KAWAN BICARA

BANDUNG− Kawan Bicara adalah salah satu program kegiatan Departemen Sosial dan Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Unisba. Di paruh kedua BEM Fakultas Psikologi Periode 2020-2021, Kawan Bicara telah mengadakan talk show, open message, dan live Instagram. Tujuan diadakannya Kawan Bicara sendiri yaitu sebagai media bercerita bagi mahasiswa, menerapkan nilai-nilai simpati dan empati, menampung dan mengembangkan aspirasi mahasiswa baik untuk mahasiswa psikologi maupun diluar psikologi, serta mahasiswa yang bersangkutan dapat merasakan dampak positif dari respon-respon yang diberikan dari Kawan Bicara.

Kegiatan Open Message berjalan melalui Direct Message akun Instagram @_psychocare dan Official Account Line Kawan Bicara tanpa waktu khusus, sehingga partisipan dapat bercerita dan akan selalu direspon oleh panitia.

Pada hari Sabtu, 26 Desember 2020 Kawan Bicara mengadakan live di akun Instagram @_psychocare mengenai “Glow Up Mentally: Forgive This Year & Do the Best Things for 2021” dengan narasumber Ahmad Mujaddid A, S. Psi, selaku Alumni Psikologi Unisba dan juga Founder & CEO @howdoyou.id. Acara ini dipandu oleh Fikar Aulia Muhammad sebagai moderator. Dalam sesi ini Kang Ahmad Mujaddid membahas materi mengenai Mental Glow Up, menjawab Q&A dari pertanyaan yang sudah terkumpul, serta tips & trik cara meningkatkan kesehatan mental. 


Talk show Kawan Bicara diselenggarakan pada hari Minggu, 9 Mei 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom. Talk show ini mengangkat tema “Self-evaluation: Apa yang Salah Ketika Kita Sulit Move On?” dengan narasumber Fanni Putri Diantina, S. Psi., M. Psi., selaku Dosen Fakultas Psikologi Unisba, dan Ahmad Zain Fahmi, S. Psi., yang merupakan Mahasiwa Berprestasi Taraf Internasional dan Mental Health Promoter. Tujuan dilaksanakannya talk show ini adalah umtuk membantu peserta mengevaluasi diri guna meningkatkan awareness akan pentingnya menjalin hubungan yang sehat dengan lingkungan sekitar dan pengaplikasiannya di masa pandemik Covid-19Acara ini dipandu oleh Syafirah Mutriara sebagai moderator dan Reskina Winialda sebagai MC. Selain pemaparan dan diskusi oleh materi, terdapat sesi sharing dan tanya jawab juga dengan peserta. Fadillah Putri, selaku ketua talk show Kawan Bicara, sangat senang dengan terlaksananya acara ini karena dapat berjalan dengan lancar dan berharap tujuan dapat tercapai dengan baik sehingga peserta dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari

Sebagai penanggung jawab seluruh rangkaian Kawan Bicara, Alifah N, merasaa senang karena acara dapat berjalan dengan lancar dan melebihi target. Ia pun mengucapkan terimakasih kepada semua yang sudah terlibat karena acara tidak dapat berlangsung tanpa partisipasi semua orang yang terlibat.  

Ditulis oleh: Adinda Ridha Intishar (Staff Departemen Medkominfo BEM-F Psikologi Unisba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *