Islamic Psychology Competition (IPSYC)

Bandung-, telah dilaksanakan program kerja Departemen Kerohanian BEM-F Psikologi UNISBA yaitu “Islamic Psychology Competition (IPSYC)”. Program Kerja ini merupakan program kerja berbentuk perlombaan tingkat Nasional dengan lomba-lomba yang menarik, diantaranya : MTQ, Essay, Videografis dan Poster. IPSYC diselenggarakan secara online via Zoom Meeting dengan tema lomba “Find Your Happiness in Islamic Psychology Perspective” 

Islamic Psychology Competition (IPSYC) dilaksanakan dalam dua hari yaitu, pada Rabu, 24 Januari 2021 (Hari Perlombaan MTQ) dan pada Kamis, 25 Januari 2021 (Hari Pengumuman Kejuaraan). Acara ini diadakan dengan tujuan untuk menjadi wadah kreatifitas mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide serta gagasannya tentang kebahagiaan dalam perspektif psikologi dan Islam dan sebagai sarana kompetisi mahasiswa dalam bidang psikologi dan Islam. IPSYC ini dibuka dengan 2 gelombang pendaftaran, yaitu pendaftaran gelombang pertama di tanggal 25 November 2020-21 Desember 2020 dan pendaftaran gelombang kedua di tanggal 22 Desember 2020-15 Januari 2021. Dimana setiap peserta diharuskan mengikuti persyaratan dan rules dari setiap lombanya.

Pada 24 Januari 2021, merupakan hari perlombaan untuk lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dimulai pada pukul 06.40 WIB dengan Check In panitia, Kemudian dilanjut dengan Briefing panitia. Pukul 07.30 WIB Check In Juri dan Briefing juri secara online via Zoom Meeting dan dilanjut dengan Check In peserta. Setelah seluruh panitia siap dan peserta bergabung, acara dibuka pada pukul 08.30 WIB oleh MC yaitu Zulfa Salsabila (Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA’19). 

Setelah itu, penyampaian sambutan dari Ketua Pelaksana Acara yaitu Labibah Nur Hasanah (Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA’19), disambung dengan sambutan dari Ketua BEM Fakultas Psikologi UNISBA yaitu M. Farhan Farisan (Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA’18), dan terakhir dilanjut dengan sambutan dan pembukaan dari pihak fakultas yaitu oleh Dr. M. Ilmi Hatta, M. Psi. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Psikologi.

Berikutnya, kegiatan dilanjut dengan  perlombaan MTQ selama 2 jam dimana setiap peserta diberi waktu 15 menit untuk melantunkan Al-Qur’an kemudian disambung dengan arahan ISOMA oleh MC dan ISOMA ±40 menit.

Setelah ISOMA maka dilanjut dengan sesi feedback, dimana juri memberikan evaluasi kepada setiap peserta. Berikutnya setelah sesi feedback selesai, kegiatan dilanjut dan ditutup dengan penutupan oleh MC pada pukul 13.20 WIB serta sesi dokumentasi oleh panitia IPSYC. Dan acara Islamic Psychology Competition (IPSYC) pun selesai.

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada Kamis, 25 Januari 2021 melalui akun instagram @ipsyc2020.

Berikut pesan dan kesan yang disampaikan oleh Labibah Nur Hasanah selaku ketua pelaksana acara,

Kesan dan Pesannya, Tentu sangat menyenangkan sekaligus merasa tertantang sekali karena untuk pertama kalinya menjadi ketua pelaksana IPSYC apalagi di situasi yang ga mudah seperti sekarang. Banyak banget yang aku pelajari mulai dari gimana bonding sama anggota, TM, dan ketua divisi supaya bisa sinkron satu sama lain juga meminimalisir adanya miskomunikasi. Jadi ketua pelaksana IPSYC juga buat aku belajar bahwa jadi ketua itu emang kudu pinter-pinter bisa ngatur kapan ngerem kapan ngegass :’) paham lah ya kenapa hehe. Masih banyak juga kesalahan-kesalahan yang aku perbuat dan karenanya aku minta maaf ya, karena ini pertama kali nya juga aku jadi ketua, disamping itu selalu ada sc dan bem yang membimbing juga memberikan arahan ke aku, ga lupa juga support yang luar biasa dari para anggota, kadiv, dan TM yang lainnya. Pokonya mau bilang makasi banyak buat semua anggota, kadiv dan TM yang uda mau bekerjasama bareng aku di kepanitiaan ini, aku sadar tanpa kalian acara ini ga akan berjalan dengan lancar, makasi ya uda mau cape-cape bareng aku, semoga kita bisa bertemu di kepanitiaan selanjutnya.”

Ditulis oleh : Reskina Winialda, Staff Dept. MEDKOMINFO BEM-F Psikologi 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *