Psychocare 2020

Bandung—Psychocare merupakan salah satu program kegiatan Departemen Sosial dan Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Unisba. Kegiatan ini bermaksud untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19 dengan melakukan penggalangan dana secara daring dan memberikan infografis mengenai bidang sosial. Manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan rasa empati dan simpati mahasiswa terhadap sesama serta menambah wawasan mahasiswa terkait bidang sosial dengan membuat infografis yang akan di share dalam akun instagram Psychocare sendiri. Pada tahun 2020 ini psychocare telah melaksanakan dua batch penggalangan dana.

Batch pertama mengambil tema “Giving Back For Great Cause”, tujuan dilaksanakannya batch pertama ini untuk menggalang dana secara online guna membantu pihak civitas kampus Unisba yang terdampak Covid-19. Penggalangan dana yang dilakukan secara online dilaksanakan sejak tanggal 21 September 2020 hingga tanggal 27 September 2020. Dana yang telah terkumpul disalurkan untuk civitas kampus Unisba pada tanggal 1 Oktober 2020 berupa sembilan bahan pokok (sembako).

Tiara Rahayuningsih selaku kepala Departemen Sosial dan Masyarakat Bem-F Psikologi Unisba mengatakan bahwa, “Setelah saya melaksanakan kegiatan ini saya lebih bersyukur dan senang ketika para civitas kampus menerima donasi dari kami. Terkait hambatan yang dirasakan pada saat pelaksanaan menyalurkan donasi, jumlah civitas melebihi target peserta sehingga terdapat beberapa civitas kampus yang tidak mendapatkan sembako.”

Batch kedua mengambil tema “We Act Together”, tujuan kedua untuk menggalang dana secara online guna membantu korban bencana banjir bandang di Sukabumi yang terjadi pada tanggal 21 September 2020. Penggalangan dana secara online dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 10 Oktober 2020. Dana yang telah terkumpul disalurkan kepada korban dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Mahasiswa Asal Sukabumi (HIMASI).

“Setelah melaksanakan kegiatan ini saya pribadi menjadi lebih bersyukur dan menambah relasi karena donasi disalurkan melalui Himasi Sukabumi. Untuk hambatannya sendiri terjadi pada saat pengumpulan donasi berupa pakaian layak pakai, kondisi kampus sedang tidak kondusif karena terjadi demo sehingga kami tidak bisa membuka stand untuk pengumpulan donasi di kampus.” Tutur Tiara Rahayuningsih selaku kepala Departemen Sosial dan Masyarakat Bem-F Psikologi Unisba.

“Harapannya semoga di batch-batch selanjutnya lebih banyak lagi temen-temen mahasiswa Fakultas Psikologi yang berdonasi dan menunjukan rasa empati serta simpatinya untuk saudara-saudara yang membutuhkan bantuan.” Tambahnya.

Ditulis oleh : Naufal Rizky Darmansyah, Staf Medkominfo BEM-F Psikologi 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *