SELF-HEALING : We Can Heal by Ourselves

Oleh Rahmani Afifa Kurniasari 10050018247

What is Self-Healing?

Self-healing adalah proses pemulihan yang umumnya terjadi akibat dari gangguan psikologis, trauma, dan semacamnya, karena adanya luka batin masa lalu yang disebabkan oleh diri sendiri atau orang lain. Secara lengkap menurut ilmu psikologi, self-healing adalah proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan, tanpa bantuan orang lain dan media apapun. (Ersyafiani, 2018. https://pijarpsikologi.org/self-healing-sebuah perjalanan-menyembuhkan-diri/).

What is the Purpose of Self-Healing?

Tujuan self-healing yaitu cenderung lebih memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi. Ketika kita berhasil menjalankan selfhealing, kita akan menjadi pribadi yang penuh dengan penerimaan terhadap segala kegagalan, kesulitan, dan akan lebih tegas dalam menjalani masalah hidup. (Adenda, 2020. https://www.sehatq.com/artikel/self-healing-menyembuhkan-luka-batindengan-bantuan-diri-sendiri/amp).

TRUE OR FALSE (Time can Heal Inner Wounds)

Sering kita dengar asumsi yang menyatakan bahwa luka batin akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun, apakah asumsi itu benar? Apakah kamu termasuk ke dalam salah satu diantara banyak orang yang mempercayainya? Mari kita bahas.

Faktanya, menyembuhkan luka batin bukanlah pekerjaan pasif. Waktu hanya akan membantu kita melupakan suatu hal atau peristiwa, tetapi tidak dengan menyambuhkan luka. Kita tidak bisa hanya berdiam diri dan berharap waktu akan menyembuhkannya. Sama seperti luka fisik, luka batin juga membutuhkan pengobatan agar bisa sembuh dan tidak terus menetap dalam diri kita. Setiap luka memiliki cara yang berbeda agar dapat sembuh. Dan hanya kita sendiri yang paling berpotensi untuk menyembuhkannya.

β€œI realized, it is not the time that heals, but what we do within that time that creates positive change.”

 -Diane Dettman-

A GUIDE TO SELF-HEALING

Menurut professor psikologi klinis, Max Hammer, PhD, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan self-healing agar merasa lebih baik. Berikut tiga cara yang bisa dilakukan:

  1. BE HONEST WITH YOURSELF

Kamu sekarang tahu bahwa emosi negatif adalah suatu hal yang juga bagian dari hidupmu dan manusia lainnya. Jadi, jujurlah kepada diri sendiri ketika kamu merasakannya. Kamu tidak perlu menutupi perasaanmu atau bahkan dalam dirimu sendiri. Apapun yang kamu rasakan, coba untuk menerima perasaan itu.

2. MEANING WHAT YOU FEEL

Apa pun yang terjadi dalam hidup ini sering berada di luar kontrol kita. Namun, ada satu hal yang bisa kita kendalikan, yaitu cara kita memandangnya. Segala kesedihan yang kita rasakan dapat kita jadikan pelajaran berharga dengan memandangnya sebagai tahap untuk menjadikan kita lebih baik.

Pemahaman bahwa segala yang terjadi punya maksud dan tujuan dapat membuatmu merasa lebih baik. Mencari makna bukanlah hal yang mudah, kamu sangat boleh berbagi cerita dengan teman yang kamu percaya atau berkonsultasi dengan psikolog untuk membantumu lebih baik dalam melakukannya.

3. LET GO OF THE SADNESS OF THE PAST

Setelah menemukan makna dari kesedihanmu itu, barulah kamu dapat move on dengan baik. Ingat, jangan berusaha melepaskan kesedihan sebelum memulai dua tahapan di atas. Mencari kegiatan yang memuaskan dirimu secara sementara tanpa benarbenar berdamai dengan keadaanmu memang rasanya menenangkan, tetapi ketenangan itu tidak akan berlangsung lama.

Akibatnya, kamu justru akan ketergantungan dengan pelarianmu itu setiap kali teringat perasaaan burukmu. Jadi, pastikan kamu sudah benar-benar berdamai sebelum melepaskan.

DAFTAR PUSTAKA

(Ersyafiani, 2018. https://pijarpsikologi.org/self-healing-sebuahperjalanan-menyembuhkan-diri/)

Hammer, D. J., & Butler, D. C. (2014). 1. In D. Hammer (Author), Psychological Healing Through Creative Self-Understanding and Self-Transformation (pp. 1-46). Houston, Texas: Publish on Demand Global LLC.

Madarina, Andrea. 2020. Self Healing, Menyembuhkan Luka Batin Dengan Bantuan Diri Sendiri. Diakses dari: https://www.sehatq.com/artikel/self-healing menyembuhkan-luka-batin-dengan-bantuan-diri-sendiri

SS, Maharsanty. 2018. Self Healing – Penerimaan Terhadap Diri Sendiri. Diakses dari: https://medium.com/skyshidigital/self-healing-penerimaan-terhadap-diri-sendiri-e5867929c430

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *