WEBINAR NASIONAL APASIK

The Secret Behind Forensic Psychology

Bandung– 19 November 2020, telah dilaksanakan program kerja Departemen Pendidikan dan Keilmuwan BEM-F Psikologi UNISBA yaitu “WEBINAR NASIONAL APASIK : The Secret Behind Forensic Psychology” yang diselenggarakan secara online via Zoom Meeting. Acara ini diadakan dengan tujuan dan manfaat secara umum untuk memberikan ilmu dan pengetahuan mengenai ruang lingkup psikologi forensik kepada masyarakat umum.

Webinar Nasional APASIK dilaksanakan dalam satu hari pada Kamis, 19 November 2020 . Acara ini diisi oleh 2 pemateri special yang tentunya ahli dibidangnya, yaitu Kombes. Pol. Drs. Arief Nurcahyono, MA., Psikolog sebagi Pemateri Pertama dan Dra. Reni Kusumowardhani, M.Psi, Psikolog sebagai Pemateri Kedua.

Kegiatan pertama dimulai pada pukul 07.45 WIB dengan briefing dan persiapan panitia secara online via Zoom Meeting. Lalu dilanjut dengan Open Gate untuk para peserta bergabung ke Room Zoom Meeting acara. Setelah seluruh peserta bergabung, MC membuka acara, membacakan tata tertib dan disambung dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. Setelah itu, penyampaian sambutan dari pihak fakultas oleh Dr. Dewi Sartika, M. Si. selaku Dekan Fakultas Psikologi, disambung dengan sambutan dari M. Farhan Farisan selaku Ketua BEM-F Psikologi UNISBA 2020/2021 dan terakhir dilanjut dengan sambutan dari Naura Syifa Salsabila selaku Ketua Pelaksana Acara.

Berikutnva, kegiatan dilanjut dengan pembacaan CV moderator oleh MC, dan pembacaan CV pemateri pertama oleh Moderator, kemudian disambung dengan pemaparan materi dari pemateri pertama mengenai “Pengertian dan peran psikologi forensik dalam membantu tugas kepolisian serta berbagi pengalaman dalam menyelidiki kasus dan penanganannya”.

Untuk lebih memperdalam tema bahasan, selanjutnya moderator membacakan CV dari pemateri kedua dan dilanjut dengan pemaparan materi dari pemateri kedua mengenai “Ruang lingkup psikologi forensic, perbedaan psikologi klinis dengan psikologi forensik dan menjelaskan mengenai kasus yang dibahas oleh pemateri pertama dari sisi psikologisnya”.

Acara Webinar Nasional APASIK ini disponsori oleh banyak sponsor, salah satunya dari By.U. Kegiatan setelah penyampaian materi kedua dilanjut dengan penampilan sponsor By.U selama 15 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diarahkan oleh Moderator dengan waktu selama 30 menit yang dibagi menjadi 2 sesi dan setiap sesi diberi  kesempatan untuk 2-3 peserta bertanya. Setelah sesi Tanya jawab selesai, kegiatan dilanjut dengan Pembagian Doorprize, MC mengumumkan 4 peserta yang beruntung mendapatkan doorprize berupa saldo ovo sebesar Rp. 50.000,-.

Dan sebagai penghujung juga puncak acara, WEBINAR NASIONAL APASIK : The Secret Behind Forensic Psychology ini ditutup oleh MC pada pukul 12.01 WIB dan terakhir dilanjut dengan sesi foto bersama. Dan acara WEBINAR NASIONAL APASIK : The Secret Behind Forensic Psychology pun selesai.

Berikut pesan dan kesan yang disampaikan oleh Naura Syifa Salsabila selaku ketua pelaksana acara,

“Kesannya, seneng yaa dapet pengalaman baru jadi ketua. Belajar gimana manage anggota-anggotanya, manage acaranya, manage waktu juga antara acara sama kuliah. Belajar decision making sama mengasah mental. Dan pesannya, semoga acara-acara dari Fakultas Psikologi keren dan sukses dan Fakultas Psikologi makin keren.”

Ditulis oleh : Reskina Winialda, Staff Dept. MEDKOMINFO BEM-F Psikologi 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *