terbebas dari kemacetan, atau kalau dari libur udah dibiasain bangun pagi nih, buat sahabat kemah yang mengikuti remedial dan dapet jadwal pagi ga akan telat-telat deh karena udah kebiasa bangun pagi dari saat liburankan.

Nah itu tadi tips-tipsnya. Buat sahabat kemah yang masih suka bangun siang bisa dicoba ya tips-tips tersebut. Good luck sahabat kemah!

(Source: gurl.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *