WORKSHOP GRAPHOLOVEGY “Menganalisa dan Menilai Kecocokan Pasangan Melalui Tulisan Tangan”

Foto seluruh panitia dan pemateri (Foto Oleh: Fathiyya Nur Rahmani)

BANDUNG – Pada hari Sabtu (12/08/17) Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung menyelenggarakan Workshop Grapholovegy dengan Tema ‘Graphology for Compatibility’ yang bertempat di Oaktree Premiere Hotel  Bandung. Tujuan  dari acara ini memberikan pelatihan dalam memperdalam pemahaman psikologis mengenai tulisan tangan. Graphology sendiri adalah ilmu yang mempelajari karakter seseorang melalui tulisan tangan, sedangkan Graphology For Compatibility adalah ilmu menganalisa kecocokan dengan pasangan melalui tulisan tangannya. “Tema ini dipilih karena pertimbangan dari konsultasi dengan pemateri. ‘Graphology for Compatibility’ ini graphology yang menganalisa kecocokan pasangan berdasarkan tulisan. Menurut kami hal tersebut menarik meninjau sasaran juga mahasiswa” ujar Ivanna selaku Ketua Pelaksana.

 

Pemateri sedang menerangkan grafologi dan tanya jawab kepada peserta. (Foto Oleh: Fathiyya Nur Rahmani)

Acara workshop ini menghadirkan pemateri yang luar biasa, yaitu Sybly Avivy A. Mulachela M.Psi., CMHA. Beliau merupakan seorang master grafolog yang memiliki sertifikasi KAROHS International School of Handwriting Analysis – USA. Beliau juga seorang psikolog klinis dewasa lulusan Universitas Padjajaran tahun 2012. Peserta yang hadir terlihat antusias terhadap acara ini, terlihat dengan keaktifan peserta untuk tanya jawab dengan pemateri. Pemateripun sangat interaktif dengan para peserta.

 

Peserta sedang mengerjakan Worksheet Compatibility (Foto Oleh: Fathiyya Nur Rahmani)

Acara ini dilaksanakan dari jam 08.00 sampai 17.00, dengan dihadiri oleh 35 peserta, ketua BEM-F Psikologi Unisba, perwakilan DAM-F Psikologi Unisba dan dibantu oleh panitia sebanyak 30 orang. Sebelumnya, peserta dibagikan buku panduan materi dan kertas latihan masing–masing oleh panitia. Kegiatan ini dibuka oleh MC yaitu Teh Prilianti Putri Lestari angkatan 2013. Diawali dengan perkenalan dari kang Sybly, lalu masuk ke materi pukul 10.00. Para peserta diberikan meteri terlebih dahulu oleh kang Sybly selaku pemateri. Materi yang disampaikan pada acara ini antara lain introduction, yaitu mengenal grafologi, manfaat dan aplikasinya. Lalu,  psikogeometrik (analisa singkat dari pilihan bentuk geometrik), tanda + dan tanda – dari tulisan, Worksheet Compatibility (lembar kerja analisa kecocokan pasangan), dan ada latihan kasus. Acara ini berjalan dengan lancar dan acara pun ditutup dengan pemberian plakat dan sertifikat kepada pemateri. (Teks oleh: Alifia Hidayati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *