SPIRIT CUP E-SPORT 2020 Vol. 1

Bandung —, telah dilaksanakan program kerja Departemen Minat dan Bakat BEM-F Psikologi UNISBA yaitu “Spirit Cup E-Sport 2020 Vol. 1” yang diselenggarakan secara online, streaming di channel youtube Spirit Cup E-Sport 2020 dengan 2 jenis pertandingan permainan yaitu  PUBG dan Mobile Legend. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi seluruh Warga KEMAH (Keluarga Mahasiswa Fakultas Psukologi UNISBA) dan menciptakan Sense of Belonging juga  mempererat Bonding antara Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA angkatan 2017-2020. Acara ini juga memiliki manfaat sebagai wadah Warga KEMAH untuk refreshing dan juga menjadi wadah bagi penyuka e-sport terutama permainan PUBG dan Mobile Legend. Pelaksanaan Permainan Spirit Cup E-Sport 2020 Vol. 1 ini berlangsung selama 3 hari ( Jumat, 20 November 2020 – Minggu, 22 November 2020).

Kegiatan ini dimulai pada hari ke-1, pukul 08.30 WIB panitia melakukan persiapan acara dan breafing secara online. Setelah melakukan persiapan,acara dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh MC, disambung dengan sambutan dari M. Reza Indrasukma selaku Ketua Pelaksana Spirit Cup E-Sport 2020 Vol.1 , dilanjutkan dengan sambutan dari M. Farhan Farisan selaku Ketua BEM-F Psikologi UNISBA 2020/2021 dan dilanjutkan dengan sambutan terakhir dari Dr. Muhammad Ilmi Hatta, Drs.,  M.Psi. selaku Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UNISBA sebagai perwakilan pihak fakultas.

Setelah pembukaan, MC membacakan peraturan permainan Mobile Legend dan dilanjut dengan persiapan mulainya permainan Mobile Legend. Di hari pertama ini ada tiga pertandingan dengan masing-masing pertandingan tim bertanding sebanyak 3 match, dimana setiap match berlangsung selama 30 menit. Pemain pertandingan pertama yaitu Tim B angkatan 2019 dengan Tim B angkatan 2020. Setelah selesai pertandingan pertama, dilanjut dengan ISHOMA.

Setelah ISHOMA, permainan dilanjutkan dengan pertandingan kedua yaitu antara Tim A angkatan 2019 dengan Tim B angkatan 2018. Lalu dilanjutkan dengan pertandingan ketiga yaitu antara Tim A angkatan 2017 dengan Tim A angkatan 2018.

Setelah semua tim bermain yang dibagi dalam tiga pertandingan, acara di hari ke-1 ditutup pada pukul 15.45 WIB.

Hari ke-2 dimulai dengan persiapan panitia dan briefing pada pukul 08.30 WIB. Dilanjutkan dengan pembukaan acara dan review pertandingan sebelumnya oleh MC. Lalu peserta diberikan waktu persiapan sebelum memulai permainan Mobile Legend selama 15 menit. Di hari kedua ini ada 2 pertandingan semifinal dan pertandingan final permainan Mobile Legend.

Setelah peserta siap, dilanjut dengan 2 pertandingan semifinal, masing-masing pertandingan tim bertandingan sebanyak 2 match dan setiap match berlangsung selama 30 menit. Setelah selesai pertandingan semifinal pertama dan 2 match pertandingan kedua dilanjut dengan ISHOMA.

Kegiatan kembali dimulai dengan match terakhir dari pertandingan semifinal kedua. Setelah itu kegiatan dilanjut dengan Ice Breaking oleh MC.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pertandingan Final dengan waktu 2 jam 30 menit. Sebagai penghujung acara dari pertandingan permainan Mobile Legend, pengumuman pemenang diumumkan oleh MC dan dilanjutkan dengan penutupan hari ke-2 pada pukual 15.35 WIB.

Hari ke-3 dimulai dengan persiapan panitia dan briefing pada pukul 08.30 WIB. Dilanjutkan dengan pembukaan acara dan pembacaan peraturan permainan PUBG oleh MC. Sebelum pertandingan berlangsung, peserta diberi waktu persiapan selama 15 menit. Pertandingan PUBG ini berlangsung dengan 4 round Battle Royale dimana setiap round berlangsung selama 40 menit dan 1 Battle Final bagi tim pemenang dari setiap round nya. Setiap round diselangi break session selama 5 menit.

Tiga round Battle Royale dan break sessionnya, berlangsung secara beturut-turut dan dilanjut dengan ISHOMA. Lalu, setelah ISHOMA dilanjut dengan Battle Royale round ke-3, dan disambung dengan break session yang diisi Ice Breaking oleh MC.

Pertandingan terakhir, yaitu Battle Royale Final berlangsung selama 40 menit dan dilanjut dengan pengumuman pemenang dari pertandingan permainan PUBG.

Sebagai penghujung kegiatan di hari ke-3 dan penghujung acara Spirit Cup E-Sport 2020 Vol 1 ini, acara ditutup pukul 14.20 WIB dan acara Spirit Cup E-Sport 2020 Vol. 1 pun selesai.

Berikut pesan dan kesan yang disampaikan oleh M. Reza Indrasukma selaku ketua pelaksana acara,

“Kesannya yaa alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan antusias dari Warga KEMAH sangat baik, banyak yang nonton walaupun acara ini perdana diadakan di Fakultas Psikologi dan berjalan secara online. Bagi saya pribadi ini adalah pengalaman baru dan mengesankan karena bisa mengkoordinasikan acara ini tanpa bertemu secara tatap muka di satu tempat yang sama. Dan harapannya,  semoga dari adanya acara ini bisa memenuhi tujuan dimana Warga KEMAH dari angkatan 17-20 bisa saling mengenal, terciptanya sense of belonging jg dan mempererat bonding satu sama lain,”

Ditulis oleh : Reskina Winialda, Staff Dept. MEDKOMINFO BEM-F Psikologi 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *