REVENGE BEDTIME PROCRASTINATION

Yulia Rahmasari – 10050018147

Memiliki kesibukan merupakan hal yang baik dan sangat wajar tentunya. Namun kadang saking sibuknya, kita jadi ga punya waktu untuk diri sendiri. Dan saat waktunya untuk tidur, kita malah nonton beberapa episode k-drama atau scrolling instagram padahal kita tahu bahwa kita harus tidur. Hal ini ternyata disebut dengan revenge bedtime procrastination!

Apa sih Revenge Bedtime Procrastination itu?

Revenge bedtime procrastination adalah keputusan kita dalam mengorbankan waktu tidur sebagai respons terhadap stres yang disebabkan karena kita kurang memiliki waktu luang. Waktu luang bukanlah kesenangan, tetapi merupakan komponen penting dari kesehatan dan kesejahteraan psikologis (Kuykendall, Boemerman, & Zhu, 2018).

Menurut SleepFoundation.org, untuk dianggap sebagai revenge bedtime procrastination, menunda waktu tidur membutuhkan:

  • Tidur yang singkat
  • Tetap terjaga hanya untuk memiliki waktu luang
  • Sadar bahwa kita harus pergi tidur

Bagaimana kaitannya dengan psikologi?

Revenge bedtime procrastination adalah masalah yang terjadi di mana orang memiliki sedikit self-control, karena keputusan untuk tidur dibuat di penghujung hari ketika self-control biasanya lebih lemah ( Baumeister, 2002). Adapula yang disebut dengan intention-behavior gap, yaitu orang yang terlibat dalam revenge bedtime procrastination padahal ia tahu bahwa ia harus tidur. Intention-behavior gap disebabkan oleh kegagalan dalam self-regulation atau self-control.

Kurang tidur dapat menurunkan kemampuan berpikir, ingatan, dan pengambilan keputusan kita. Kurang tidur juga membuat kita mudah marah dan kesulitan dalam mengatur emosi. Hal ini berkaitan dengan gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Tips untuk menghindari Revenge Bedtime Procrastination

Cara terbaik untuk menghindari revenge bedtime procrastination adalah dengan menciptakan kebiasaan tidur yang baik dan lingkungan yang kondusif untuk tidur. Contoh kebiasaan tidur yang baik meliputi:

  • Menjaga waktu tidur dan bangun secara konsisten
  • Menghindari kafein pada sore atau malam hari
  • Menghentikan penggunaan gawai sebelum tidur
  • Mengembangkan rutinitas yang stabil untuk digunakan setiap malam dalam mempersiapkan tidur

Metode relaksasi, seperti membaca buku, meditasi, atau peregangan kecil juga dapat dilakukan. Metode relaksasi dapat mengurangi stres yang di mana mendorong kita untuk melakukan revenge bedtime procrastination.

Buat kalian yang masih sering menunda waktu tidur untuk nonton beberapa episode k-drama atau tv show, kita perbaiki yuk! Karena tidur memainkan peran penting dalam kesehatan kita. Tidur dalam jumlah jam yang disarankan (7-8 jam) memiliki manfaat bagi kognisi, kesehatan mental dan fisik, serta wellbeing kita!

Sumber

Kroese, F. M., De Ridder, D. T., Evers, C., & Adriaanse, M. A. (2014). Bedtime Procrastination: Introducing: a New Area of Procrastination. Frontiers in Psychology, 5, 611.

Magalhรฃes, P., Cruz, V., Teixeira, S., Fuentes, S., & Rosรกrio, P. (2020). An exploratory study on sleep procrastination: bedtime vs. while-in-bed procrastination. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(16), 5892.

https://www.psychologytoday.com/us/blog/meet-catch-and-keep/202104/are-you- revenge-sleep-procrastinatorhttps://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/revenge-bedtime-procrastination

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *