PKKMB Fakultas Psikologi Unisba 2020

BANDUNGPKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru adalah sebuah program kegiatan Fakultas Psikologi Unisba. Kegiatan ini adalah suatu rangkaian yang ditunjukan untuk membantu mahasiswa baru angkatan 2020 dalam menyesuaikan diri sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba dan terhadap kehidupan kampus serta perkuliahan. PKKMB tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan setiap minggu selama kurang lebih 5 minggu.

Karena pandemic Covid-19 yang belum mereda, acara ini diselenggarakan secara virtual via Zoom Meeting. Arvia Deanna, selaku Koor Acara Taaruf, menyampaikan bahwa konsep dan tema PKKMB yaitu “Creative Digital”. Tema ini dipilih karena kondisi saat ini, sehingga walaupun mahasiswa harus melakukan banyak hal serba digital namun dituntut untuk tetap bisa kreatif dalam penggunaannya.

PKKMB Minggu ke-1

PKKMB minggu pertama dilaksanakan pada hari Minggu, 27 September 2020. Materi yang diangkat adalah “Management Stress” oleh Fanni Putri Diantina, S. Psi., M. Psi., Psikolog. Pada sesi ini, Teh Fanni menjelaskan mengenai perbedaan siswa dan mahasiswa, sumber stress, ciri-ciri, dan tips menjaga stabilitas psikologis. Materi kedua yaitu “Cara Belajar Efektif melalui E-Learning” yang dipaparkan oleh Ibu Dra. Susandari, M. Psi. mengenai elemen dalam e-learning, gaya belajar, dan sebagainya.

PKKMB Minggu ke-2

Pada minggu ini dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Oktober 2020 dengan materi “Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah” oleh Teh Yunita Sari, S. Psi., M. Psi., Psikolog. Dalam materi ini disampaikan penjelasan mengenai KTI, tips & trik membuat KTI, sistematika dan cara mencari sumber. Materi kedua yaitu “Cara Mencari Jurnal dan Membaca Text Book” oleh Teh Nanan Nuraini, S. Psi., M. Sc. Mahasiswa baru dikenalkan cara mencari jurnal yang tepat serta teknik membaca textbook.

PKKMB Minggu ke-3

Kegiatan minggu ini diselenggarakan pada hari Minggu, 11 Oktober 2020. Materi yang diangkat adalah “Mengenal Bagian-Bagian Psikologi”. Dengan Ibu Dr. Dewi Sartika, M. Si menyampaikan bagian Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Teh Indri Utami Sumaryanti, S.Psi., M.Psi. menjelaskan bagian Psikologi Klinis, Kang Hendro Prakoso, Drs., M.Si. menyampaikan bagian Psikologi Sosial dan Industri Organisasi, serta Kang Suhana, S.Psi., M.Psi. yang menjelaskan bagian Psikologi Umum dan Eksperimen. Pemateri selanjutnya adalah seorang alumni Psikologi Unisba yaitu Kang Dr. Imaduddin Hamzah, S. Psi., M. Psi. Pada kesempatan ini kang Imaddudin memamparkan materi mengenai “Prospek Psikologi di Masa Mendatang”.

PKKMB Minggu ke-4

PKKMB minggu ini dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Oktober 2020. Materi yang disampaikan yaitu “Time Management” oleh Teh Dinda Dwarawati, M. Psi. Pada materi ini dijelaskan mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi, penyesuaian akademik, strategi dan langkan manajemen waktu. Materi kedua dijelaskan oleh Ibu Dewi Rosiana, M. Psi. mengenai “Bisakah Saya Menjadi Sarjana Psikologi” yang memaparkan hal-hal mengenai pengantar sukses di perguruan tinggi, tahap perkembangan hidup mahasiswa baru, serta perbedaan SMA dengan perguruan tinggi.

PKKMB Minggu ke-5

PKKMB minggu ini diselenggarakan pada hari Minggu, 25 Oktober 2020. Materi yang diangkat adalah “Teknik Presentasi” yang dijelaskan oleh Kang Vici Sofiana Putra, S. Psi., M. Psi. T. Pada materi ini kang Vici menjelaskan mengenai fungsi power point, kesalahan yang sering terjadi ketika presentasi dan sikap serta perilaku yang harus dilakukan sebagai presenter. Selain itu pada sesi ini juga mahasiswa baru diberi kesempatan untuk mempresentasikan materi yang sudah ditentukan dan diberi feedback oleh peserta serta Kang Vici.

Kegiatan PKKMB ini dihadiri oleh kurang lebih 230 mahasiswa baru angkatan 2020. Arvia menyampaikan, “kendala yang dirasakan itu kebanyakan kendala teknis seperti jaringan sinyal baik dari pemateri, moderator, maupun panitia yang menyebabkan tiba-tiba keluar Zoom dan error saat share screen materi”. Dengan adanya PKKMB yang mengangkat tema Creative Digital ini, Arvia berharap bisa memperluas dan menyebar nama Fakultas Psikologi Unisba melalui sarana digital yang sekarang pengaruhnya sedang diperbesar. Selain itu ia berharap mahasiswa baru bisa menyesuaikan diri serta tergambarkan bagaimana kehidupan kampus dan perkuliahan.

Ditulis oleh: Adinda Ridha Intishar (Staff Departemen Medkominfo BEM-F Psikologi Unisba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *